invisible hit counter invisible bg invisible ico

Calon Ibu, Inilah Tips Melahirkan Normal, Lancar, dan Aman

  • Mandi Air Hangat

Salah satu tips melahirkan normal yang cukup efektif adalah dengan mandi air hangat di saat kontraksi mulai menyerang Anda. Kontraksi adalah salah satu tanda hendak melahirkan yang menimbulkan perasaan nyeri, tidak nyaman dan tidak jarang menyebabkan Ibu jatuh ke dalam kondisi stress dan cemas. Mandilah air hangat ketika kontraksi mulai menyerang. Bila perlu, tambahkan pula aromaterapi di dalam kamar mandi Anda untuk membantu Anda berelaksasi. Relaksasi sangatlah baik untuk ibu yang hendak menjalani persalinan normal dan akan membantu kelancaran proses persalinan nanti. Perlu diingat bahwa mandi adalah hal yang aman dan boleh dilakukan oleh setiap ibu hamil.

  • Jangan Berbaring

Proses persalinan yang normal dan lancar membutuhkan kondisi kehamilan yang mendukung pula. Salah satu tips melahirkan normal yang perlu Anda lakukan adalah dengan aktif bergerak, dan jangan berbaring ketika waktu menjelang usia kehamilan yang matang sudah mendekat. Gaya gravitasi akan membuat bayi Anda semakin jatuh ke dalam rahim yang lebih bawah dan ini akan memperlancar dan mempercepat proses persalinan Anda. Jadi, berjalan-jalanlah atau melakukan aktivitas lainnya ketika usia kehamilan Anda sudah mencapai waktu yang matang.

  • Usahakan untuk Tidak Kelelahan atau Kecapaian Ketika Memasuki Usia Matang Kehamilan

Melakukan aktivitas merupakan hal yang baik untuk ibu hamil. Namun, melakukan aktivitas dalam jumlah dan intensitas yang berlebih merupakan hal yang tidak disarankan untuk Ibu hamil. Tips melahirkan normal kali ini ingin mengajak Ibu agar tidak bekerja terlalu keras, baik di kantor mau pun di rumah. Istirahatlah bila Anda merasa kecapaian, stress dan lelah. Ingatlah bahwa proses persalinan yang akan Anda hadapi nanti membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, dan kelelahan yang berlebih dapat membuat Anda capai pada saat persalinan dan tidak jarang membuat Ibu jatuh ke dalam persalinan yang lama dan membutuhkan intervensi medis seperti penjahitan bahkan Caesar.

Apa Saja Tanda akan Melahirkan Sang Buah Hati?

Seetelah mengetahui apa saja tips melahirkan normal yang harus Ibu ketahui, kini Ibu pun sebaiknya mengetahui apa sajakah tanda akan melahirkan sang buah hati. Mengetahui tanda-tanda menuju proses persalinan merupakan pengetahuan yang wajib diketahui oleh ibu, bapak bahkan keluarga serumah agar selalu sigap mengantar Ibu ke rumah sakit atau klinik bersalin terdekat bila tanda ini muncul. Inilah tanda-tanda akan melahirkan yang sebaiknya keluarga ketahui:

  • Kontraksi yang terus menerus merupakan salah satu tanda akan melahirkan yang sangat pasti. Kontraksi yang dirasakan haruslah terjadi terus menerus, dengan interval waktu antar kontraksi yang makin memendek, namun durasi kontraksi makin memanjang. Kontraksi ini akan dirasakan sebagai suatu sensasi tidak nyaman, bahkan nyeri yang tidak hilang ketika dibawa berjalan kaki. Dan intensitas kontraksi pun akan semakin meningkat.
  • Keluarnya cairan jernih dari jalan lahir merupakan tanda akan melahirkan yang harus ibu ketahui. Bila muncul cairan yang tidak berwarna yang cukup banyak dari jalan lahir, segera konsultasikan ke dokter kandungan atu bidan Anda, meski belum terjadi kontraksi, atau meski usia kehamilan Anda masih belum memasuki usia yang matang.
  • Bloody show atau keluarnya lendir yang bercampur darah merupakan tanda akan melahirkan yang cukup pasti pula. Darah dan lendir yang keluar ini berasal dari jalan lahir, dengan jumlah yang tidak banyak. Ingatlah untuk segera ke dokter atau bidan bila keluar darah, apapun warnanya dan sebanyak apapun jumlahnya dari jalan lahir Anda.

Tidaklah sulit bukan mengikuti tips-tips melahirkan normal yang sudah dijabarkan di atas? Mulai dari relaksasi, memperkuat otot dan mengatur waktu istirahat yang tepat ternyata semuanya dapat membantu proses melahirkan Anda di hari H nanti. Jangan ragu juga untuk selalu bertanya kepada tenaga kesehatan yang berwenang sebagai tips tambahan melahirkan normal yang perlu an ingin Anda ketahui. Jangan lupa juga untuk banyak berdoa, dan selalu meminta dukungan pasangan serta keluarga dalam mempersiapkan diri di hari persalinan nanti. Selamat menempuh proses persalinan normal yang menyenangkan!

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *