invisible bg invisible ico

Bermacam Obat untuk Gusi Bengkak yang Dapat Anda Coba

Bermacam Obat untuk Gusi Bengkak yang Dapat Anda CobaObat untuk gusi bengkak bisa diperoleh secara medis maupun alami. Gusi bengkak yang mendera dan tak lantas diobati tentu saja akan mengganggu. Bahkan kadang rasa berdenyut yang ditimbulkan akan semakin terasa ketika Anda makan. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai pilihan obat yang ditawarkan, baik medis maupun alami. Obat-obat medis tentu bisa Anda konsumsi dengan berkonsultasi dengan dokter dahulu sebelumnya. Sedangkan untuk obat alami bisa Anda usahakan sendiri. Selain mudah, obat-obatan alami tak banyak menimbulkan efek samping.

Sebelum mempelajari obat-obat yang bisa mengatasi gusi bengkak, mari kita simak dahulu sekilas info tentang gusi bengkak. Kemunculan gusi bengkak biasa disertai dengan nafas bau, mulut gatal, luka pada mulut, bahkan juga pembengkakan yang disertai dengan nanah. Penyebab gusi bengkak di antaranya gingivitis (inflamasi gusi akibat akumulasi plak), skorbut (kekurangan vitamin C),  penggunaan obat tertentu, infeksi, ketidakcocokan dengan pasta gigi tertentu, pemasangan gigi palsu, dll.

Penyebab tersering gusi bengkak ditengarai karena kurang terjaganya kesehatan mulut dan gigi. Banyak yang abai untuk rutin membersihkan gigi usai makan dan minum. Oleh karenanya, dianjurkan untuk menyikat gigi setidaknya 30 menit setelah makan. Saat penting lain untuk menyikat gigi yakni menjelang tidur. Mencegah tentu saja menjadi pilihan terbaik daripada mengobati.

Obat untuk Gusi Bengkak secara Medis

Jika Anda sedang mengalami gusi bengkak, tak perlu khawatir karena berbagai obat berikut bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya. Pengobatan gusi bengkak bisa diberikan secara medis dan alami. Pertama, mari kita bahas obat-obat dari tinjauan medis dahulu. Terkait pengobatan secara medis, hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa obat-obatan ini bisa Anda konsumsi hanya atas konsultasi dan rekomendasi dokter saja.

Pengobatan via medis akan diberikan setelah dokter mengetahui pasti penyebab gusi bengkak yang Anda alami. Namun biasanya obat pereda nyeri akan diberikan terlebih dahulu. Ada berbagai jenis obat pereda nyeri yang bisa diberikan, di antaranya sebagai berikut:

1. Paracetamol

Paracetamol adalah obat yang cukup bisa diandalkan mengatasi gusi bengkak. Parecetamol termasuk sebagai analgesik (pereda nyeri). Dosis pemberiannya untuk dewasa yakni 500 mg diberikan sehari tiga kali. Paracetamol tergolong aman dikonsumsi baik untuk ibu hamil maupun menyusui.

 2. Ibuprofen

Ibuprofen secara umum memiliki kesamaan fungsi seperti paracetamol sebagai analgesik. Pemberiannya pun juga sama yakni sehari tiga kali. Hanya saja, spesifik pemberian ibuprofen adalah kewenangan dokter untuk memutuskan.

 3. Asam Mefenamat

Asam mefenamat masih satu rumpun dengan paracetamol dan ibuprofen sebagai analgesik. Pertimbangan pemberian asam mefenamat ini bisa menjadi alternatif jika Anda mengalami alergi pada paracetamol maupun ibuprofen.

Selain diberikan pereda nyeri, pengobatan gusi bengkak juga mempergunakan antibiotik. Pemberian antibiotik tentu saja tidak sembarangan. Harus dengan resep dan rekomendasi dokter. Antibiotik diberikan khusus sesuai dengan penyebab gusi bengkak yang terdeteksi. Biasanya antibiotik diberikan jika gusi bengkak yang ditimbulkan sudah dalam kadar infeksi yang serius.

Selain antibiotik dan analgesik, obat anti radang pun tak lupa diberikan untuk membantu memulihkan pembengkakan. Obat yang diberikan adalah golongan kortikosteroid macam dexamethasone, prednison, prednisolone, dll. Sekali lagi perlu digarisbawahi bahwa penggunaan obat ini hanya diperbolehkan atas anjuran dan resep dokter semata.

Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Obat untuk gusi bengkak secara alami di sini yakni memanfaatkan kekayaan alam yang tersedia di sekitar kita sebagai obat. Beberapa orang memilih pengobatan secara alami karena efek samping yang ditimbulkan jauh lebih kecil. Kira-kira apa saja yang dapat digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak secara alami?

1. Garam

Larutan garam cukup efektif mengobati gusi bengkak. Caranya adalah dengan melarutkan satu sendok garam dalam satu gelas air hangat. Gunakan larutan garam untuk berkumur setidaknya tiga kali sehari. Garam juga bersifat antibakterial atau menghilangkan bakteri sehingga cocok untuk mengobati gusi bengkak.

 2. Minyak cengkih

Minyak cengkih menjadi alternatif pilihan terbaik sebagai obat gusi bengkak karena bersifat analgesik (meredakan nyeri). Penggunannya bisa dengan cara mencelupkan kapas hidrofil ke dalam minyak cengkih lalu tekan beberapa waktu pada gusi yang bengkak, ulang hingga beberapa kali.

 3. Jeruk nipis

Kandungan jeruk nipis kaya akan vitamin C nya. Penggunaan jeruk nipis untuk pengobatan gusi bengkak pun juga simpel. Siapkan satu gelas air hangat, masukkan perasan jeruk nipis ke dalamnya, aduk hingga rata. Gunakan untuk berkumur setidaknya dua hingga tiga kali sehari. Kumur-kumur dengan jeruk nipis dianjurkan setelah sarapan dan dan makan malam.

 4. Daun jambu biji muda

Daun jambu biji muda cukup baik menjadi obat untuk gusi bengkak. Kandungan minyak asiri di dalamnya diyakini cukup manjur sebagai analgesik dan antiradang. Untuk mengobati gusi bengkak, cukup dengan merebus daun jambu biji muda lalu gunakan untuk berkumur-kumur. Gusi bengkak secara berangsur-angsur akan segera pulih kembali.

 5. Madu

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa madu memiliki banyak kandungan manfaat. Salah satunya adalah mengobati gusi bengkak ini. Caranya adalah dengan mengoleskan secara rutin madu asli pada gusi yang bengkak, dua hingga tiga kali sehari. Jangan lupa untuk membersihkan mulut dengan menyikat gigi sebelum mengoleskan madu ini.

Upaya Pencegahan Gusi Bengkak

Meskipun sebelumnya sudah ada beberapa penjelasan terkait obat untuk gusi bengkak, namun perlu diketahui bahwa obat terbaik adalah pencegahan. Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya gusi bengkak, di antaranya sebagai berikut:

1. Menyikat gigi secara benar dan teratur

Menyikat gigi secara benar dan teratur diyakini dapat mencegah berbagai masalah gigi dan mulut termasuk gusi bengkak. Waktu menyikat gigi secara tepat yakni usai makan dan sebelum tidur. Cara menyikat juga harus diperhatikan yakni dengan gerakan memutar. Pilih sikat gigi yang lembut pada gusi.

 2. Perhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan dan minuman yang dikonsumsi penting untuk diperhatikan. Pilih konsumsi makanan yang kaya gizi utamanya vitamin C. Kandungan tersebut banyak ditemui dalam sayur-sayuran dan buah. Dalam mengonsumsi minuman dan makanan pun sebaiknya tidak yang ekstrem terlalu panas atau dingin. Minum secara cukup juga disinyalir dapat mengusir bakteri dan sisa makanan di mulut.

 3. Menghindari penyebab iritasi

Beberapa iritasi pada gusi bengkak banyak disebabkan karena konsumsi produk-produk tembakau dan bahkan beberapa obat kumur. Disarankan untuk menghindari produk olahan tembakau, alkohol, dan obat-obat kumur.

 4. Rutin ke dokter gigi

Penyebab gusi bengkak banyak disinyalir karena plak dan kurang terjaganya kebersihan mulut. Salah satu upaya yang bis aidlakukan adalah rutin memeriksakan gigi ke dokter. Biasanya akan dilakukan perawatan berupa pembersihan plak dan lainnya sesuai dengan kondisi mulut.

Demikian tadi beberapa obat untuk gusi bengkak yang dapat Anda terapkan. Berbagai obat ditawarkan mulai dari yang medis hingga alami. Perlu dicatat bahwa obat terbaik adalah mencegah itu sendiri. Namun jika gusi bengkak yang Anda alami semakin bermasalah serius dan tak terentaskan dengan obat-obatan tadi, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lanjutan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *