invisible bg invisible ico

Berbagai Penyebab Penyakit Jantung yang Wajib Anda Ketahui

Berbagai Penyebab Penyakit Jantung yang Wajib Anda KetahuiPenyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua terbanyak di Indonesia setelah penyakit stroke. Mengetahui berbagai penyebab penyakit jantung menjadi sebuah informasi dan langkah tepat mencegah terjadinya penyakit jantung pada diri Anda. Terdapat tiga jenis penyakit jantung termasuk di dalamnya adalah penyakit jantung  koroner, penyakit jantung rematik dan penyakit jantung kongenital.

Penyebabnya pun sangat beragam. Sebelum memasuki penjelasan mengenai berbagai penyebab penyakit jantung, akan sedikit dibahas mengenai tiga tipe penyakit jantung yang sering terjadi pada penduduk di Indonesia. Kemudian akan dijelaskan pula mengenai berbagai penyebab penyakit jantung dengan singkat, padat dan jelas. Selamat membaca!

Mengetahui Jenis Penyakitnya Sebelum Mengetahui Penyebab Sakit Jantung

Pada paragraph sebelumnya, telah disebutkan bahwa terdapat tiga jenis penyakit jantung yang sering terjadi pada penduduk di Indonesia. Berikut detail penjelasanya:

  • Penyakit Jantung/Pembuluh Darah Koroner

Penyakit jantung koroner merupakan penyebab dan pembunuh pertama dari kematian global di dunia akibat penyakit jantung (AHA, 2017). Penyakit ini terjadi pada pembuluh darah yang mengaliri jantung.

Faktor resiko terjadinya penyakit ini antara lain adalah tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, konsumsi rokok, diet atau pola makan yang tidak sehat, kurang beraktivitas fisik, diabetes, penuaan dan faktor genetis.

Faktor lain yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner antara lain kemiskinan, rendahnya pendidikan, depresi, peradangan dan adanya gangguan dalam fungsi pembekuan dalam darah.

  • Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik adalah sebuah penyakit kerusakan pada katup jantung yang disebabkan oleh bakteri streptococcus. Penyakit yang terjadi dapat berupa penyempitan dan kebocoran terutama pada salah satu katup jantung sebelah kiri (katup mitral).

Bakteri streptococcus yang menyebar dari infeksi saluran pernafasan atas adalah jenis bakteri yang dapat hinggap pada katup jantung, sehingga antibodi dalam tubuh secara tidak sadar menyerang katup jantung. Menyebabkan penyempitan dan kebocoran pada area ini. Demam rematik selalu mendahului terjadinya penyakit jantung rematik.

  • Penyakit Jantung Kongenital

Penyakit jantung ketiga yang akan dibahas adalah penyakit jantung kongenital atau bawaan. Penyakit ini terjadi ketika terjadi malformasi atau kegagalan organ jantung untuk bertumbuh dengan normal ketika seorang bayi berada dalam kandungan.

Berbagai faktor seperti faktor genetis, atau efek samping obat-obatan yang digunakan seorang Ibu ketika sedang mengandung. Gejala yang dapat muncul antara lain lubang pada jantung, kelainan katup jantung, dan kelainan ukuran bilik dan serambi di dalam jantung.

Beberapa faktor yang dapat meningkatan resiko terjadinya penyakit jantung kongenital antara lain konsumsi alkohol dan obat-obatan (obat immunomodulator dan pengencer darah) ketika hamil, infeksi ketika kehamilan, kekurangan nutrisi pada masa kehamilan (rendahnya konsumsi folat selama kehamilan) dan adanya hubungan darah atau kerabat yang dekat antara ayah dan ibu sang bayi.

Kemudian Apakah Penyebab dan Pencegahan Terjadinya Penyakit Jantung?

Setelah mengetahui berbagai penyakit jantung, berikut akan dijelaskan dengan detail mengenai beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang masih bisa diubah. Inilah penjelasannya:

  • Pola Hidup yang Tidak Sehat

Berbagai faktor resiko penyakit jantung koroner, jantung rematik maupun jantung kongenital telah disebutkan pada paragraf di atas. Mengubah pola hidup yang tidak sehat dengan menghindari rokok dan alkohol, konsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang, serta rain berolahraga.

Jika Anda seorang “pecandu” rokok, memang tidak mudah menghilangkan kebiasaan merokok yang telah terbentuk lama. Hal yang dibutuhkan bagi seorang pecandu rokok untuk berhenti merokok adalah keinginan, kehendak serta keputusan perokok sendiri.

Yang dapat dilakukan pertama adalah mengetahui berbagai bahaya merokok. Seorang perokok akan berpikir ulang ketika telah mengetahui bahaya nya merokok dan akan berusaha mencari orang yang dapat membantunya lepas dari rokok.

Selanjutnya, apabila komitmen sudah tertancap dalam diri seorang perokok untuk mulai berhenti merokok mulailah dengan menetapkan tanggal target Anda akan memulai berhenti merokok. Targetnya bisa tanggal kelahiran atau tanggal pernikahan Anda. Beritahukan pada lingkungan termasuk keluarga dan teman disekeliling Anda, sehingga mereka akan memberikan dukungan.

Jauhi orang maupun keadaan yang mengingatkan pada aktivitas merokok. Milikilah aktivitas berolahraga dan berkeringat sekitar 20 – 30 menit setiap harinya. Jika keinginan merokok datang, cobalah alihkan dengan menarik nafas panjang, tahan dalam dada sekitar 15 detik kemudian hembuskan perlahan. Keinginan kuat untuk merokok akan bertahan sekitar 2 hingga 3 menit saja, dan akan menghilang dengan sendiri.

Ketika sudah berhasil lepas dari kebiasaan merokok, pertahankan usaha Anda. Berilah penghargaan pada diri Anda. Penghargaan positif yang didapatkan dari keluarga dan teman terdekat akan semakin menguatkan komitmen Anda untuk berhenti merokok.

Memulai hidup sehat memang tidak mudah, terlebih jika dalam kasusnya Anda seorang diri dan tidak mendapat dukungan yang positif dari lingkungan. Ajaklah pasangan dan keluarga terdekat Anda untuk mengawali hidup sehat.

  • Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi saluran pernafasan dapat menjadi penyebab terjadinya berbagai gangguan pada jantung. Meningkatkan daya tahan tubuh semenjak dini, menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya penyakit jantung.

Seperti halnya pada poin mengubah pola hidup sehat. Membiasakan kegiatan positif seperti berolahraga rutin, makanan sehat dan seimbang, konsumsi air yang cukup, memiliki waktu tidur yang cukup dan selalu menjaga kebersihan tangan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit infeksi.

Konsumsi makanan dan buah yang sehat serta banyak mengandung antioksidan dapat membantu Anda dan anggota keluarga tercegah dari terjadinya berbagai penyakit jantung akibat infeksi dan peradangan. Sediakan selalu menu sayur dan buah di meja makan untuk keseimbangan menu Anda dan keluarga.

Memang harga makanan sehat tidaklah murah, namun biaya yang harus Anda keluarkan untuk berobat ketika sudah jatuh sakit terlebih penyakit jantung justru akan melebihi biaya menu buah dan sayuran sehat yang Anda hidangkan setiap harinya.

Penuhi kebutuhan tubuh untuk beristirahat, sekurangnya 7 hingga 8 jam per harinya. Hindari begadang, karena begadang akan melemahkan imunitas tubuh. Terlebih kopi yang Anda minum ketika begadang, dapat membuat jantung bekerja melampaui batas kemampuan. Penyakit jantung yang lain seperti gangguan ritme jantung dapat terjadi akibat konsumsi kopi serta minuman berenergi yang berlebihan.

  • Masalah Kesehatan yang Terjadi Ketika Hamil

Penyakit jantung kongenital utamanya banyak disebabkan oleh masalah kesehatan yang terjadi pada usia janin. Infeksi berbagai virus dan parasit seperti yang telah tersebut sebelumnya. Menjaga kesehatan tetap optimal ketika hamil menjadi kewajiban bagi seorang Ibu.

Antara lain yang dapat Ibu lakukan adalah pemenuhan nutrisi secara optimal, menghindari penyakit infeksi selama kehamilan serta menghindari konsumsi berbagai bahan berbahaya bagi janin seperti rokok, alkohol dan bijak menggunakan obat-obatan ketika hamil.

Terdapat 4 jenis parasit dan virus yang dapat menyebabkan infeksi selama kehamilan antara lain Toksoplasma, rubella, Cytomegalovirus dan Herpes. virus Berbagai virus ini utamanya virus toksoplasma dapat menyebar melalui tinja hewan peliharaan yang tidak segera dibersihkan. Beberapa hal harus dihindari saat hamil muda.

Sangat penting bagi Ibu untuk menghindari atau mengurangi kontak dengan hewan peliharaan ketika hamil. Selain itu juga perlu untuk menghindari konsumsi sumber makanan mentah atau setengah matang untuk mencegah terjadi penularan berbagai virus dan parasit berbahaya yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Demikian informasi mengenai berbagai penyebab penyakit jantung sesuai dengan tiga jenis penyakit jantung yang umum terjadi di masyarakat Indonesia. Juga disertai beberapa tips untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Semoga artikel ini bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *