invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Penjelasan Selengkapnya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Ini Penjelasan SelengkapnyaBelakangan ini banyak pertanyaan yang muncul dari ibu hamil tentang, bolehkah ibu hamil makan mie instan? Secara umum, semua orang boleh makan mie instan. Akan tetapi memang tidak semua orang diperbolehkan mengonsumsi jenis-jenis makanan instan. Mie instan sendiri sudah menjadi salah satu jenis makanan modern, di mana dalam penyajiannya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Rasanya pun cukup nikmat dan terdiri dari banyak sekali variasi rasa. Semakin padatnya aktivitas masyarakat di era modern ini tentu membuat banyak orang semakin tidak memiliki waktu untuk menunggu terlalu lama saat ingin makan. Maka dari itu jalan keluarnya adalah dengan membeli atau membuat makanan-makanan instan. Bahkan di beberapa negara Asia Timur seperti Tiongkok misalnya, mie instan sudah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi oleh seluruh penduduk Tiongkok. Namun terkadang masyarakat kurang menyadari bahwa konsumsi makanan yang bersifat instan juga bisa memicu beberapa penyakit. Apalagi di balik makanan-makanan yang instan tersebut pasti mengandung bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi terlalu sering.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Berikut Keuntugannya dan Kerugiannya

Sebelum kita membahas bahaya dan alasa apakah seorang ibu hamil boleh mengonsumsi mie instan atau tidak, kita akan bahas terlebih dahulu apa saja keuntungan atau hal positif apa saja yang bisa kita dapatkan dari mie instan. Tak bisa dipungkiri bahwa berbagai varian produk mie instan yang ada di pasaran sudah secara resmi diakui dan diperbolehkan oleh Departemen Kesehatan. Maka dari itu makanan ini terbilag cukup aman untuk dikonsumsi. Apalagi gizi yang terkandung pun cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita. Nah, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi mie instan.

Diantaranya Anda akan lebih menghemat waktu untuk menyiapkan semangkuk mie instan. Biasanya Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit saja untuk merebus air, memasak mie dan menyajikannya. Rasa yang ditawarkan cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan selera setiap orang. Harganya pun cukup terjangkau dan semua orang pasti bisa dengan mudah membelinya. Jika Anda membaca di bagian belakang kemasan mie instan, Anda pasti akan melihat daftar gizi yang terkandung pada mie tersebut. Dan tak bisa dipungkiri gizi dan vitamin tersebut memang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu bagaimana dengan kerugiannya dan apa efek ibu hamil makan mie instan?

Kembali membahas tentang pertanyaan “bolehkah ibu hamil makan mie instan?” Seperti yang mungkin sudah diketahui oleh semua orang, bahwa seorang ibu hamil haruslah selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang didapatkannya sehari-hari. Asupan gizi dan nutrisi tersebut tentu berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh sang ibu. Hal ini dikarenakan seorang wanita hamil biasanya akan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih dari biasanya. Pasalnya dia juga pasti harus memberikan makanan yang cukup dan baik untuk bayi yang ada di dalam kandungannya.

Nah, sebenarnya mie instan adalah salah satu makanan yang rasanya enak, gurih dan hangat saat dikonsumsi. Akan tetapi tak bisa dipungkiri bahwa mie instan ini memang mengandung zat-zat aditif yang cukup berbahaya untuk seorang ibu hamil. Apalagi jika zat terebut dikonsumsi terlalu sering. Sebenarnya bukan hanya pada mie instan saja, akan tetapi sebagian besar produk makaan instan yang dijual di pasaran biasanya memang mengandung zat aditif. Tujuan pemberian zat-zat tersebut diantaranya adalah untuk membuat makanan menjadi lebih nikmat, menguatkan rasa khas makanan, memberikan warna, atau untuk mengawetkan makanan. Beberapa kerugian yang bisa terjadi pada seseorang ataupun ibu hamil yang terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan instan salah satunya adalah dampak negatif pada jaringan otak. Apalagi bagi seorang ibu hamil muda yang usia kandungannya baru menginjak trimester pertma, fase tersebut adalah fase yang sangat rawan. Maka dari itu ibu hamil diharapkan untuk menjaga dengan baik kandungannya.

Bersambung ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *