invisible bg invisible ico

Berjuta Khasiat Jamu Kunyit Asam yang Wajib Anda Ketahui

Berjuta Khasiat Jamu Kunyit Asam yang Wajib Anda KetahuiJamu kunyit asam merupakan ramuan tradisional yang tidak boleh diremehkan khasiatnya baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Paduan kunyit dan buah asam yang memiliki rasa asam namun menyegarkan juga menjadi kombinasi yang tepat untuk mengatasi dahaga ketika berada dalam situasi yang panas.

Berikut akan dibahas berbagai khasiat jamu kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan yang wajib untuk Anda ketahui. Siapkan dahulu segelas kunyit asam dan selamat membaca!

Daftar Khasiat Jamu Kunyit Asam untuk Kesehatan

Jamu kunyit asam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kunyit memiliki nama ilmiah Curcuma longa kaya akan curcuminoids dalam daging buahnya. Memiliki warna kuning yang khas. Sering digunakan sebaga pewarna alami pada makanan. Kunyit juga memiliki rasa rempah yang lezat.

Buah asam atau dikenal juga sebagai asam jawa atau asam kandis. Memiliki nama ilmiah Tamarindus indica. Rasanya yang manis dan asam kaya akan kandungan antioksidan berupa vitamin C, E dan A. Sumber kalsium, magnesium dan zat besi serta telah terkenal dan sering digunakan sebagai tanaman obat.

Kombinasi kedua bahan tersebut menjadi jamu kunyit asam yang terbukti memiliki beragam berkhasiat yang berguna bagi kesehatan. Berikut penjelasannya:

1. Detoksifikasi Tubuh

Berbagai penelitian mengenai fungsi curcumin dalam kunyit telah membuktikan bahwa kandungan curcuminoids dalam kunyit mampu meningkatkan kesehatan organ ginjal dan hati. Sehingga proses detoksifikasi atau pengeluaran racun oleh kedua organ tersebut berjalan dengan baik dan semakin optimal.

Curcuminoids dalam kunyit mampu meningkatkan aliran empedu dari kantung empedu menuju usus halus. Sehingga metabolisme lemak dalam tubuh akan lebih cepat terjadi. Ketika kunyit dikombinasikan dengan buah asam, maka akan tercipta kandungan antioxidan yang baik sebagai proteksi dan memperkuat kinerja hati.

2. Kelancaran Siklus Menstruasi dan Mengurangi Gejala PMS

Premenstrual Syndrom (PMS) adalah suatu kumpulan gejala baik fisik maupun emosional yang terjadi ketika menstruasi. Gejala fisik yang dapat terjadi antara lain sakit kepala, kembung, nyeri otot, nyeri panggul dan lain lain. Sedangkan gejala emosional yang dapat terjadi antara lain ketidakstabilan mood, depresi bahkan tidak terkontrolnya rasa marah.

Sebuah penelitian clinical trial pada dua kelompok wanita yang mengalami gejala PMS. Pada kelompok pertama diberikan kapsul berisi curcumin dan pada kelompok kontrol diberikan kapsul placebo. Dua buah kapsul diberikan dua kali selama 7 hari sebelum menstruasi di mulai. Dan tiga hari setelah menstruasi selesai. Ditemukan fakta bahwa gejala PMS berkurang sebesar 59% pada kelompok pertama (kelompok treatment) dan 14% berkurang pada kelompok kontrol.

Dalam kunyit juga terdapat kandungan phytoestrogen. Yakni sejenis hormon estrogen yang diproduksi oleh tumbuhan, menyerupai efek estrogen pada wanita. Konsumsi curcumin secara rutin maksimal 500 mg per hari dapat menjaga kesehatan reproduksi wanita. Memperlancar siklus haid dan menjadi obat bagi wanita yang mengalami kesuburan rendah.

Berbeda halnya dengan kandungan asam jawa. Mengkombinasikan asam jawa dengan kunyit dapat menangani perdarahan akibat siklus haid yang berkepanjangan. Asam jawa memiliki efek vasokonstriktor bagi pembuluh darah. Sangat baik untuk dikonsumsi setelah operasi dan mempercepat penyembuhan luka. Jamu kunyit asam akan mengurangi nyeri dan kram perut ketika menstruasi melalui efek anti-inflamasi dalam curcumin.

3. Menjaga Kebugaran dan Memperbaiki Sirkulasi Darah

Kunyit mengandung curcumin yang juga berfungsi sebagai anti-microbial agent. Mencegah manusia dari terjadinya berbagai penyakit infeksi akibat jamur, bakteri maupun virus. Kandungan curcumin dalam kunyit mampu mengaktivasi protein pembentuk antioksidan dalam darah, menghalau radikal bebas serta melindungi kesehatan otak dari terjadinya penurunan kemampuan kognitif seperti demensia maupun Alzheimer.

Tidak hanya penurunan fungsi otak yang dapat dicegah, jumlah bakteri influenza sebagai penyakit infeksi pada saluran pernafasan manusia dapat ditekan hingga lebih dari 90% melalui pemberian curcumin pada sel yang terinfeksi. Penelitian tersebut telah terpublish pada tahun 2009.

Berbeda halnya dengan kandungan buah asam. Konsumsi buah asam secara rutin terbukti melindungi persendian dan tulang dari terjadinya artritis atau radang persendian yang terjadi akibat usia. Konsumsi buah asam secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah puasa. Mengembalikan kadar trigliserid darah kembali normal sehingga secara tidak langsung juga memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh manusia.

Kandungan vitamin A dalam buah asam merupakan supply nutrisi terbaik bagi kesehatan mata. Mencegah terjadinya penurunan pengelihatan dan kebutaan di usia tua. Mengkombinasikan kunyit dengan asam menjadi jamu semakin memperkaya kandungan minuman yang sangat bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

4. Meningkatkan nafsu makan dan Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kunyit terkenal sebagai booster ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Kandungan antioksidannya mencegah terjadinya bengkak atau mastitis pada payudara. Selain itu curcuminoids dalam kunyit semakin memperkaya kandungan ASI akan anti-bakteri dan anti-mikroba.

Sedangkan pada buah asam, terdapat kandungan serat yang memenuhi 12% kebutuhan serat harian Anda. Mengkonsumsi buah ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan pencernaan. Mencegah daripada terjadinya sembelit dan susah buang air besar.

Kombinasi dari kunyit dan asam menjadi jamu kunyit asam dapat meningkatkan nafsu makan, serta akan menjaga kesehatan pencernaan. Namun tetap perlu diperhatikan bahwa tidak mengkonsumsi lebih dari 500 mg kunyit setiap harinya. Konsumsi kunyit yang berlebihan justru dapat menyebabkan batu ginjal, serta berbagai gangguan kesehatan lain.

5. Mengobati Panas Dalam

Panas dalam merupakan gejala gangguan pencernaan yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Pada mulut terjadi sariawan dan bau mulut, pada tenggorokan terjadi radang dan rasa panas dan pada lambung terjadi peningkatan asam lambung, kembung dan berbagai ketidaknyamanan yang lain.

Jamu kunyit asam dapat meringankan gejala panas dalam. Memberikan kesegaran dari dalam dan menyehatkan. Meredakan berbagai gejala panas dalam melalui kandungan antioksidan dan anti inflamasinya.

6. Mencerahkan Kulit dan Antiaging

Mengkombinasikan kunyit dengan asam jawa, memiliki efek kesehatan pada wanita karena kandungan antioxidan nya yang tinggi. Kulit akan menjadi sehat dan cerah, serta terhindar dari berbagai infeksi dan penyakit yang berhubungan dengan kulit. Hal ini terjadi karena kadar antioxidan yang tinggi dalam jamu kunyit dan asam akan memperbaiki imun sistem.

7. Menghilangkan Bau Badan Tidak Sedap

Bau badan tidak sedap dapat menghilang dengan konsumsi jamu kunyit asam. Hal ini merupakan efek tambahan dari fungsi detoksifikasi tubuh melalui kedua bahan tersebut. Keringat yang berbau merupakan hasil dari metabolism karbohidrat dan protein oleh ginjal yang dikeluarkan sebagai keringat yang berbau tidak sedap atau bau amonia.

Dengan konsumsi jamu kunyit asam, maka secara tidak langsung fungsi ginjal akan mengalami optimalisasi. Karbohidrat dan protein dalam tubuh di metabolisme dengan lebih baik. Tidak akan muncul bau badan maupun bau amonia, akibat fungsi ginjal yang mengalami penurunan.

Demikian sekilas informasi mengenai manfaat dan khasiat jamu kunyit asam bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Jamu kunyit asam amat mudah untuk diracik sendiri di rumah. Sehingga jangan pernah menolak jika teman Anda menawarkan meminum jamu ini.  Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *