invisible bg invisible ico

Bermacam Manfaat Jeruk Nipis yang Sangat Berguna bagi Anda

Previous 1 2
  • Penyakit Jantung dan Stroke

Sama seperti manfaat jeruk nipis pada diabetes, serat larut yang dikandung di dalam jeruk nipis dapat membantu membersihkan dinding pembuluh darah dari lemak dan kolesterol yang menempel di sana. Penyakit jantung dan stroke terutama banyak disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang disebabkan penumpukan plak kolesterol. Bila kolesterol ini dibersihkan dari pembuluh darah, maka tidak akan ada penyempitan dan Anda dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

  • Batuk

Jeruk nipis sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai obat batuk tradisional yang sangat ampuh. Manfaat jeruk nipis ini memang tidak dapat disanggah karena kemampuan jeruk nipis untuk menahan batuk, membantu sistemi imunitas tubuh melawan infeksi dan juga membantu membunuh bakteri. Astringen merupakan alasan dari manfaat jeruk nipis terhadap penyakit batuk dan infeksi tenggorokan. Kandungan astringen juga dapat membantu melegakan radang pada saluran napas dan tenggorokan sehingga mengurangi rasa nyeri saat menelan atau pun berbicara.

  • Kanker

Favanoid dan antioksidan yang banyak terdapat pada buah jeruk nipis dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang serius seperti kanker. Penyakit kanker terjadi karena banyaknya radikal bebas yang menyebabkan sel bermutasi dan akhirnya menjadi penyakit pada tubuh. Antioksidan dan flavonoid dapat berperan sebagai zat yang melawan radikal bebas tersebut sehingga menurunkan angka kejadian kanker. Penelitian pada tahun 2010 mengatakan bahwa flavonoid terbukti dapat menurunkan angka kejadian kanker mulut dan menghambat pertumbuhan sel kanker mulut.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet dan Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, jeruk nipis juga memilik manfaat untuk diet dan kecantikan. Manfaat jeruk nipis untuk diet sudah banyak dianut dan dicoba berbagai kalangan dengan meminum air jeruk nipis. Tidak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, ternyata buah kecil asam ini juga baik untuk kesehatan dan keindahan kulit kita. Mari kita simak apa saja manfaat jeruk nipis untuk diet dan kecantikan:

  • Serat

Serat larut dan tidak larut yang dikandung dalam sebutir jeruk nipis dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, membersihkan tubuh dari kolesterol jahat dan membantu membakar lemak dengan meningkatkan laju metabolisme Anda. Serat pada jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan nafsu makan berlebih.

  • Jeruk Nipis Peras

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam usaha menurunkan berat badan, minumlah dua gelas jeruk nipis peras setiap pagi dan sore. Kandungan antioksidan pada jeruk nipis sangat bagus untuk melawan penyakit. Selain itu, asam sitrus yang terdapat pada jeruk nipis dapat bermanfaat membakar lemak berlebih di tubuh. Lihatlah hasil yang menjanjikan dalam satu minggunya.

  • Kesehatan Kulit

Manfaat jeruk nipis yang tidak kalah penting adalah manfaatnya pada kesehatan kulit. Minyak alami yang terdapat pada jeruk nipis dapat memperbaharui kulit, membuat kulit semakin bersinar, melindungi kulit dari infeksi dan mengurangi bau badan. Kandungan Vitamin C dan flavonoid pada jeruk nipis juga membantu kulit tetap sehat, elastis dan tidak mudah pecah. Tidak hanya diminum, jeruk nipis juga sangat bagus untuk dioleskan ke kulit. Jeruk nipis dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menyembuhkan ketombe dan mempercepat penyembuhan memar. Masukkan jus jeruk nipis ke dalam air mandi Anda dan rasakan manfaatnya.

Manfaat jeruk nipis memang banyak sekali. Mulai dari permasalahan kesehatan seperti infeksi saluran tenggorokan, kanker sampai kencing manis pun dapat dibantu penyembuhannya dengan jeruk nipis. Jeruk nipis juga dapat membantu proses penurunan berat badan dengan cara membantu membakar lemak dan membuat Anda kenyang lebih lama. Satu keunggulan tambahan buah ini ialah dapat digunakan juga sebagai tambahan zat perawatan kulit yang membantu kulit tetap cerah alami. Dan sisi terbaik dari manfaat jeruk nipis adalah kealamiannya, yang berarti tidak mempunyai efek samping.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *