invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bermacam Olahraga untuk Mengecilkan Perut secara Efektif

Bermacam Olahraga untuk Mengecilkan Perut secara EfektifMencari jenis olahraga untuk mengecilkan perut terkadang tidak mudah. Dalam mengecilkan perut, bukan hanya kerja kerasnya yang penting, namun memilih macam olahraga untuk mengecilkan perut yang ampuh juga sangat penting untuk menunjang hasil akhir dari usaha Anda.

Untungnya, metabolisme lemak pada perut termasuk aktif sehingga tidak sulit untuk menghilangkan lemak membandel di perut. Meski begitu, banyak orang yang hanya mengandalkan mengubah pola makan atau membuat dirinya kelaparan untuk menghilangkan lemak perut. Padahal keadaan kelaparan akan menurunkan laju metabolisme tubuh dan menghambat proses penurunan berat badan Anda. Maka, olahraga untuk mengecilkan perut merupakan hal yang penting dilakukan.

Tujuh Olahraga untuk Mengecilkan Perut yang Bisa Dicoba

  1. Jogging atau Jalan Kaki

Olahraga untuk mengecilkan perut yang paling ampuh ialah jogging. Jogging atau berjalan kaki dengan cepat dapat membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Saat kalori terbakar, lemak dalam tubuh pun banyak dipakai untuk menggantikan energi yang hilang. Jadi, olahraga seperti ini tidak hanya membakar lemak di perut saja namun lemak di seluruh tubuh. Ini berarti jogging juga dapat menjadi olahraga untuk mengecilkan perut dan paha karena membakar lemak di hampir seluruh tubuh.

Jogging atau jalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan untuk membakar lemak. Ditambah lagi Anda hanya perlu sepasang sepatu lari untuk melaksanakannya. Lakukan olahraga ini setiap hari dengan durasi minimal 30 menit.

  1. Bersepeda

Melakukan kegiatan bersepeda baik yang statis atau menggunakan sepeda asli dapat menjadi pilihan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Sama halnya seperti jogging atau jalan kaki, bersepeda setiap hari dengan durasi minimal 30 menit perkalinya akan menurunkan timbunan lemak di perut Anda. Anda dapat mencoba variasi agar tidak bosan, misalnya bersepeda statis sambil membaca buku atau menonton TV kesukaan Anda. Bersepeda asli juga dapat dilakukan sebagai pengganti naik mobil ke kantor atau tempat tujuan pergi Anda lainnya.

  1. Back Up

Melakukan back up cukup sederhana, yaitu Anda cukup tengkurap, lalu taruh tangan Anda di kepala Anda. Angkat setengah badan Anda (dari perut atas hingga kepala) ke atas selama beberapa menit perharinya. Bila perlu, Anda dapat meminta pertolongan teman Anda untuk membantu Anda memegangi kaki belakang Anda. Olahraga ini akan membantu membentuk otot perut.

  1. Elliptical Trainer

Alat untuk melakukan olahraga elliptical trainer banyak terdapat di tempat fitness. Olahraga elliptical trainer terutama cocok untuk Anda yang mempunyai penyakit nyeri sendi, karena olahraga ini tidak memperberat kerja sendi. Olahraga jenis ini cukup banyak membakar kalori, Anda dapat membakar hingga 300 kalori dalam 30 menit dengan menggunakan alat ini. Angka tersebut lumayan sekali untuk menjadi olahraga untuk mengecilkan perut yang ampuh.

  1. Bicycle Exercise

Olahraga ini membantu memperkencang otot perut Anda, sehingga perut Anda akan terlihat lebih kencang dan rata. Tapi ingat, jangan hanya mengandalkan olahraga yang melibatkan otot perut untuk memperkecil perut karena kalori yang dibakar dari olahraga macam ini hanya sedikit. Cara melakukan olahraga ini ialah:

  • Berbaring pada punggung dengan tangan berada di belakang kepala
  • Angkat lutut ke arah dada sembari mengangkat kepala dan pundak ke atas
  • Gerakkan siku kanan ke lutut kiri sambil meluruskan kaki kanan
  • Lakukan hal yang sama di arah sebaliknya: gerakkan siku kiri ke lutut kanan sambil meluruskan kaki kiri
  • Lakukan berulang-ulang
  • Atur kecepatan gerakan agar pernafasan tidak menjadi terengah-engah.
  • Lakukan 1-3 set dengan pengulangan gerakan 12-16 kali
  1. Vertical Leg Crunch

Olahraga ini mirip dengan olahraga sit up, namun sedikit lebih rumit dan kompleks. Caranya ialah Anda berbaring di posisi seperti mau sit up. Lalu, angkat kepala dan setengah badan bagian atas ke arah atas. Gerakan tadi dilakukan ketika 2 kaki Anda sudah berada di atas dan dalam posisi menyilang. Jadi, secara sederhana, awalnya angkat 2 kaki Anda ke atas dan dalam posisi ini Anda melakukan gerakan sit up biasa.

  1. Sit Up

Sit up sudah terkenal sebagai olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Namun ternyata keampuhan olahraga ini kalah jauh dibandingkan lari atau jogging. Sit up sendiri memiliki manfaatnya tersendiri yaitu dapat melatih otot perut agar ketika lemak perut Anda hilang, perut terlihat kencang. Sit up sendiri dapat dilakukan di atas bola yang biasa dipakai untuk berolahraga untuk menambah resistensi olahraga. Ingat untuk tidak hanya mengandalkan olahraga ini untuk mengecilkan perut karena kalori yang dibakarnya lebih sedikit daripada berlari.

Melakukan Gaya Hidup Sehat Dapat Membantu Mengcilkan Perut

Perut buncit memang menyebalkan, apalagi dari sisi kosmetik. Rasanya tidak ada pakaian yang akan terlihat bagus bila dikombinasikan dengan perut buncit. Mempunyai perut yang buncit juga dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Namun, selain alasan kosmetik, ternyata perut buncit juga buruk untuk kesehatan. Perut buncit terbukti berhubungan dengan beberapa penyakit seperti kencing manis, penyakit jantung, penyempitan pembuluh darah dan kolesterol tinggi.

Jadi, melakukan olahraga untuk mengecilkan perut sangat baik untuk dilakukan. Selain olahraga, Anda juga dapat memodifikasi gaya hidup Anda menjadi lebih sehat agar kualitas kesehatan Anda makin bertambah.

Menghindari minuman manis dan memilih air mineral merupakan hal sederhana yang dapat Anda lakukan. Cobalah lebih menyukai air mineral sebagai pelengkap hari Anda dibandingkan minuman manis yang mengandung gula dan kalori yang dapat membuat perut Anda buncit.

Tambahkan proporsi protein dalam makanan Anda dan kurangi jumlah karbohidrat. Karbohidrat yang dimakan dalam jumlah berlebih akan ditimbun menjadi lemak oleh tubuh. Menurut penelitian di Denmark, mengkonsumsi banyak protein akan mencegah penimbunan lemak di perut.

Konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran dan buah-buahan. Serat merupakan jenis nutrisi yang sulit dihancurkan oleh tubuh. Ada 2 macam serat yang dapat kita makan, yaitu serat yang tidak larut dalam darah dan serat yang larut dalam darah. Untuk hasil optimal, kombinasikan kedua macam serat ini dalam menu keseharian Anda.

Hindari mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti kue, gulali, permen dan makanan manis lainnya. Lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti sayuran, kacang-kacangan dan beras merah. Karbohidrat sederhana dapat menaikkan gula darah dengan cepat sehingga merangsang penimbunan lemak di perut

Mempunyai perut yang rata dan kencang akan menambah kepercayaan diri Anda. Selain dari segi kosmetik, perut rata juga ternyata baik untuk kesehatan. Dengan memiliki perut rata Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit plus terlihat lebih menarik. Lakukan olahraga di atas dengan rutin setiap hari dan jangan lupa untuk mengubah gaya hidup Anda menuju ke gaya hidup sehat. Niscaya memiliki perut rata bukan hanya menjadi sekedar impian namun dapat menjadi kenyataan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *