invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bermacam Obat Panu Tradisional yang Terbukti Ampuh

Bermacam Obat Panu Tradisional yang Terbukti AmpuhBagi Anda yang menderita panu, Anda perlu mencoba berbagai pilihan obat panu tradisional yang ampuh berikut ini. Menderita penyakit panu tentunya membuat Anda merasa kurang percaya diri. sebab panu seringkali mengenai area kulit yang dapat dilihat dari luar, seperti di wajah, leher, tangan, kaki, dan sebagainya. Jika seseorang memiliki panu maka biasanya timbul asumsi bahwa orang tersebut jorok atau kurang menjaga kebersihan tubuhnya. Hal ini tentunya sangat memalukan. Selain menurunkan rasa percaya diri, menderita panu juga menimbulkan rasa yang tidak nyaman, biasanya berupa gatal-gatal pada area kulit yang menderita panu. Selain mengenai area kulit yang terlihat dari luar, panu juga dapat timbul di daerah lain di seluruh tubuh seperti bahu, punggung, dada, pinggang, paha, dan sebagainya.

Panu atau dalam bahasa medis disebut sebagai tinea versicolor adalah salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan panu yaitu candida albicans. Timbulnya panu ditandai dengan adanya bercak-bercak putih pada kulit. Panu dapat meenyebar dari bagian tubuh yang satu ke bagian tubuh yang lain dan dapat menular ke orang lain. Pertumbuhan jamur penyebab panu disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain yaitu karena suhu udara yang terlalu lembab, produksi keringat tubuh berlebih yang terjadi akibat udara yang terlalu panas atau aktifitas fisik yang berlebihan, gesekan antar sesama kulit (terutama bagian paha), dan bergantian handuk dengan orang lain yang memicu penularan panu. Selain itu timbulnya jamur juga dipicu karena kurangnya menjaga kebesihan personal, baik kebersihan badan maupun pakaian.

Berbagai Obat Panu Tradisional yang Mudah Dicari dan Terbukti Efektif

Untuk mengobati panu, Anda dapat menggunakan obat alami yang disediakan oleh alam, atau yang sering disebut sebagai obat tradisional. Obat tradisional ini terbukti efektif untuk menghilangkan panu dan tentunya aman bagi tubuh tanpa menimbulkan efek samping. Berbagai jenis obat panu tradisional yang dapat Anda pilih antara lain sebagai berikut:

  1. Bawang putih

Bawang putih yang sering kita kenal sebagai bumbu dapur ini ternyata dapat digunakan sebagai obat panu tradisional yang ampuh. Bawang putih mengandung zat anti bakteri sehingga efektif untuk menghilangkan panu. Carnya yaitu ambil satu siung bawang putih lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan bagian dalam bawang putih pada area yang menderita panu sampai kulit terlihat memerah. Memang akan terasa sedikit perih, maka tahan sebentar demi kesembuhan panu Anda. Setelah perihnya menghilang, gosokkan kembali bawang putih sampai kulit memerah dan terasa agak perih lagi. Kemudian biarkan sejenak sampai sari bawangnya benar-benar meresap sehingga mampu membunuh jamur penyebab panu.

  1. Jeruk nipis dan belerang

Cara menghilangkan panu juga dapat menggunakan jeruk nipis dan belerang. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dan mineral dalam belerang sangat efektif untuk membunuh jamur penyebab panu. Cara membuatnya yaitu sediakan belerang secukupnya dan tumbuk sampai halus. Lalu campurkan perasan jeruk nipis ke dalam belerang yang telah dihaluskan tersebut, aduk hingga rata. Setelah kedua bahan tercampur, oleskan pada area kulit yang terkena panu. Lakukan cara ini secara teratur untuk membasmi panu, yaitu 2-3 kali sehari.

  1. Lengkuas

Lengkuas mengandung senyawa kuersetin, flavanoid, dan amilum sehingga dikenal sebagai obat panu tradisional paling mujarab. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan 1 lengkuas kemudian belah menjadi dua bagian. Lalu gunakan bagian dalam lengkuas untuk digosokkan pada kulit yang menderita panu. Agar hasilnya lebih optimal maka Anda dapat menambahkan sedikit garam pada belahan lengkuas. Gosokkan pada area yang terkena panu sampai kulit memerah dan terasa agak perih. Biarkan beberapa saat agar kandungan dalam lengkuas dan garam dapat meresap. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari maka panu yang Anda derita akan segera menghilang.

  1. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Campuran antara belimbing wuluh dan kapur sirih juga dapat digunakan sebagai obat panu tradisional. Seperti halnya jeruk nipis dan belerang, kombinasi belimbing wuluh dan kapur sirih merupakan campuran vitamin C dan mineral yang ampuh untuk membunuh jamur penyebab panu. Caranya yaitu siapkan satu buah belimbing wuluh lalu tumbuk sampai halus. Ambil kapur sirih secukupnya dan campurkan pada belimbing wuluh yang telah dihaluskan tadi. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian panu secara merata sampai mengering. Tunggu beberapa saat supaya meresap, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

  1. Lidah buaya

Obat panu tradisional yang berikutnya yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya (aloevera) merupakan tanaman yang banyak memberikan manfaat pada kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya mempercantik kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga sangat efektif untuk menghilangkan panu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan satu batang lidah buaya lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian ambil lendir atau gel yang keluar dari belahan batang lidah buaya tersebut dan oleskan pada area kulit yang terkena panu. Biarkan beberapa saat sampai kering kemudian bilas dengan air hangat yang bersih.

  1. Cuka apel

Cuka apel juga dapat Anda gunakan sebagai obat panu tradisional. Caranya, siapkan satu sendok teh kemudian oleskan secara merata pada kulit yang menderita panu. Tunggu beberapa saat supaya meresap. Lakukan cara ini secara teratur 3 kali sehari agar panu yang Anda derita cepat menghilang.

  1. Daun pare

Pare yang biasa digunakan sebagai sayur ini, ternyata daunya dapat digunakan sebagai obat panu tradisional yang ampuh. Zat yang terkandung dalam pare efektif untuk membasmi jamur penyebab panu. Cara menghilangkan panu dengan daun pare yaitu sipakan daun pare secukupnya lalu tumbuk sampai halus. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda dapat mencampurkan kapur sirih ke dalam tumbukan daun pare tadi. Kemudian oleskan ramuan daun pare pada kulit yang mengalami panu.

  1. Daun ketepeng

Daun ketepeng merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, yang salah satunya untuk menyembuhkan panu. Cara membuat obat panu tradisional dari daun ketepeng yaitu siapkan sekitar 30 gram daun ketepeng segar dan kapur sirih secukupnya. Cuci sampai bersih daun ketepeng secukupnya lalu tumbuk sampai halus, dan tambahkan kapur sirih secukupnya. Setelah itu gosokkan pada area kulit yang terkena panu dan lakukan secara rutin 3 kali sehari untuk memperoleh hasil yang efektif.

Itulah berbagai pilihan obat panu tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit panu. Agar terhindar dari panu, langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menjaga kebersihan badan. Langkah ini dapat dilakukan dengan mandi secara rutin tiap hari minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sabun. Selain itu kurangi paparan panas matahari secara langsung antara lain dengan menggunakan tabir surya. Dalam berpakaian sebaiknya hindari pakaian yang terlalu ketat dan gunakan pakaian yang berpori-pori untuk mengurangi keluarnya keringat. Untuk menghindari penularan panu, maka hindari memakai handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain. Jika Anda mengalami panu yang parah dan sulit sembuh, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *