invisible bg invisible ico

Berbahayakah Ibu Menyusui Minum Es? Ketahui Fakta-Faktanya!

Ibu Menyusui Minum Es dan Fakta yang Terdapat di DalamnyaAda banyak mitos yang mengatakan bahwa ibu menyusui minum es tidak baik untuk kesehatan ASI, yang nantinya akan diminum oleh bayi yang disusui. Pada mitos tersebut, suhu dingin yang masuk ke dalam tubuh ibu bayi dari es yang diminumnya akan berpengaruh pada dinginnya suhu ASI yang diminum oleh bayi sehingga membuatnya flu.

Mitos tersebut dapat dikatakan salah namun juga tak boleh disepelekan. Hal ini karena selama proses menyusui, ibu tak boleh makan ataupun minum dengan sembarangan. Tujuan utamanya adalah agar kesehatan si buah hati yang sedang disusui tetap terjaga.

Ibu Menyusui Minum Es Tidak Membuat Bayi Sakit Flu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa mitos menyebutkan ibu yang sedang menyusui akan membuat bayi menjadi flu. Faktanya tidak demikian. Bahkan hingga saat ini tidak ada satu pun penelitian yang menyebutkan hal tersebut. Intinya, minum es tidak akan memberikan pengaruh pada kesehatan bayi terutama flu.

Sebagai informasi, semua makanan yang panas atau dingin ketika dikonsumsi oleh ibu akan mengikuti suhu tubuh ketika menjadi ASI. Dalam arti dinginnya suhu es ketika menyusui juga akan menjadi hangat begitu masuk ke dalam tubuh, karena suhu tubuh adalah sekitar 37 – 38 derajat celcius.

Apabila seorang ibu mengonsumsi banyak es dalam satu waktu, kemudian ia menyusui bayinya, maka bayi tidak akan mengalami flu. Pasalnya, flu atau influenza terjadi karena serangan virus. Penyakit yang satu ini sangat mudah menular dan menyebar lewat udara yang masuk ketika melalui sistem pernapasan, baik untuk bayi ataupun orang dewasa sekalipun. Selain melalui udara, influenza juga dapat menular lewat ingus, air liur, bahkan kotoran yang telah tersentuh oleh tangan.

Minum Es Ketika Menyusui Berbahaya untuk Kesehatan pada Kondisi Tertentu

Jika pada ulasan sebelumnya dijelaskan bahwa ibu menyusui minum es tidak akan memberikan pengaruh apa-apa untuk si bayi, namun pada kondisi tertentu, ada bahaya yang mengintai. Misalnya ketika air es yang Anda konsumsi ternyata mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, maka inilah yang menjadi masalah dan problem utama penyebab flu pada ibu. Ketika ibu terkena flu, kemungkinan besar bayi yang sedang disusui pun juga akan mengalami dan terserang virus yang sama sehingga berbahaya bagi kesehatannya.

Tak hanya itu saja, ketika air es yang dikonsumsi juga menyebabkan diare, maka ibu akan mengalami dehidrasi sebagai akibat dari penyakit diare tersebut. Kondisi paling parah saat ibu mengalami diare adalah munculnya dehidrasi karena banyak cairan yang keluar dari tubuh selama diare. Hal ini akan menyebabkan produksi ASI berkurang. Padahal bayi yang masih menyusu membutuhkan asupan ASI yang cukup tinggi sehingga apabila ternyata ASI yang ia minum tak mencukupi kebutuhannya, akibatnya adalah tumbuh kembang bayi akan terganggu.

Jadi bagi Anda, ibu menyusui, yang ingin mengonsumsi air es, sebaiknya pastikan air yang digunakan benar-benar steril. Untuk lebih amannya, Anda dapat membuat es sendiri di rumah. Dengan begitu, kesehatan Anda serta bayi yang sedang disusui tidak akan terganggu. (baca juga: obat flu untuk ibu menyusui: cara alami dan aman atasi flu)

Hal yang Dapat Dipelajari dari Mitos Larangan Minum Es saat Menyusui

Setelah membaca sekilas mengenai mitos ibu menyusui minum es di atas, maka ada beberapa hal yang dapat Anda pelajari dari mitos tersebut. Setidaknya inilah poin-poin penting yang harus Anda perhatikan dan pelajari dari mitos di atas. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Suhu Es Menyesuaikan Suhu Tubuh

Sedingin apapun es yang dikonsumsi oleh ibu selama menyusui, suhunya secara otomatis akan turun dan menyesuaikan dengan suhu tubuh. Dalam baik itu es yang dingin atau bahkan makanan panas akan memiliki suhu normal begitu dikonsumsi. Hal ini berarti tidak ada pengaruh nyata ibu menyusui minum es pada kondisi pilek atau flu yang diderita oleh bayi.

  • Rasa Cemas Berlebih dapat Berpengaruh pada ASI

Dengan adanya mitos di atas, maka tak sedikit ibu yang cemas dan khawatir terhadap kondisi kesehatan bayi, terutama ketika setelah mengonsumsi es. Padahal rasa cemas tersebut dapat menimbulkan stress yang berpengaruh pada produksi ASI. Untuk itulah, setelah mengetahui bahwa ibu menyusui minum es akan membuat bayi flue hanyalah mitos semata, hal yang perlu Anda lakukan adalah tetap menjaga kesehatan dengan memberikan asupan makanan bergizi tinggi serta makanan lain yang merangsang produksi ASI.

  • Flu yang Diderita oleh Bayi Diakibatkan Serangan Virus

Hal lain yang dapat Anda pelajari dari mitos ini adalah gejala penyakit flu yang diderita oleh bayi semata-mata disebabkan oleh serangan virus. Jadi tak ada alasan lain yang menyebabkan bayi terserang flu. Selain itu, bayi juga dapat terserang flu apabila ibu yang sedang menyusuinya terserang flu sehingga menular pada bayi tersebut. Dengan begitu, maka tak boleh terlalu banyak mengonsumsi air es yang nantinya berujung pada flu dan dapat menular pada bayi.

Setidaknya itulah poin penting yang menjadi pelajaran berharga dari mitos ibu menyusui minum es yang mengakibatkan flu. Dengan memerhatikan poin tersebut, maka kesehatan Anda atau bayi pun tetap terjaga.

Tetap Perhatikan Asupan Gizi Lain untuk Kesehatan Tubuh dan Bayi

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah selama menyusui bayi, pastikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh mencukupi. Dalam arti, selalu perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Semakin tinggi gizi makanan yang dikonsumsi oleh ibu, maka akan semakin tinggi pula gizi yang dikonsumsi oleh bayi melalui ASI. (baca juga: rekomendasi buah untuk ibu menyusui yang perlu anda tahu)

Untuk kebutuhan gizi sendiri, sangat dianjurkan bagi bayi yang masih berusia 0 hingga 6 bulan. Pada usia ini, bayi membutuhkan gizi yang tinggi sehingga dapat tumbuh lebih sehat. Oleh karena itu, Anda harus banyak mengonsumsi buah, sayur, daging, serta aneka makanan lain yang memiliki kandungan gizi tinggi. Bahkan bila perlu, konsultasikan pada dokter mengenai jenis makanan apa saja yang baik untuk ibu menyusui.

Tips untuk Ibu Menyusui yang Harus Diterapkan

Setelah mengetahui bahwa ibu menyusui minum es akan membuat bayi flu hanyalah mitos, kini saatnya Anda paham tentang berbagai tips yang harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh dan bayi yang disusui. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Selalu Jaga Pola Makan

Tips pertama yakni selalu perhatikan pola makan serta makanan yang Anda konsumsi. Untuk informasi, tubuh membutuhkan lebih banyak asupan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi sehingga demi memproduksi ASI. Dengan begitu, selama pola makan terjaga, maka bayi yang masih menyusui pun akan tetap sehat.

  • Hindari Makanan atau Minuman yang Memicu Alergi

Tips kedua yakni hindari semua jenis makanan dan minuman yang dapat membuat Anda alergi. Meskipun dampak langsungnya hanya akan dialami oleh ibu saja, namun bayi yang sedang menyusu pun akan terkena dampaknya secara tidak langsung. Tips yang satu ini harus benar-benar diterapkan hingga bayi yang disusui sudah berusia sekitar 12 bulan ke atas.

  • Perhatikan Jadwal Istirahat Anda

Adapun tips selanjutnya adalah selalu perhatikan jadwal istirahat Anda. Pasalnya, ketika tubuh sedang dalam kondisi lemah dan lelah, produksi ASI yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. Hal ini juga akan memengaruhi kondisi buah hati Anda yang masih menyusu. Untuk itulah, pastikan Anda memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

Demikian sedikit ulasan tentang ibu menyusui minum es. Dengan membaca ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hal itu hanyalah mitos semata namun Anda juga tak boleh menyepelekannya karena konsumsi es berlebih juga dapat memicu flu pada ibu. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *