invisible bg invisible ico

Cara Cepat Tidur yang Efektif yang Wajib Anda Coba

Cara Cepat Tidur yang Efektif yang Wajib Anda CobaKurang tidur dapat menjadi masalah serius apabila Anda adalah seorang yang produktif dan memiliki segudang aktivitas, untuk itu cara cepat tidur menjadi solusi yang sangat penting. Begitu Anda merasa kurang tidur, solusi yang paling masuk akal adalah menjadwalkan agar Anda dapat tidur lebih awal dari waktu tidur Anda yang biasa. Akan tetapi hal tersebut bisa menjadi sangat sulit untuk direalisasikan, terlebih dengan begitu banyaknya distraksi yang dapat membuat Anda tetap terjaga hingga larut malam. Untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu tubuh dan pikiran agar Anda dapat mencapai tujuan Anda untuk tidur lebih dini, dan bangun dalam kondisi badan kembali energik dan segar.

Jangan Tunda Lagi, Berikut Cara Cepat Tidur yang Dapat Anda Praktikkan

Salah satu pertanyaan terkait tidur yang biasanya ada di benak banyak orang adalah, “Berapa lama sebetulnya waktu tidur yang kita butuhkan?” Faktanya, orang dewasa membutuhkan minimal 5-6 jam tidur dalam 24 jam (menurut beberapa penelitian tentang waktu tidur, 8 jam adalah waktu tidur yang maksimal bagi orang dewasa). Dengan mengasumsikan bahwa rata-rata orang bangun pada pukul lima pagi, itu artinya seseorang harus mengusahakan agar ia tidur maksimal pukul sebelas malam. Lantas, bagaimana cara cepat tidur yang efektif? Simak langkah-langkah berikut ini:

  • Definisikan apa arti “tidur cepat” bagi Anda

Orang dewasa membutuhkan minimal 5-6 jam tidur dalam sehari. Anak-anak mungkin memerlukan waktu tidur yang lebih lama. Bayi dan balita bahkan akan memerlukan waktu tidur yang lebih lama lagi. Di sini, kata-kata “tidur cepat” atau “tidur larut malam” bisa jadi adalah istilah yang relatif ketika digunakan untuk mendefinisikan waktu tidur.

Rata-rata orang Indonesia (dewasa) bangun pukul lima pagi, yang artinya menurut kebutuhan tidur orang dewasa maka kita harus tidur maksimal pukul sebelas malam. Akan tetapi pada budaya lain di negara yang berbeda dimana penduduknya terbiasa untuk bangun lebih siang, waktu tidur mereka bisa jadi lebih larut. Sehingga, istilah “tidur cepat” dan “tidur larut malam” akan sangat tergantung pada kebutuhan tidur seseorang (anak-anak atau dewasa) dan jam berapa orang tersebut harus bangun tiap harinya.

  • Catat waktu tidur Anda setiap harinya

Sebelum benar-benar mempraktikkan cara cepat tidur, persiapan yang dapat Anda lakukan di antaranya adalah membuat “buku harian”. Buku harian ini akan Anda gunakan untuk mencatat jam berapa Anda tidur setiap malam, dan jam berapa Anda bangun pada keesokan harinya. Dari rentang waktu tersebut Anda dapat mengetahui berapa lama waktu tidur Anda. Jika Anda konsisten mencatat selama beberapa hari atau minggu, Anda akan mengetahui berapa lama rata-rata Anda tidur setiap harinya.

  • Kenali apa yang Anda rasakan ketika bangun dari tidur

Masih berkutat di “buku harian”. Tidak cukup dengan mencatat waktu tidur dan waktu bangun saja, Anda pun harus melengkapi catatan Anda dengan apa yang Anda rasakan ketika bangun dari tidur. Apakah masih ada rasa letih? Lelah? Tidak puas?

Dengan mencatat sensasi-sensasi tersebut, Anda dapat semakin meyakinkan diri bahwa apabila waktu tidur Anda kurang dari kebutuhan, berbagai dampak negatif akan muncul. Tidak hanya rasa letih dan lelah, kurang tidur pun berhubungan dengan berbagai masalah jangka panjang seperti peningkatan resiko menderita obesitas, diabetes berikut komplikasinya, kurang konsentrasi, penurunan fungsi kognitif, pemenuhan gizi yang tidak baik, dan berbagai masalah lainnya. Dengan demikian, hal ini akan semakin menguatkan niat Anda untuk mempraktikkan cara cepat tidur.

  • Hindari konsumsi kafein

Apabila Anda berniat untuk tidur lebih cepat, hindari kopi dan produk lain yang mengandung kafein, nikotin, atau zat stimulan lainnya. Efek zat-zat tersebut dapat bertahan hingga berjam-jam, yang membuat Anda sulit tidur bahkan meskipun secara biologis tubuh Anda sudah lelah.

Anda mungkin terpikir untuk mengkonsumsi obat tidur sebagai salah satu cara cepat tidur. Sayangnya, banyak kasus menunjukkan adanya ketergantungan individu terhadap obat tidur tersebut, di samping dapat menurunkan daya ingat dan keterampilan motorik sebagai salah satu efek sampingnya. Ada berbagai macam obat tidur dan efeknya pun beragam. Jangan sembarangan minum obat tidur kecuali Anda telah mengkonsultasikannya dengan dokter dan pastikan Anda meminumnya sesuai petunjuk yang tersedia.

  • Perhatikan waktu makan Anda

Jangan makan terlalu banyak pada malam hari. Selain itu, waktu makan malam Anda hendaknya berjarak 2-3 jam dari waktu tidur Anda. Apabila Anda mengkonsumsi makanan berat sebelum tidur, tubuh akan bekerja mencerna makanan tersebut yang membuat Anda sulit tidur dan menggagalkan cara cepat tidur Anda.

  • Hindari aktivitas berat di malam hari

Olahraga teratur telah lama dikenal mampu menyeimbangkan pola tidur Anda, akan tetapi Anda harus jeli memilih waktu yang tepat untuk berolahraga. Hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini karena olahraga menimbulkan efek stimulasi seperti halnya kafein, yang akan membuat Anda sulit tidur.

  • Batasi tidur siang

Tidur siang mungkin terdengar menggoda, apalagi pada siang hari dimana daya konsentrasi mulai menurun dan tubuh mulai lelah. Tidak ada salahnya memejamkan mata selama 30 menit atau 1 jam, namun batasilah agar waktu tidur siang Anda tidak terlalu lama. Hindari juga tidur di sore hari.

  • Atur pencahayaan

Pada poin ini kita tidak hanya sedang membicarakan pencahayaan kamar tidur. Pencahayaan yang “melingkupi” Anda selama seharian penuh juga ikut membawa dampak terhadap pola tidur Anda. Pada pagi dan siang hari, usahakan agar Anda terpapar sebanyak mungkin cahaya natural dari matahari. Hal ini akan membantu mengkondisikan badan Anda terhadap konsep “siang hari”, dimana secara tidak sadar otak akan memerintahkan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Begitu matahari terbenam, badan Anda akan segera mengkondisikan diri terhadap konsep “malam hari”, dimana secara tidak sadar otak akan memerintahkan Anda untuk bersiap-siap memulai istirahat. Dengan demikian, Anda perlu membatasi paparan cahaya seperti yang berasal dari televisi, komputer, tablet, smartphone, atau peralatan sejenis lainnya. Cahaya dari peralatan elektronik tersebut akan mengacaukan konsep “malam hari” Anda sehingga waktu tidur Anda akan terganggu.

  • Tidurlah ketika Anda merasa lelah

Jika Anda merasa lelah, itu adalah sinyal dari badan Anda untuk segera tidur. Jangan paksa tubuh Anda untuk tetap terjaga. Di sisi lain, jika Anda belum terlalu lelah, jangan paksa mata Anda untuk terpejam. Lakukan satu atau dua kegiatan (hindari peralatan elektronik, berolahraga, bekerja, atau makan) sampai Anda merasa letih. Pada akhirnya, Anda akan dapat mencapai waktu tidur yang optimal secara konsisten.

  • Ciptakan lingkungan yang nyaman untuk tidur

Cara cepat tidur terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah mengkondisikan ruangan agar menunjang tidur yang optimal. Usahakan kamar tidur Anda bersih, rapi, nyaman, dan bebas distraksi (itu sebabnya mengapa tidak disarankan untuk meletakkan televisi di kamar tidur).

Selain kondisi fisik ruangan, hal ini juga menyangkut kebiasaan-kebiasaan menjelang tidur. Sebagian orang akan merasa lebih mudah tidur apabila mendengarkan musik yang lembut. Sebagian yang lain mungkin memilih mandi air hangat, membaca buku yang tidak terlalu rumit, atau meminum segelas teh hangat (teh chamomile adalah pilihan yang tepat karena efek relaksasi yang ditimbulkannya).

Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara cepat tidur. Namun apabila Anda telah mempraktikkannya dan tidak berhasil, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan tenaga kesehatan. Sulit tidur yang Anda alami bisa saja gejala dari masalah kesehatan lain yang membutuhkan penanganan medis. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *