invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Posisi Tidur yang Baik untuk Ibu Hamil

Previous 1 2

Tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri bagi ibu hamil ternyata juga bisa membantu kinerja ginjal untuk membuang sisa-sisa cairan yang ada di dalam tubuh. Hal ini memberikan dampak positif untuk tubuh karena bisa mengurangi pembengkakkan pada kaki dan tangan ibu hamil. Namun bukan berarti Anda tidak boleh tidur menghadap ke sebelah kanan. Anda tetap boleh mengubah posisi miring ke sebelah kanan apabila Anda kurang nyaman tidur menghadap ke kiri.

Lalu jika Anda terbangun di malam hari dan Anda menyadari bahwa Anda sedang tidur dengan posisi terlentang, apakah itu berbahaya? Tenang saja dan tidak perlu panik saat Anda menyadari bahwa Anda sedang tidur dalam posisi terlentang. Segeralah mengubah posisi tidur Anda ke posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, yaitu posisi miring ke kiri atau ke kanan lagi sesuai dengan keinginan Anda.

Bagaimana jika ternyata Anda tidak sadar bahwa Anda sedang tidur terlentang dan dalam waktu yang lama? Anda juga tidak perlu khawatir karena saat ukuran perut sudah mulai membesar, biasanya akan membuat ibu hamil sering mengalami kram, kontraksi palsu, ingin buang air kecil, atau terasa bayi sedang menendang perut. Dengan demikian ibu hamil seolah akan diberikan sinyal untuk terbangun dan segera mengubah posisi tidurnya.

Tips Supaya Ibu Hamil Bisa Tidur Nyenyak

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil terutama pada awal-awal dan pertengahan masa kehamilan. Namun demikian meskipun posisinya sudah benar, sering sekali wanita yang sedang hamil tetap merasa sulit untuk memejamkan mata dan tidur. Hal inilah yang kemudian bisa membuat wanita hamil kurang istirahat karena tidur larut malam. Padahal dalam kondisi hamil, seorang wanita harus beristirahat dengan cukup supaya sistem kekebalan tubuhnya tidak terganggu.

Selain mengatur posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, saat sedang mengandung seorang wanita disarankan untuk tidur selama 7-9 jam. Dan apabila Anda tidur kurang dari 6 jam, ternyata bisa berpengaruh pada tekanan darah. Lalu bagaimana caranya supaya wanita hamil bisa tetap tidur dengan mudah, nyenyak dan nyaman?

Pertama, cobalah Anda mandi dengan air hangat terlebih dahulu. Atau minimal Anda membasuh tubuh Anda dengan air hangat untuk merelaksasikan otot-otot tubuh. Anda juga bisa menggunakan sabun yang aromanya melati atau lavender karena aroma tersebut bisa membuat Anda lebih rileks setelah mandi. Sebelum mengatur posisi tidur yang nyaman untuk Anda, minumlah terlebih dahulu segelas susu ibu hamil yang hangat. Paslanya kandungan asam amino tryptophan pada susu bisa membantu Anda lebih mudah tidur dan beristirahat dengan nyenyak.

Demikian penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan juga tentang bagaimana tips supaya ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak. Dengan demikian semoga artikel singkat ini bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda yang membaca. Terima kasih.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *