invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Menaikkan Trombosit yang Penting untuk Penderita DB

Cara Menaikkan Trombosit yang Penting untuk Penderita DBSaat ini penyakit demam berdarah masih sering dialami oleh masyarakat di Indonesia, oleh karena itu penting diketahui bagaimana cara menaikkan trombosit pada penderita demam berdarah. Penyakit demam berdarah berkaitan erat dengan trombosit, sebab infeksi virus dengue yang merupakan penyebab demam berdarah mengakibatkan penurunan usia trombosit. Keadaan ini menyebabkan jumlah trombosit berkurang dari jumlah normalnya. Pada keadaan normal, jumlah trombosit pada manusia berkisar antara 150.000 sampai dengan 450.000 sel per mikro liter darah. Pada pasien demam berdarah, kadar trombositnya kurang dari 100.000 sel per mikro liter. Pada kadar trombosit yang jauh dari normal akan berisiko mengakibatkan perdarahan, baik internal maupun eksternal.

Trombosit sangat penting bagi kehidupan manusia. Fungsi utamanya yaitu berperan dalam proses pembekuan darah. Trombosit merupakan sel darah yang tidak berwarna dan berbentuk seperti kepingan sehingga juga sering disebut sebagai keping darah. Prinsip utama kinerja trombosit adalah ketika ada pembuluh darah atau jaringan yang rusak, maka secara otomatis trombosit akan menempel satu dengan yang lain dan membentuk seperti gumpalan, kemudian segera bekerja untuk menghentikan perdarahan. Jika darah kekurangan trombosit maka akan mudah terjadi perdarahan. Itulah sebabnya pada demam berdarah sering ditemukan tanda-tanda perdarahan seperti bintik-bintik merah di permukaan kulit, mimisan, bahkan dapat terjadi muntah, batuk, maupun BAB disertai darah.

Berbagai Cara Menaikkan Trombosit secara Alami

Terjadinya perdarahan secara terus menerus baik secara internal maupun eksternal merupakan kondisi yang berbahaya, sebab hal tersebut dapat menyebabkan penurunan kesadaran atau syok. Pada penyakit demam berdarah syok merupakan keadaan yang sangat ditakuti sebab berpotensi menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan kadar trombosit pada pasien demam berdarah untuk mencegah terjadinya perdarahan dan syok. Berbagai cara menaikkan trombosit secara alami antara lain sebagai berikut:

1. Jambu biji

Anda pasti sudah sering mendengar tentang buah yang satu ini yang berkhasiat untuk menaikkan trombosit. Jambu biji memang cukup efektif untuk meningkatkan kadar trombosit darah. Selain itu buah ini juga kaya akan vitamin C sehingga sangat baik untuk menaikkan daya tahan tubuh. Untuk mengkonsumsi jambu biji dapat dibuat jus atau dapat juga dikonsumsi secara langsung.

2. Daun jambu biji

Selain buahnya, daun jambu biji ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Cara menaikkan trombosit dengan daun jambu biji yaitu siapkan sekitar 5 lembar daun jambu biji, dicuci, lalu masukkan dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus daun jambu biji tersebut sampai airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan daun jambu biji ini secara teratur 2 kali dalam sehari.

3. Daun pepaya

Untuk meningkatkan trombosit, Anda juga dapat menggunakan bahan daun pepaya. Cara menaikkan trombosit dengan daun pepaya yaitu siapkan sekitar 1 mangkuk daun pepaya, cuci sampai bersih lalu masukkan dalam panci berisi 3 liter air. Hidupkan kompor dengan api terendah dan tunggu sekitar 1 jam. Gunakan air rebusan daun pepaya tersebut sebagai obat untuk meningkatkan kadar trombosit dengan dosis 2 sendok makan diminum 3 kali dalam sehari.

4. Jus tomat dan bayam

Cara menaikkan trombosit yang berikutnya yaitu dengan minum jus bayam dan tomat. Cara membuatnya yaitu buatlah jus tomat terlebih dahulu kurang lebih setengah gelas. Kemudian siapkan sekitar 5 lembar daun bayam yang dicuci sampai bersih lalu masukkan ke dalam panci berisi 1 gelas air. Rebus daun bayam tersebut sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah itu saring rebusan daun bayam untuk diambil airnya. Lalu campurkan air rebusan daun bayam dengan jus tomat yang sebelumnya tadi sudah disiapkan. Minum campuran jus tomat dan bayam ini 3 kali dalam sehari untuk meningkatkan kadar trombosit penderita demam berdarah.

5. Labu

Anda mungkin tidak mengira bahwa labu yang sering dimasak sebagai sayuran ini ternyata juga dapat digunakan untuk meningkatkan trombosit. Cara menaikkan trombosit menggunakan labu yaitu siapkan sekitar 4 irisan labu segar, masukkan ke dalam blender untuk dibuat jus. Tambahkan 1 sendok teh madu untuk menambah cita rasa sekaligus meningkatkan khasiatnya. Minum jus labu ini 2 kali dalam sehari secara teratur.

6. Memperbanyak asupan vitamin K dan asam folat

Untuk meningkatkan kadar trombosit darah juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin K dan makanan sumber asam folat. Sebab kedua nutrisi ini merupakan unsur penting pembentuk trombosit. Vitamin K dan asam folat banyak terdapat pada beberapa buah dan sayuran. Buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin K dan asam folat antara lain alpukat, tomat, blueberry, ketimun, kol, sawi, brokoli, asparagus, kecambah, selada, seledri, dan kacang-kacangan.

7. Banyak mengkonsumsi air putih

Trombosit agar dapat bekerja dan beregenerasi secara optimal tentunya juga membutuhkan asupan cairan yang cukup. Oleh karena itu, untuk menaikkan trombosit perlu didukung dengan konsumsi cairan yang memadai yaitu dengan banyak mengkonsumsi air putih. Selain untuk meningkatkan kadar trombosit, banyak mengkonsumsi air putih juga berperan sebagai rehidrasi akibat berkurangnya volume darah karena terjadinya perdarahan. Sehingga pada penderita demam berdarah sangat disarankan untuk banyak minum air putih. Dengan cara ini juga dapat mencegah terjadinya syok hipovolemik (syok yang terjadi akibat berkurangnya volume darah secara drastis).

Penyakit demam berdarah sampai sekarang belum ditemukan obatnya. Pengobatan yang dilakukan saat ini adalah untuk mengatasi gejala, mencegah terjadinya kekurangan cairan dan syok akibat perdarahan, dan meningkatkan kondisi penderita sehingga mampu melawan virus dengue. Oleh karena itu pengetahuan mengenai cara menaikkan trombosit seperti yang telah dijelaskan di atas diharapkan mampu mencegah bahaya yang ditimbulkan akibat penyakit demam berdarah. Hal yang tak kalah penting yaitu mendeteksi gejala demam berdarah sedini mungkin sehingga dapat melakukan tindakan penanganan secara cepat. Gejala yang ditunjukkan pada penderita demam berdarah antara lain  demam lebih dari 2 hari, pusing atau sakit kepala, mual dan nyeri di ulu hati, badan lemah, adanya bintik-bintik merah atau ruam di permukaan kulit, dan dapat terjadi berbagai perdarahan seperti mimisan atau muntah, batuk, dan BAB disertai darah.

Hal yang penting diperhatikan yaitu bahwa cara menaikkan trombosit di atas merupakan penanganan tambahan bagi penderita demam berdarah agar cepat sembuh atau dapat juga digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter. Penanganan demam berdarah yang paling utama yaitu tetap bawalah penderita ke fasilitas pelayanan kesehatan agar kondisinya selalu terkontrol. Biasanya dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan diagnosa dan jika sudah pasti pasien menderita demam berdarah pada umumnya direkomendasikan untuk dilakukan rawat inap. Dengan perawatan yang intensif dan nutrisi yang memadai maka hal-hal yang tidak dikehendaki dari penyakit demam berdarah dapat dihindari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *