invisible hit counter invisible bg invisible ico

Cara Membuat Salad Buah Sederhana yang Enak dan Sehat

Cara Membuat Salad Buah Sederhana yang Enak dan SehatAnda pasti sudah sering mendengar makanan salad tetapi mungkin belum mengetahui bagaimana cara membuat salad buah sederhana yang enak dan sehat. Untuk membuat salad tidaklah sesulit yang kita bayangkan, bahan-bahannya cukup mudah didapatkan dan cara membuatnya cukup sederhana. Jika berbicara tentang salad, pasti yang ada di benak Anda adalah sebuah makanan modern yang yang berasal dari luar negeri. Memang kalau bentuk salad yang disajikan di restoran-restoran besar saat rata-rata mengadopsi bentuk saad ala modern. Tapi tahukah Anda bahwa salad sebenarnya sudah ada di Indonesia sejak jaman dulu yang merupakan makanan tradisional warisan nenek moyang. Salad tersebut antara lain diwujudkan dalam bentuk rujak, pecel, asinan, lotek, karedok, maupun gado-gado.

Pada prinsipnya makanan tradisional Indonesia tersebut sudah memenuhi kriteria sebagai salad, walaupun untuk bumbunya mungkin agak berbeda dengan bumbu salad yang terkenal pada saat ini. Salad merupakan makanan yang terdiri dari campuran aneka buah-buahan maupun sayuran segar yang ditaburi dengan bumbu-bumbu tertentu. Bumbu-bumbu ini biasanya untuk menambahkan cita rasa gurih, manis, asin, agar mempunyai sensasi tersendiri yang membedakan dengan mengkonsumsi buah atau sayur pada umumnya. Salad biasanya dijadikan sajian pembuka atau penutup sebagai pendamping makanan utama, tetapi dapat juga dikonsumsi secara tersendiri sebagai menu makanan diet yang sehat.

Resep atau Cara Membuat Salad Buah Sederhana yang Bisa Anda Coba Dirumah

Untuk dapat menikmati salad buah yang lezat, Anda tidak harus membelinya di restoran yang mahal. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan murah. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, konsumsi salad merupakan menu yang tepat untuk keberhasilan penurunan berat badan. Cara membuat salad buah sederhana yaitu sebagai berikut:

1. Siapkan bahan

Cara membuat salad buah sederhana pertama-tama yaitu siapkan bahan-bahan untuk membuat salad buah, antara lain buah mangga, apel, melon, anggur, stroberi, buah cherry, pepaya, buah pir, nanas, semangka, alpukat, buah kiwi, dan sebagainya yang dapat Anda sesuaikan dengan selera Anda. Kupas buah-buahan tersebut apabila terdapat kulit luarnnya, cuci sampai smpai bersih, kemudian potong kecil-kecil berbentuk kotak (potong dadu). Untuk menambah variasi rasa, Anda juga dapat menambahkan bahan nata de coco dan agar-agar secukupnya yang ukurannya juga dibentuk menjadi kotak-kotak kecil. Tempatkan semua bahan-bahan tersebut di dalam suatu mangkuk/wadah. Agar rasanya lebih segar, maka simpan buah-buahan tersebut di dalam lemari pendingin.

2. Cara membuat bumbu/saus

Cara membuat salad buah sederhana berikutnya yaitu membuat bumbu atau sausnya. Siapkan bahan-bahannya yaitu susu cair sebanyak 200 ml, gula pasir sekitar 100 gram, satu sendok makan tepung maizena, mayones sebanyak 6 sendok makan, dan keju parut secukupnya. Cara membuat sausnya yaitu dengan mencampurkan semua bahan saus satu persatu. Pertama kali campurkan susu dengan tepung maizena, dengan memasukkan 3 sendok makan susu ke dalam panci untuk dimasak dan masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Dalam memasak hendaknya menggunakan api yang sedang saja agar saus tidak gosong.

Setelah tepung maizena larut, masukkan sisa susu ke dalam panci dan tambahkan gula sebagai pemanis. Masak adonan tersebut hingga mendidih dan menjadi kental kemudian matikan kompor. Lalu angkat panci dan tambahkan mayones dalam adonan/saus tersebut dan aduk hingga rata. Setelah selesai simpan saus di dalam kulkas/lemari pendingin.

3. Menggabungkan buah dan saus

Setelah buah dan sausnya sudah dingin, keluarkan dari kulkas lalu siramkan saus ke dalam buah-buahan tersebut sampai merata. Terakhir, taburi dengan parutan keju agar rasanya lebih gurih dan nikmat. Selain dikonsumsi dalam keadaan dingin, salad juga dapat dikonsumsi pada suhu normal (suhu ruangan), tentunya menyesuaikan selera Anda.

Menu Salad Buah untuk Program Diet Sehat

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, maka Anda dapat menjadikan salad sebagai hidangan pembuka. Sehingga Anda sudah merasa kenyang, dan akhirnya makanan pokok yang Anda konsumsi hanya sedikit. Cara membuat salad untuk diet, hal utama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan memodifikasi dalam pembuatan sausnya. Mayones karena mengandung lemak, maka Anda dapat menggantinya dengan yogurt. Kemudian untuk kejunya gunakanlah keju yang rendah lemak, atau tanpa diberi keju sama sekali. Termasuk juga untuk susu yang digunakan bahan sausnya, pilihlah susu yang mempunyai kandungan lemak yang rendah.

Selain buah-buahan, Anda juga dapat mencampurkan beberapa sayuran segar ke dalam salad. Sayuran yang cocok untuk dibuat salad antara lain yaitu daun selada, wortel, tomat, mentimun, paprika, jagung manis, kentang rebus, buncis, kacang polong, dan sebagainya. Untuk hasil yang optimal dalam diet, campurkan juga perasan jeruk lemon atau jeruk nipis ke dalam salad yang Anda buat. Selain dijadikan makanan pendamping, salad juga dapat dijadikan menu makanan utama yang sangat cocok dikonsumsi pada siang hari sebagai menu makan siang. Selain menyegarkan, tentunya dapat memperlancar program diet Anda tanpa membuat tubuh menjadi lemas. Sebab kandungan gizi yang terkandung dalam salad dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dan menjauhkan dari dehidrasi.

Salad yang disajikan di restoran-restoran biasanya tidak hanya terdiri dari buah dan sayur saja, tetapi sudah sangat bervariasi dengan campuran makanan lainnya, seperti daging, ikan, sosis, telur, dan sebagainya. Oleh karena itu jika Anda sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maka konsumsilah salad yang rendah kalori, yang paling aman dan sehat adalah salad dari buah-buahan dan sayuran. Kemudian perhatikan juga sausnya, sebab seringkali sausnya mempunyai kandungan kalori yang cukup tinggi. Agar lebih aman dan tidak was-was, maka saus dapat disajikan terpisah dengan buah dan sayurnya, artinya saus tersebut tidak disiramkan. Caranya makannya yaitu ambillah buah atau sayur satu persatu dengan garpu lalu cocolkan ke dalam sausnya sedikit saja, tidak usah terlalu banyak.

Informasi tentang cara membuat salad buah sederhana di atas, selain efektif untuk menurunkan berat badan juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut antara lain yaitu dapat melancarkan pencernaan karena kaya akan serat, dapat mencegah kanker karena kaya akan zat antioksidan, memperlancar metabolisme tubuh, menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan mata, menyehatkan jantung, menyegarkan dan menyehatkan kulit. Dengan mengkonsumsi salad secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh Anda sehingga dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Di samping mengkonsumsi salad, untuk keberhasilan diet Anda juga harus menerapkan pola hidup sehat. Antara lain yaitu dengan berolahraga secara teratur, banyak minum air putih, mengurangi konsumsi lemak, makanan yang terlalu manis, maupun terlalu asin, dan hindari rokok serta minuman yang mengandung alkohol. Hindari juga makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, penyedap rasa, serta makanan cepat saji (junkfood). Milikilah istirahat yang cukup dan jauhi stres. Bagi Anda yang memiliki suatu penyakit tertentu, jika ingin melakukan diet maka konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar tidak membahayakan kesehatan Anda.

Referensi:
https://health.detik.com/read/2016/08/04/170258/3268659/1410/adakah-buah-tertentu-yang-direkomendasikan-untuk-sukseskan-program-diet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *