invisible bg invisible ico

Berbagai Penyebab Migrain Sebelah Kanan yang Sering Terjadi

Berbagai Penyebab Migrain Sebelah Kanan yang Sering TerjadiAnda mungkin bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab migrain sebelah kanan, oleh karena itu simaklah artikel berikut ini. Sakit kepala tidak hanya terjadi pada seluruh kepala, tetapi dapat juga terjadi pada salah satu bagian saja. Kondisi inilah yang disebut sebagai migrain. Migrain atau sakit kepala sebelah dapat terjadi pada bagian kanan atau bagian kiri. Menderita migrain tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada saat momen-momen penting. Apa lagi seseorang yang menderita migrain biasanya akan mengalami serangan berulang atau kekambuhan. Hal ini tentunya membuat penderinya merasa cemas jika sewaktu-waktu migrainnya kambuh.

Migrain pada umumnya dirasakan sebagai rasa nyeri berdenyut pada salah satu sisi bagian kepala. Rasa nyeri biasanya bertambah parah jika melakukan aktifitas atau adanya suara berisik atau cahaya yang berlebihan. Gejala ini juga dapat disertai dengan mual atau muntah. Migrain dapat berlangsung ringan ataupun berat. Pada migrain yang sifatnya ringan biasanya dapat mereda setelah beristirahat atau minum obat penghilang nyeri. Namun pada migrain yang berat biasanya susah sembuh walaupun sudah minum obat sakit kepala dan migrain datang dengan intensitas yang sering sehingga tentunya akan sangat menyiksa.

Berbagai Penyebab Migrain Sebelah Kanan Paling Umum

Migrain sebelah kanan dapat dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun orang tua, anak kecil sampai lansia. Migrain seringkali disebabkan oleh mulfifaktor sehingga terkadang sulit untuk didiagnosis. Bahkan ada orang yang mengalami migrain di sepanjang hidupnya namun hanya berlangsung ringan tanpa mengalami kondisi yang serius. Tetapi pada beberapa kasus migrain sebelah kanan dapat menjadi pertanda adanya penyakit berbahaya. Berikut ini adalah 10 hal yang dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan:

1. Susah tidur atau insomnia

Susah tidur atau insomnia dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan sebab dapat menyebabkan ketegangan di berbagai jaringan tubuh termasuk di otak. Tidur yang nyenyak juga dapat membuat sel-sel bekerja secara optimal dan tubuh lebih segar. Oleh karena itu tidur yang sehat yang direkomendasikan adalah selama 7-8 jam dalam sehari. Tetapi tidur yang terlalu berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan karena justru akan membuat peredaran darah dan metabolisme tubuh tidak lancar.

2. Stres/depresi

Stres atau depresi pada seseorang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan termasuk menyebabkan migrain sebelah kiri. Anda tentunya pernah merasakan ketika menghadapi banyak masalah biasanya akan menyebabkan kepala terasa pusing. Aktifitas pekerjaan yang semakin padat tanpa diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup menyebabkan masyarakat modern saat ini lebih rawan untuk menderita stres.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Hal ini dikarenakan pada orang obesitas maka kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih berat sehingga tidak terdistribusi secara optimal. Padahal darah berisi nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh sel dan jaringan tubuh termasuk di otak. Kekurangan nutrisi serta oksigen ke otak ini yang sering menimbulkan orang menderita migrain.

4. Gerakan atau posisi tubuh yang salah

Anda mungkin pernah merasakan setelah bangun tidur badan menjadi sakit semua dan kepala menjadi pusing. Anda harus berhati-hati sebab posisi Anda yang salah ketika tidur juga dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Jadi posisikan badan Anda terutama bagian kepala senyaman mungkin ketika menjelang tidur, dan gunakan alas tidur serta bantal yang empuk. Selain posisi tidur, melakukan gerakan yang salah saat berolahraga juga dapat menimbulkan cidera sehingga dapat menyebabkan migrain yang berkepanjangan. Oleh karena itu biasakan melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda.

5. Suhu yang terlalu panas dan dehidrasi

Penyebab migrain sebelah kanan yang berikutnya yaitu suhu yang terlalu panas serta kekurangan cairan atau dehidrasi. Kedua hal ini merupakan hal yang berhubungan. Sebab ketika Anda berada pada suhu yang panas tanpa diimbangi dengan cairan yang cukup maka sangat berisiko menimbulkan sakit kepala. Panas yang menyengat dapat membuat saraf lebih tegang dan tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan melalui keringat.

6. Pengaruh hormon

Hormon juga dapat berpengaruh terhadap timbulnya migrain sebelah kanan. Hal ini sering terjadi pada wanita terutama hamil atau datang bulan/menstruasi. Kondisi ini juga dapat terjadi pada wanita pada transisi menjelang menopause atau pada pria yang mengalami penurunan hormon testosteron (andropause).

7. Adanya gangguan pada gigi atau saluran THT

Sakit gigi dan adanya gangguan pada saluran THT (Telinga Hidung Tenggorokan) juga dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Sebagaimana kita ketahui, bahwa di area gigi, banyak terdapat ujung saraf yang terhubung dengan otak. Itulah sebabnya jika gigi kita sakit, maka akan mudah sekali mengalami sakit kepala termasuk migrain. Sedang gangguan pada THT misalnya sinusitis atau rinitis juga berisiko menyebabkan migrain.

8. Sumbatan pada pembuluh darah

Sumbatan pada pembuluh darah pada umumnya disebabkan oleh lemak jahat atau kolesterol. Sumbatan sering terjadi pada arteri koronaria sehingga menimbulkan penyakit jantung koroner dan dapat juga terjadi pada pembuluh darah menuju otak sehingga menimbulkan stroke. Kondisi tersebut salah satunya dapat ditandai dengan timbulnya migrain sebelah kanan.

9. Adanya infeksi pada otak

Adanya infeksi pada otak, seperti meningitis atau ensefalitis juga dapat menjadi penyebab migrain sebelah kanan. Meningitis merupakan radang selaput otak yang disebabkan oleh bakteri meningitis meningokokus. Sedangkan ensefalitis adalah inflamasi pada jaringan otak yang pada umumnya disebabkan oleh virus.

10. Tumor otak

Tumor otak merupakan tumbuhnya sel liar di dalam otak sehingga membentuk massa yang tumbuh di dalam otak. Massa tersebut dapat semakin membesar sehingga mengganggu sel-sel yang sehat serta menghambat distribusi oksigen ke otak sehingga dapat memicu timbulnya migrain sebelah kanan.

Untuk mencegah migrain sebelah kanan, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan mengurangi makanan berlemak atau berkolesterol tinggi, menghindari rokok, mengurangi konsumsi kafein, makan secara teratur/tidak telat makan, dan mengkonsumsi cairan yang cukup. Lakukan olahraga secara rutin dan teratur, tetapi hal yang perlu diingat adalah lakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari efek yang timbul karena gerakan tubuh yang salah yang salah satunya dapat menimbulkan migrain. Anda juga harus memiliki istirahat yang cukup, hindari kebiasaan sering begadang karena dapat memicu kekambuhan pada migrain. Selalu ciptakan pikiran yang tenang dan rileks agar terhindar dari stres atau depresi.

Anda perlu waspada jika migrain sebelah kanan yang Anda alami bertambah parah, antara lain ditandai dengan nyeri yang hebat (tidak mereda meskipun telah mengkonsumsi obat sakit kepala), nyeri kepala datang dua kali dalam seminggu atau bahkan hampir setiap hari, dan timbulnya gejala penyerta seperti demam, gangguan penglihatan, kejang, sulit bicara, kebas atau kelumpuhan pada anggota tubuh. Jika terdapat tanda-tanda tersebut maka segera konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *