invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Bayi dengan Mudah

Cara Mendapatkan Berat Badan Ideal Bayi dengan MudahSemua orang tua terutama ibu pasti menginginkan berat badan ideal bayi bagi setiap buah hatinya. Berat badan saat lahir seorang bayi sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh sang bunda selama 9 bulan kehamilan, selain itu berat badan yang tidak normal saat lahir juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan sang ibu saat kehamilan seperti tekanan darah ibu hamil yang tinggi atau ibu hamil yang menderita diabetes melitus.

Berat badan ideal bayi saat dilahirkan berkisar antara 2,5-4 kilogram, kondisi diluar acuan normal ini disebut Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dan Berat Badan Lahir Besar (BBLB). Dalam pertumbuhannya setelah dilahirkan seorang bayi membutuhkan asupan nutrisi yang cukup banyak, hal ini dipantau melalui peningkatan berat badannya dari tahun ke tahun. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan berat badan ideal bayi dengan mudah dan juga berat badan ideal bayi dari waktu ke waktu yang perlu diketahui oleh ibu.

Asupan Nutrisi, Cara Mudah untuk Dapatkan Berat Badan Ideal Bayi

Begitu banyak hal dapat mempengaruhi berat badan sang buah hati sejak dilahirkan hingga saat pertumbuhan beberapa tahun setelahnya. Mulai dari kondisi ibunya saat hamil hingga asupan nutrisi yang diberikan pada tahun pertama kehidupan sampai usia mereka dewasa. Kita melihat betapa pentingnya asupan nutrisi terhadap pertumbuhan sang bayi, untuk itu di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai asupan nutrisi tersebut guna mendapatkan berat badan ideal bayi.

1. ASI

Cara mudah pertama untuk mendapatkan berat badan ideal bayi adalah dengan asupan ASI (Air Susu Ibu) yang cukup dalam bulan-bulan pertama kehidupan mereka. Seperti sudah kita ketahui ASI merupakan pilihan utama dan terbaik bagi setiap bayi selama 6 bulan pertama kehidupan. ASI memiliki asupan nutrisi yang sangat lengkap karena mengandung karbohidrat, lemak, protein dan juga air. Selain itu ASI juga mengandung sejumlah antibodi bawaan dari ibu yang dibutuhkan oleh bayi untuk melawan penyakit pada awal kehidupan.

Adanya antibodi di dalam ASI dapat mencegah sang buah hati terkena penyakit, yang kerap kali menjadi salah satu penyebab seorang bayi tidak mendapatkan berat badan yang ideal. Ibu harus memberikan ASI untuk bayi sejak awal kelahirannya hingga mencapai usia 6 bulan secara eksklusif dan kemudian dapat dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Pemberian ASI dilakukan setiap hari hingga sang bayi kenyang, biasanya seorang bayi akan tertidur pulas setelah menyusu apabila sudah kenyang.

2. Makanan pendamping ASI (MPASI)

Cara mudah berikutnya yang perlu diperhatikan seorang ibu untuk mendapatkan berat badan ideal bayi adalah melihat asupan nutrisi yang mereka dapat dari makanan pendamping ASI. Seperti yang sudah kita ketahui bersama makanan pendamping ASI (MPASI) ini diberikan bersama-sama dengan ASI setelah 6 bulan pertama kehidupan sang bayi. Pemberian makanan pendamping ASI ini juga disesuaikan dengan perkembangan struktur rongga mulut, gigi-geligi dan juga perkembangan mereka secara bertahap.

Makanan pendamping ASI awal yang sangat dianjurkan jika ingin diberikan pada sang bayi adalah golongan buah-buahan dengan rasa yang manis. Pemilihan buah-buahan ini dianjurkan karena rasanya yang mudah diterima dan juga kandungan karbohidrat yang dimilikinya hampir serupa dengan kandungan karbohidrat di dalam ASI. Beberapa pilihan buah yang dapat ibu pilih antara lain apel, pir, alpukat, pepaya dan pisang. Ibu bisa mencampurkan buah-buahan ini dengan ASI dan dikonsumsi 2 kali sehari.

Pada usia 7 bulan seorang bayi sudah mulai bisa diperkenalkan dengan daging merah dan hati ayam. Dengan mengkonsumsi daging merah atau hati ayam sebanyak 1 atau 2 kali per minggu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi bagi mereka. Selain zat besi, daging-dagingan juga bisa memenuhi kebutuhan sang buah hati akan niasin, magnesium, vitamin B6, vitamin B12 dan yang paling penting adalah kandungan proteinnya. Selain daging, ibu bisa mempertimbangkan telur yang juga kaya akan protein namun pemberiannya tetap harus diperhatikan secara khusus mengingat telur dapat menimbulkan reaksi alergi bagi sejumlah orang.

3. Susu formula

Cara mudah selanjutnya yang dapat digunakan untuk mendapatkan berat badan ideal bayi adalah dengan menggunakan susu formula. Susu formula dapat anda jadikan pilihan makanan tambahan setelah bayi berusia di atas 6 bulan dan dapat membantu meningkatkan berat badan sang buah hati.

Peningkatan Berat Badan Ideal Bayi dari Waktu ke Waktu

Setelah tadi kita memperhatikan sejumlah makanan pilihan yang bisa dipilih sebagai nutrisi untuk mendapatkan berat badan ideal bayi, sekarang saatnya bagi ibu untuk mengetahui tahapan berat badan yang harus dicapai oleh sang buah hati setiap bulannya. Di negara kita pengukuran berat badan seorang bayi dipantau menggunakan sebuah kartu yang dikenal dengan istilah KMS (Kartu Menuju Sehat). Di dalam kartu ini terdapat sebuah grafik pertumbuhan anak yang akan diisi setiap bulannya saat bayi anda dibawa ke Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan lainnya setiap bulan.

Pada kisaran usia 1-3 bulan, berat badan seorang bayi dapat naik dengan sangat signifikan dimana pada usia ini berat badan mereka bisa bertambah hingga 700 gram dalam 1 bulan (4 minggu) atau kira-kira bertambah sebanyak 170-200 gram per minggunya. Peningkatan yang sangat hebat ini erat hubungannya dengan asupan ASI yang diterima oleh sang bayi. Sama halnya dengan 3 bulan pertama kehidupan, berat badan sang buah hati pada usia 3-6 bulan akan meningkat sebanyak 450 gram setiap 4 minggu atau sekitar 125 gram setiap minggunya.

Pada usia 6-12 bulan berat badan seorang bayi cenderung susah naik mengingat keaktifan mereka di usia ini. Peningkatan berat badan bayi pada usia 6-12 bulan hanya berkisar antara 300-400 gram setiap bulan. Setelah menginjak usia 1 tahun seorang bayi pasti mendapat asupan nutrisi dari berbagai jenis makanan. Bagi bayi dengan usia di atas 1 tahun peningkatan berat badan terjadi antara 300-500 gram setiap 3 bulan. Untuk itu penting bagi ibu selain memantau nutrisi yang dikonsumsi anak-anak, anda juga harus memantau peningkatan berat badan yang mereka alami.

Demikianlah pembahasan yang bisa kami bagikan mengenai nutrisi yang perlu diberikan untuk mendapatkan berat badan ideal bayi dan juga bagaimana peningkatan berat badan ideal bagi mereka. Sebagai ibu, memperhatikan tumbuh dan kembang anak merupakan tanggung jawab yang harus dilakukan sebaik mungkin. Perhatikan jadwal pemeriksaan pertumbuhan mereka setiap bulannya dan perhatikan grafik pertumbuhan mereka pada KMS yang diberikan. Jika pertumbuhan sang bayi berada di bawah garis normal maka berikan nutrisi tambahan berdasarkan pilihan-pilihan yang sudah disebutkan di atas. Selain itu anda juga bisa menghubungi dokter anak untuk berkonsultasi mengenai hal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *