invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tipes dari Bahan Alami

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tipes dari Bahan AlamiCacing tanah selama ini memang dikenal sebagai salah satu obat sakit tipes yang paling manjur dan terpercaya sejak zaman dahulu. Bahkan berbagai obat modern pun ada yang menggunakan cacing ini sebagai salah satu campuran bahannya. Sedangkan pada obat semi modern, cacing tanah digunakan sebagai bahan utama dalam bentuk serbuk dan dimasukkan ke dalam kapsul. Namun bagi Anda yang mungkin merasa jijik untuk mengkonsumsi cacing, sebenarnya ada banyak obat tipes alami lainnya. Berbagai obat alami ini sama berkhasiatnya dengan obat modern dan bisa dijadikan alternatif. Namun sebelumnya ada yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi obat tipes tradisional ini. Sakit tipes termasuk penyakit serius, jika sudah mengalami demam tinggi hendaknya diperiksakan ke dokter. Obat alami hendaknya dikonsumsi saat gejala tipes masih dalam tahap ringan, itupun ada baiknya jika berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Berbagai Pilihan Obat Sakit Tipes Alami yang Ampuh

Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah yang mana benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh nenek moyang dan leluhur kita. Banyak obat alami yang telah ditemukan dan manfaatkan sejak dulu yang kini juga dimanfaatkan sebagai komposisi dalam pembuatan obat modern. Tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan obat alami tersebut secara langsung, salah satunya untuk mengobati tipes. Lalu apa saja obat tipes alami ini? Berikut ini selengkapnya.

  1. Cacing Tanah

Seperti disebutkan sebelumnya, cacing tanah merupakan salah satu obat sakit tipes yang paling ampuh. Jika Anda merasa jijik dengan cacing, Anda bisa langsung melompat ke poin berikutnya. Pengobatan tipes dengan cacing tanah telah dibuktikan secara klinik dan juga melalui penelitian. Meskipun terlihat sepele, sebenarnya cacing tanah banyak manfaatnya untuk kesehatan, selain untuk mengobati tipes juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam, cacar, gangguan kemih, dan lain sebagainya.

Cacing tanah ini bisa didapatkan dari kebun, biasanya lebih mudah dicari pada malam hari. Ambil beberapa cacing tanah, sekitar 10 buah. Bersihkan dengan air, usahakan juga buang isi perutnya. Cara memasaknya ada 2 macam, dengan direbus selama 10 menit kemudian setelah suhu turun menjadi cukup hangat baru dikonsumsi (jangan tunggu dingin karena airnya akan terasa lengket) dan yang kedua adalah dengan dipanggang tanpa minyak, lalu campurkan ke dalam air putih dan minum. Bisa juga langsung dimakan tanpa dicampur minuman, cacing tanah sendiri tidak ada rasanya. Resep ini untuk 3x minum/makan dalam sehari.

  1. Cengkeh

Obat sakit tipes alami berikutnya adalah cengkeh. Sebagai bumbu masakan, cengkeh bisa dengan mudah dicari di pasar-pasar tradisional ataupun di supermarket. Pemanfaatannya untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan cara direbus. Untuk penyajian 1 hari, cukup 8 batang cengkeh direbus ke dalam 8 gelas air. Biarkan mendidih dan menguap hingga tersisa setengahnya. Diminum sedikit demi sedikit dalam rentang satu hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari hingga kondisi membaik.

  1. Bawang Putih

Selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, bawang putih dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk salah satunya sebagai obat penyakit tipes. Kemampuan bawang putih untuk mengatasi bakteri sangat berguna untuk melawan Salmonella Typhi, bakteri penyebab sakit tipes. Bawang putih juga dikenal dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, sehingga juga dapat mempercepat penyembuhan dari penyakit ini. Untuk mengobati tipes, makan 2 siung bawang putih setelah makan, lakukan sekitar 3x sehari selama beberapa sehari secara teratur.

Di halaman 2 masih ada beberapa lagi obat sakit tipes dari bahan alami yang bisa Anda coba, baca juga tentang tips-tips mengobati tipes di halaman tersebut.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *