invisible bg invisible ico

Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis Sendiri di Rumah

Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis Sendiri di RumahTerkenal akan khasiatnya pada kesehatan tubuh, menjadikan banyak orang penasaran dengan cara membuat ekstrak kulit manggis. Hal ini karena dalam kulit manggis terdapat kandungan xanthone yang dapat mengatasi dan mencegah berbagai penyakit berbahaya sekalipun. Mungkin alasan ini juga yang akhirnya membuat banyak sekali produsen obat-obatan dengan bahan dasar ekstrak kulit manggis.

Sebagai bahan alami yang memiliki kandungan senyawa xanthone yang sangat baik untuk kesehatan, akan sangat disayangkan apabila Anda tidak dapat mengolah kulit manggis dan mengambil ekstraknya. Meskipun saat ini sudah banyak obat-obatan dengan bahan dasar kulit manggis, namun tak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui langkah atau cara membuat ekstrak kulit manggis sendiri. Hal ini karena obat-obatan yang telah diracik tentu memiliki kandungan bahan kimia. Semakin banyak bahan kimia yang masuk, tentu akan memberikan dampak negatif pada tubuh.

Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis di Rumah

Sebelum melangkah pada cara membuat ekstrak kulit manggis, pertama-tama siapkan kulit manggis yang akan diekstrak terlebih dahulu. Sebagai percobaan, Anda dapat mengambil sekitar 2 – 3 buah kulit manggis. Perlu diingat bahwa yang akan diekstrak adalah kulit bagian dalam manggis, bukan bagian luar manggis yang keras.

Untuk membuat ekstrak kulit manggis, Anda dapat menggunakan beberapa cara dalam mengonsumsinya. Anda dapat mengeringkan kulit tersebut atau membuat jus manggis. Adapun langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengeringkan Kulit Manggis

Cara pertama yang paling umum digunakan dalam mengambil ekstrak kulit manggis adalah dengan cara mengeringkannya. Anda dapat mengambil 3 kulit manggis bagian dalam, kemudian jemur hingga menjadi kering. Namun sebelum dijemur, potong kulit manggis menjadi bagian-bagian kecil. Dalam menjemur kulit manggis, pastikan Anda meletakkannya pada panas terik agar dapat kering secara maksimal.

Setelah itu, haluskan kulit manggis yang telah kering dengan cara menumbuk atau dengan blender. Apabila telah halus, maka gunakan kulit manggis tersebut sebagai seduhan minuman. Seduh menggunakan air panas dan aduk hingga merata. Untuk menghilangkan rasa pahit atau hambar pada kulit tersebut, Anda dapat menambahkan susu murni atau madu ke dalamnya.

  • Merebus Kulit Manggis

Cara yang kedua yakni dengan merebus kulit manggis. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengambil bagian kulit dalam manggis. Pada cara yang satu ini, jumlah kulit manggis yang digunakan adalah sekitar 2 – 3 buah saja.

Setelah itu, kumpulkan dalam sebuah wadah. Kemudian rebus menggunakan sekitar 600 ml air atau setara dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan sisa air di dalamnya menyusut sampai meninggalkan sekitar 1 gelas air saja.

Saring rebusan kulit manggis agar sisa kulit tidak tercampur dengan air. Diamkan hingga dingin dan minumlah rebusan ekstrak kulit manggis tersebut. Untuk hasil terbaik, konsumsilah rebusan kulit manggis minimal 1 kali perhari. Dengan cara yang mudah ini, Anda dapat mengambil manfaat kulit manggis demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

  • Membuat Jus Kulit Manggis

Cara membuat ekstrak kulit manggis yang selanjutnya adalah dengan menjadikannya sebagai jus manggis. Pada cara ini, yang digunakan tak hanya kulit manggis saja, namun juga bagian buahnya. Untuk itu, Anda dapat mengambil bagian putih buah manggis terlebih dahulu. Pisahkan dengan bijinya.

Kemudian, ambil bagian dalam kulit manggis menggunakan sendok. Sebaiknya jangan sampai kulit bagian luar tercampur karena kulit luar manggis memiliki kandungan getah yang tentunya akan membuat rasa jus manggis menjadi sangat pahit. Setelah itu, campurkan buah dan kulit manggis dalam sebuah blender. Haluskan hingga keduanya bercampur dengan sempurna.

Untuk mendapatkan rasa yang manis dan enak, Anda dapat menambahkan madu murni serta es. Jus buah manggis yang dikonsumsi rutin setiap hari akan membantu Anda mendapatkan berbagai manfaat menarik dari kandungan xanthone yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa cara membuat ekstrak kulit manggis yang dapat Anda lakukan di rumah. Dengan melakukan cara tersebut, Anda pun tak perlu lagi repot-repot pergi ke toko obat untuk membeli ekstrak kulit manggis kemasan. (baca juga: mengenal berbagai macam tanaman obat dan khasiatnya)

Kandungan Kulit Manggis untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Alasan utama mengapa ekstrak kulit manggis dianggap sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan tubuh adalah karena banyak kandungan bermanfaat yang dapat diperoleh dalam kulit manggis. Adapun beberapa kandungan penting di dalam kulit manggis adalah:

  • Xanthone

Xanthone merupakan jenis anti oksidan yang kadarnya sangat tinggi. Senyawa ini memiliki sifat yang baik untuk kesehatan seperti anti peradangan, anti diabetes, anti bakteri, anti kanker, dan juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa xanthone dalam kulit manggis mengandung gamma mangostin yang bermanfaat memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap semua serangan penyakit dalam tubuh, baik penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas maupun penyakit yang muncul dari makanan konsumsi. Bahkan menurut penelitian, xanthone dalam kulit manggis memiliki sifat anti radang yang jauh lebih baik dibandingkan obat inflamasi lainnya.

  • Tanin

Tanin merupakan senyawa lain yang terdapat dalam kulit manggis. Sifatnya yakni sebagai anti oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan enzim anti diare, DNA topoisomerase, serta mencegah pertumbuhan tumor. Selain itu, tanin juga dapat menghambat segala masalah yang berhubungan dengan penyerapan protein dalam sistem pencernaan. Dengan kata lain, tanin juga dapat disebut sebagai senyawa anti nutrisi.

  • Antosianin

Selain dua senyawa penting di atas, dalam kulit manggis terdapat antosianin yang sifatnya sebagai anti oksidan. Antosianin memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah penyakit yang kanker, kardiovaskuler, diabetes, dan neuronal. Selain dalam kulit manggis, antosianin juga dapat ditemukan dalam beberapa buah seperti strawberry, apel, rasberry, dan sebagainya.

  • Anti Inflamasi / Peradangan

Kulit manggis juga memiliki kemampuan sebagai anti peradangan. Hal ini dapat dibuktikan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa sifat anti inflamasi dalam kulit manggis dapat menghambat pelepasan sinstesis prostagladin E2 dan nistamin yang menjadi penyebab utama peradangan atau inflamasi. Selain itu, kandungan ekstrak etanol kulit manggis juga sangat ampuh dalam meredam radikal bebas dalam tubuh.

  • Anti Kanker

Beberapa penelitian terhadap kulit manggis menyebutkan bahwa senyawa xanthone berperan aktif dalam melawan segala bentuk penyakit yang memicu kanker. Hal ini karena kulit manggis memiliki sifat anti proliferasi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan kemudian menghancurkannya. (baca juga: ketahui dan waspadai ciri-ciri kanker paru-paru)

  • Anti Mikroba

Kulit manggis juga dikenal memiliki sifat anti mikroba terhadap jenis bakteri seperti staphylococcus aureus. Bakteri tersebut memiliki kekebalan terhadap anti biotik metisilin. Dengan konsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin, maka tubuh pun dapat terhindar dari berbagai jenis bakteri berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa kandungan dalam kulit manggis yang terbukti mampu memberikan perlindungan terhadap tubuh dari berbagai permasalahan kesehatan. Setelah mengetahui cara membuat ekstrak kulit manggis dan kandungan apa saja yang dapat diperoleh, maka kini saatnya bagi Anda untuk mulai menjaga kesehatan dengan bahan alami yang satu ini. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *