invisible bg invisible ico

Cara Membersihkan Karang Gigi hingga Tuntas dengan Cepat

Cara Membersihkan Karang Gigi hingga Tuntas dengan CepatAnda tentunya ingin memiliki gigi putih dan bersih tanpa adanya karang gigi, oleh karena itu simaklah artikel berikut ini yang akan membahas tentang cara membersihkan karang gigi dengan cepat dan alami. Memiliki karang gigi tentunya akan membuat gigi Anda menjadi jelek sehinga akan mengurangi rasa percaya diri. Anda pun pasti akan malu ketika tersenyum atau tertawa yang dapat membuat karang gigi Anda kelihatan. Selain mengganggu penampilan, karang gigi juga dapat menimbulkan berbagai masalah antara lain yaitu dapat memicu timbulnya infeksi pada gigi dan gusi, memicu bau tidak sedap pada mulut, gigi mudah keropos, dan gigi mudah terasa ngilu atau nyeri.

Timbulnya karang gigi atau plak dapat dipicu oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu karena penumpukan sisa-sisa makanan, kebiasaan merokok dan minum kopi, atau akibat jarang menggosok gigi. Jenis makanan yang mudah menimbulkan karang gigi yaitu makanan yang mengandung tepung dan makanan yang manis-manis, misalnya roti, kue, coklat, permen, dan sebagainya. Ditambah lagi dengan kebiasaan menggosok gigi, maka sisa makanan yang kita makan sehari-hari dapat dengan mudah tertinggal di sela-sela gigi, yang lama-kelamaan akan menumpuk dan mengeras sehingga menjadi karang gigi.

Berbagai Cara Membersihkan Karang Gigi secara Alami dengan Cepat

Walaupun kelihatannya sepele, namun menderita masalah atau gangguan pada gigi tentunya akan sangat mengganggu. Terlebih lagi diarea sekitar gigi terdapat ujung-ujung saraf yang terhubung dengan saraf pusat sehingga jika menderita sakit gigi maka juga dapat memicu sakit kepala dan gangguan pada organ tubuh lainnya. Oleh karena itu sebelum terjadi akibat yang lebih parah, maka sebaiknya Anda sedini mungkin untuk membersihkan karang gigi. Berbagai cara membersihkan karang gigi dengan cepat dan alami antara lain sebagai berikut:

1. Bubuk cengkeh

Cara membersihkan karang gigi yang pertama yaitu dengan menggunakan bubuk cengkeh. Cengkeh mengandung senyawa aktif yang dapat merontokkan karang gigi. Caranya yaitu siapkan cengkeh secukupnya lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah halus, campur dengan sedikit air dan gosok-gosokkan pada gigi Anda terutama pada area yang banyak karang giginya. Setelah itu kumurlah berulang kali untuk membilasnya. Lakukan cara ini secara rutin maka karang gigi akan segera menghilang.

2. Biji asam kawak

Biji asam kawak juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Caranya yaitu siapkan sekitar 3 biji asam kawak, disangrai sebentar, kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah halus, tambahkan sedikit air gosokkan pada gigi secara merata. Lakukan cara ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

3. Baking soda

Salah satu bahan pembuat roti ini juga dapat digunakan untuk membersihkan karang gigi. Baking soda juga sering digunakan sebagai salah satu bahan aktif yang terdapat pada pasta gigi. Cara membersihkan karang gigi dengan baking soda yaitu siapkan sekitar 1 sendok baking soda, tambahkan sedikit air lalu gunakan untuk menggosok gigi dengan memakai sikat gigi. Gosokkan secara merata pada seluruh gigi sampai ke sela-sela maka karang gigi akan cepat rontok sekaligus dapat memutihkan gigi.

4. Kulit jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C juga dapat dimanfaatkan kulitnya untuk membersihkan karang gigi. Bagian kulit jeruk yang mempunyai tekstur kasar dan menyimpan vitamin C efektif untuk mengikis karang gigi sekaligus dapat membunuh mikroorganisme di sekitar gigi dan mulut. Kulit jeruk juga dapat membantu untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap. Cara membersihkan karang gigi dengan kulit jeruk yaitu gunakan bagian dalam dari kulit jeruk untuk digosokkan pada gigi secara merata dan lakukan secara rutin.

5. Lidah buaya

Cara membersihkan karang gigi yang berikutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang sering digunakan untuk mempercantik kulit dan rambut ini ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi. Caranya yaitu siapkan 1 batang lidah buaya lalu dibelah menjadi dua bagian dan ambil lendir atau gel nya. Gunakan gel lidah buaya tersebut sebagai pasta gigi dan gosokkan ke gigi secara merata dengan menggunakan sikat gigi.

6. Buah apel

Untuk membersihkan karang gigi, Anda juga dapat menggunakan buah apel. Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini mengandung zat aktif yang dapat mengikis karang gigi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memakannya secara langsung. Jadi seringlah makan buah apel yang akan membantu menghilangkan karang gigi. Selain dimakan secara langsung, Anda juga dapat menggunakan produk olahan buah apel yaitu cuka sari apel untuk membersihkan karang gigi, yaitu dengan cara menggunakannya sebagai pasta gigi.

7. Menggunakan benang gigi

Anda juga dapat membersihkan karang gigi dengan benang gigi atau yang sering disebut dengan flossing. Benang gigi yang digunakan adalah benang gigi khusus dan steril, dan Anda dapat dengan mudah membelinya di toko atau swalayan. Flossing sangat efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi maupun di sela-sela gigi sehingga dapat mencegah pembentukan karang gigi.

8. Menggosok gigi secara benar

Cara membersihkan karang gigi yang dapat Anda lakukan secara rutin yaitu dengan menggosok gigi secara benar. Menggosok gigi yang benar adalah dengan cara seperti membentuk bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan atau sebaliknya layaknya menggosok pakaian. Dalam menggosok gigi Anda juga harus mengarahkan sampai ke sela-sela gigi agar sisa-sisa makanan yang terselip dapat terangkat. Gosoklah gigi Anda secara rutin minimal 2 kali dalam sehari. Agar dapat membersihkan karang gigi dengan cepat maka gunakan sikat gigi yang agak kasar dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan baking soda.

Di samping melakukan cara membersihkan karang gigi seperti yang telah diterangkan di atas, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pola hidup sehari-hari. Sebaiknya hindari makanan yang banyak mengandung gula dan tenpung, sebab lebih mudah tertinggal di sela-sela gigi dan sangat mudah untuk membentuk karang gigi. Selain itu hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan terlalu dingin karena juga akan mempermudah terbentuknya karang gigi. Anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan merokok dan terlalu sering minum kopi sebab kebiasaan ini juga mudah memicu timbulnya plak atau karang gigi. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayur, sebab berdasarkan penelitian banyak mengkonsumsi buah dan sayur dapat mencegah sekaligus mengurangi timbunan plak pada gigi.

Anda juga perlu mengkonsumsi banyak air putih. Sebab konsumsi air putih dapat menjadi pelarut alami sekaligus membuat mulut Anda tidak kering sehingga dapat terhindar gigi dapat terhindar dari terbentuknya plak. Dan jangan pernah malas menggosok gigi, sebab kebiasaan menggosok gigi dapat mencegah sekaligus mengatasi berbagai pemasalahan pada gigi dan mulut termasuk salah satunya yaitu karang gigi. Sebaiknya Anda juga memeriksakan gigi Anda ke dokter gigi secara berkala selama 6 bulan sekali untuk mengetahui kondisi gigi dan dapat berkonsultasi tentang keluhan yang Anda alami seputar kesehatan gigi dan mulut .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *