invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Penyebab Sering Sakit Kepala yang Harus Diwaspadai

Berbagai Penyebab Sering Sakit Kepala yang Harus DiwaspadaiTak bisa dipungkiri bahwa penyebab sering sakit kepala setiap orang pasti beragam dan berbeda-beda satu sama lain. Meskipun memang ada beberapa penyebab umum yang bisa membuat orang mengalami sakit kepala. Biasanya sakit kepala bisa dinilai sebagai suatu pertanda terjadinya suatu penyakit di dalam tubuh. Contoh paling sederhana adalah ketika Anda terserang influenza, selain batuk pilek Anda pasti juga akan mengalami sakit kepala. Namun memang rasa sakit kepala saat influenza kadarnya berbeda ketika seseorang terkena kanker atau penyakit keras lainnya. Dan memang setiap sakit kepala sulit dijelaskan bagaimana rasanya, namun jika rasanya semakin sakit, biasanya ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi di dalam tubuh atau pada kepala. Nah, untuk lebih jelasnya kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang berbagai penyebab seseorang bisa sampai merasakan sakit kepala.

Penyebab Sering Sakit Kepala dalam Intensitas Ringan

Jika tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala dan hal tersebut sering terjadi, coba rasakan apakah rasa sakit yang Anda rasakan sama dengan kejadian-kejadian sebelumnya atau tidak. Jika sakitnya hanya terasa sedikit saja, kemungkinan penyebab sakit kepalanya pun karena masalah-masalah yang ringan pula. Ada banyak penyebab sakit kepala baik dari faktor lingkungan sekitar ataupun faktor dari dalam diri sendiri.

Salah satu penyebab sering sakit kepala yang mungkin bisa terjadi pada semua orang adalah karena faktor cuaca. Terkadang ketika cuaca dingin tiba-tiba berubah menjadi panas, hal tersebut bisa mengakibatkan Anda mengalami sakit kepala. Apalagi Anda sering berpindah-pindah lokasi dari suatu tempat yang suhunya dingin ke tempat yang panas atau sebaliknya. Perubahan tingkat tekanan udara dan kelembaban ini ternyata bisa membuat berubahnya zat kimiawi di dalam otak. Nah, hal tersebutlah yang kemudian membuat Anda menjadi sakit kepala.

Selain itu penyebab lain juga bisa diakibatkan dari dalam diri sendiri. Dan stres atau depresi bisa menjadi penyebab sakit kepala yang sudah sangat umum dialami oleh masyarakat. Sakit kepala yang diakibatkan oleh stres ini terjadi karena hormon pelawan stres yang tengah aktif di dalam tubuh tiba-tiba jumlahnya menurun. Nah, saluran darah akan membesar dan melakukan suatu reaksi. Hal tersebutlah yang kemudian bisa menjadi pemicu seseorang yang stres bisa mengalami sakit kepala.

Menstruasi atau haid yang dialami oleh wanita pun bisa menjadi salah satu penyebab sering sakit kepala, terutama selama seorang wanita mengalami siklus rutin tersebut. Hal ini disebabkan karena munculnya suatu hormon saat wanita mengalami menstruasi. Penyebabnya adalah menurunnya hormon estrogen yang ada di dalam tubuh dan akhirnya memicu wanita yang haid atau menstruasi mengalami sakit kepala.

Nah, yang harus Anda waspadai lagi adalah ketika Anda sedang melakukan diet. Diet memang menjadi suatu kegiatan yang bisa membuat tubuh Anda sehat. Namun jika cara yang Anda lakukan salah, ternyata hal tersebut juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya sakit kepala, loh. Hal ini biasanya diakibatkan karena Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan seperti keju yang lembut, coklat, buah-buahan yang rasanya asam, daging yang sudah diawetkan, kacang-kacangan, atau mengonsumsi makanan yang mengandung MSG.

Selain yang telah diuraikan diatas, sakit kepala juga bisa jadi merupakan gejala suatu penyakit atas akibat dari masalah kesehatan yang serius. Baca selengkapnya di halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *