invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bermacam Manfaat Jeruk Nipis yang Sangat Berguna bagi Anda

Bermacam Manfaat Jeruk Nipis yang Sangat Berguna bagi AndaBanyak sekali manfaat jeruk nipis yang dapat Anda berikan bagi tubuh Anda. Bukan hanya berguna sebagai penyedap makanan seperti soto atau satai, jeruk nipis ternyata memiliki manfaat pada kesehatan dan program diet Anda. Banyak sekali penyakit yang dapat dicegah oleh buah yang asam ini seperti sariawan, ambeien, penyakit gusi, diare dan sebagainya. Jeruk nipis juga dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam program diet Anda.

Jeruk nipis merupakan buah yang dikonsumsi oleh seluruh dunia. Macam-macam makanan yang mengandung jeruk nipis adalah permen, jelly, minuman sari jeruk nipis, cocktail, dan makanan berat. Sedangkan di Indonesia, jeruk nipis terkenal sebagai penyedap makanan seperti soto, sop, satai dan basotahu. Berbahagialah Anda bila termasuk golongan orang yang gemar atau doyan menyantap jeruk nipis karena banyaknya manfaat jeruk nipis yang dapat buah ini tawarkan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis pertama kali ditemukan di tanah India. Jeruk nipis merupakan ‘saudara’ dari tanaman lemon, dan menjadi sangat terkenal di Erops setelah buah ini dibawa ke benua tersebut. Popularitas jeruk nipis tidak hanya berhenti di situ, namun buah ini menjadi buah wajib yang dibawa sebagai perbekalan armada laut Inggris ketika berlayar pada tahun 1800an karena manfaatnya bagi kesehatan. Mari kita lihat manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang ia tawarkan:

  • Skorbut

Skorbut atau bahasa inggrisnya scurvy adalah penyakit karena kekurangan Vitamin C. Gejala dari penyakit skorbut adalah infeksi berulang (dengan gejala flu atau demam), bibir pecah-pecah, luka seperti sariawan di lidah dan mulut dan gusi bengkak dan berdarah. Jaman sekarang, penyakit skorbut sudah jarang kelihatan karena meningkatnya pengetahuan mengenai pentingnya Vitamin C bagi kesehatan. Namun, pada tahun 1800an, hampir semua armada dan pelaut asal Eropa yang menderita skorbut karena kurangnya asupan Vitamin C pada saat mereka berlayar. Skorbut ini pun dapat menjadi penyakit yang fatal dan serius bila tidak segera ditangani.

  • Pencernaan

Aroma dan rasa dari jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran air liur dari mulut. Mungkin sedikit yang mengetahui bahwa air liur ini mengandung banyak enzim yang membantu proses pencernaan makanan di mulut. Kandungan asam alami yang ada di buah ini pun turut membantu lancarnya proses pencernaan dengan cara memecah makromolekul menjadi molekul yang lebih kecil dan dapat dicerna tubuh. Selain itu, Flavanoid yang ada di jeruk nipis akan membantu lambung dan liver untuk mengeluarkan asam lambung dan cairan empedu yang berperan sebagai pemecah nutrisi. Flavanoid pun berperan dalam membantu pergerakan usus.

  • Konstipasi dan Ambeien

Sifat jeruk nipis yang asam dapat membantu membersihkan usus dari kotoran yang mengendap dan mengerak. Manfaat jeruk nipis yang satu ini didapatkan dari asam yang turut memperlancar gerakan usus sehingga menyembuhkan sembelit atau konstipasi atau sulit BAB. Jeruk nipis juga dapat mengurangi rasa sakit dan perkembangan penyakit ambeien. Ini karena kandungan asam, falavnoid dan antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis.

  • Kencing Manis

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis beserta buah asam lainnya dapat menjadi jenis makanan yang memberikan banyak manfaat bagi para penderita kencing manis atau diabetes. Alasan utam dari manfaat jeruk nipis bagi penyakit diabetes ialah jeruk nipis mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu tubuh meregulasi kadar gula, dan membantu agar kadar gula tidak meningkat dengan tiba-tiba. Jeruk nipis dan buah asam lainnya juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat, baik itu untuk kesehatan, diet, dan kecantikan. Di halaman 2 masih ada banyak lagi manfaat jeruk nipis yang bisa Anda ketahui.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *