invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Tips dan Cara Menghilangkan Varises di Kaki

Berbagai Tips dan Cara Menghilangkan Varises di KakiCara menghilangkan varises di kaki memang cukup beragam mulai dari cara-cara sederhana bahkan hingga sejumlah penanganan medis khusus terkait dengan berat ringannya gejala varises yang Anda alami. Lalu apa sebenarnya varises itu? Varises adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan aliran darah balik yang menjadi tanggung jawab pembuluh vena, sehingga kita dapat melihat pelebaran pembuluh darah ini pada permukaan kulit. Varises biasanya menyerang kaki seseorang dalam hubungannya dengan gaya gravitasi. Gejala yang biasa dikeluhkan oleh penderita varises adalah kedua kakinya terasa bertambah berat disertai dengan rasa panas, gatal, kram bahkan nyeri. Selain itu kedua kaki penderita varises juga mudah merasa lelah dan pegal-pegal. Di dalam artikel ini kami akan menyajikan sejumlah tips sederhana cara menghilangkan varises dan juga beberapa penyebab seseorang mengalami varises. Selamat membaca!

Tips Sederhana Cara Menghilangkan Varises di Kaki yang Ampuh

Gangguan aliran darah ini yang dialamli oleh penderita varises jika dibiarkan lama-kelamaan akan menimbulkan masalah kesehatan lain, untuk itu penanganan varises harus dilakukan sesegera mungkin. Beberapa hal sederhana di bawah ini dapat Anda coba sebagai cara mengobati varises pada tahap awal.

1. Tinggikan kedua kaki

Cara menghilangkan varises di kaki yang pertama dan sangat sederhana untuk dilakukan adalah dengan memposisikan kedua kaki Anda lebih tinggi. Seperti sudah kita bahas sebelumnya penderita varises mengalami gangguan aliran darah balik, namun timbulnya keluhan di kaki dipengaruhi oleh gaya gavitasi. Untuk itulah Anda dapat menggunakan cara meninggikan kaki untuk mengurangi efek gravitasi dan sedikit membantu aliran darah balik ke jantung.

2. Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama

Masih berhubungan dengan gaya gravitasi yang merupakan salah satu faktor yang memperberat varises, Anda harus menghindari berada dalam posisi duduk atau berdiri dalam waktu yang lama. Pada posisi baik duduk maupun berdiri, aliran darah balik akan lebih sulit bergerak menuju jantung terutama pada penderita varises.

Jika Anda sulit menghindari kedua posisi ini dalam waktu lama karena tuntutan pekerjaan, maka Anda bisa mengakalinya dengan melakukan gerakan-gerakan kecil pada kedua kaki. Jika Anda harus duduk dalam waktu lama, maka selingi kegiatan duduk dengan berdiri beberapa kali selama 15-30 menit. Hal ini setidaknya akan membantu sehingga varises yang Anda alami tidak bertambah parah.

Memiliki varises di kaki bukan berarti kedua kaki Anda tidak boleh digunakan untuk beraktivitas, melainkan sebaliknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi pergerakan aliran darah dari kedua kaki menuju jantung adalah kontraksi otot-otot di kaki, untuk itulah bagi penderita varises olahraga merupakan salah satu pilihan cara menghilangkan varises yang ampuh. Pilihlah olahraga yang banyak menggunakan otot-otot kaki Anda seperti jogging atau bersepeda.

3. Jaga berat badan Anda

Selanjutnya cara menghilangkan varises yang juga penting untuk Anda ketahui adalah dengan menjaga berat badan Anda agar tidak berlebih. Mengapa berat badan ideal menjadi penting dalam mengatasi varises? Dengan memiliki berat badan berlebih Anda akan menambah tekanan yang harus ditanggung oleh pembuluh darah balik dalam mengalirkan darah dari kaki ke jantung.

Selain itu orang dengan berat badan berlebih memiliki kemungkinan terkena tekanan darah tinggi yang secara tidak langsung dapat memperberat keluhan varises. Menjaga berat badan yang ideal, mungkin tidak dapat menghilangkan varises yang Anda miliki namun mampu mencegah perburukan penyakit ini. Bagi Anda yang tidak mengalami varises maka dengan berat badan ideal ini risiko terkena varises akan berkurang.

4. Wanita, hindari high heels

Selanjutnya bagi kaum wanita yang mengalami varises maka pemakaian sepatu tinggi harus dikurangi bahkan dihindari. Dengan menggunakan high heels dalam waktu lama dan terlalu sering maka Anda dapat memperberat kerja pembuluh darah balik. Jika Anda tidak bisa menghindari penggunaan high heels ini, maka seringlah melakukan peregangan sederhana ketika ada kesempatan.

5. Gunakan stocking khusus varises

Cara menghilangkan varises terakhir yang akan kami bagikan adalah dengan menggunakan stocking khusus untuk penderita varises. Dokter yang memeriksa Anda pasti akan menganjurkan penggunaan stocking ini karena ini merupakan salah satu terapi sederhana yang ampuh dan bisa Anda lakukan sendiri.

Selain dapat mencegah timbul varises, stocking khusus varises ini juga dapat membantu melancarkan peredaran darah pada kedua kaki dan mengurangi bengkak yang terjadi. Penggunaan stocking ini sangat dianjurkan dilakukan jika Anda telah melakukan konsultasi dengan dokter terutama dokter spesialis pembuluh darah. Konsultasi ini ditujukan agar Anda mengetahui seberapa besar tekanan yang dibutuhkan saat menggunakan stocking tersebut dan bagaimana cara merawatnya agar tetap awet.

Sejumlah Faktor Risiko dan Penyebab Varises yang Perlu Anda Ketahui

Setelah mengetahui bagaimana cara menghilangkan varises di kaki dengan sederhana, kami akan menyajikan sejumlah penyebab dan faktor yang berpengaruh terhadap varises. Setiap penderita varises mungkin memiliki faktor risiko yang berbeda-beda karena varises vena di kaki merupakan penyakit dengan banyak faktor yang terlibat di dalamnya. Mari kita simak apa saja faktor yang terlibat sebagai penyebab varises berikut ini!

  • Usia, varises di kaki memang lebih banyak ditemukan pada mereka yang memiliki usia lebih tua. Hal ini disebabkan oleh kerja dari katup di dalam pembuluh vena dalam menjaga kelancaran aliran balik sudah mulai berkurang. Selain itu pada usia tua, pembuluh darah akan semakin elastis sehingga sangat mudah meregang jika tekanan di dalamnya meningkat.
  • Kehamilan, seorang wanita hamil sangat rentan mengalami varises mengingat ukuran rahim yang semakin membesar dapat mengganggu aliran darah vena dari kedua kaki yang harus melewati rongga perut terlebih dahulu sebelum menuju jantung. Selain itu meningkatnya volume tubuh juga membuat wanita hamil lebih mudah mengalami varises.
  • Obesitas, seperti sudah disebutkan sebelumnya kondisi obesitas dapat menambah tekanan pada pembuluh darah Anda dan berujung dengan terbentuknya varises di kaki.
  • Faktor pekerjaan, pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terkena varises adalah mereka yang harus berada dalam posisi duduk atau berdiri dalam waktu lama seperti satpam, sekretaris, guru dan sebagainya.
  • Penggunaan KB hormon, sejumlah penilitian menunjukan hubungan berarti antara penggunaan KB hormon dengan angka kejadian varises.
  • Faktor keturunan, resiko varises meningkat pada orang yang memiliki riwayat dan keluarga dengan gangguan pembekuan darah.

Demikianlah sejumlah tips sederhana cara menghilangkan varises dan berbagai faktor penyebab varises yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami varises, Anda membutuhkan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui derajat penyakit ini. Hal ini perlu dilakukan mengingat jika dibiarkan varises bisa menimbulkan sejumlah kelainan seperti kelainan kulit (dermatitis) bahkan borok (ulkus) di kaki. Setelah mengetahui penyebab dan cara sederhana mengatasi varises ini maka Anda dapat mengurangi bahaya komplikasi yang bisa timbul kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *