invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Penyebab Hb Rendah pada Anemia yang Umum Terjadi

Berbagai Penyebab Hb Rendah pada Anemia yang Umum TerjadiMungkin Anda penah menderita Hb rendah, namun tahukah Anda penyebab Hb rendah yang Anda alami? Artikel berikut ini akan membahas berbagai hal yang dapat menyebabkan seseorang memiliki Hb rendah. Menderita Hb rendah atau yang sering disebut sebagai anemia merupakan suatu keadaan di mana sel darah merah kekurangan Hb (Hemoglobin). Hemoglobin merupakan zat penting di dalam sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh tubuh. Jika kadar Hb dalam darah kurang dari normal, maka transportasi oksigen ke suluruh jaringan tubuh akan terhambat sehingga menimbulkan berbagai keluhan.

Kadar hemoglobin normal dalam darah mempunyai standar yang berbeda berdasarkan jenis kelamin maupun kelompok umur. Laki-laki dewasa nilai Hb normalnya yaitu 13,5 – 18,0 gram/dl, wanita dewasa 12 – 16 gram/dl, wanita hamil 10 – 15 gram/dl, anak-anak 11 – 16 gram/dl, bayi bawah tiga tahun (batita) 9 – 15 gram/dl, bayi (0-1 tahun) 10 – 17 gram/dl, neonatus (bayi baru lahir) 14 – 27 gram/dl. Orang yang memiliki Hb rendah mempunyai ciri-ciri antara lain yaitu badan mudah lelah, kurang bersemangat, mudah sakit kepala, wajah pucat, rambut mudah rontok, ujung jari pucat, bagian dalam kelopak mata (konjutiva) berwarna pucat, denyut jantung tidak teratur, kekebalan tubuh menurun, dan dapat terjadi sesak nafas.

Berbagai Hal yang Menjadi Penyebab Hb Rendah

Seseorang terkadang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki Hb yang rendah. Mungkin dia hanya merasakan tubuhnya sering lemah, letih, dan lesu dan setelah dilakukan test darah ternyata kadar hemoglobinnya rendah. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan berbagai kondisi yang menjadi penyebab Hb rendah seperti yang dipaparkan berikut ini:

  1. Kekurangan zat besi

Penyebab Hb rendah yang utama yaitu kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi merupakan unsur utama pembentuk sel darah merah. Oleh karena itu jika zat besi dalam tubuh sedikit maka kadar hemoglobin pun juga rendah. Sangat penting untuk menyediakan makanan yang banyak mengandung zat besi dalam menu harian Anda agar terhindar dari anemia.

Makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain yaitu daging yang berwarna merah, ayam, seafood, hati, sayuran berwarna hijau, telur dan susu. Jika mengalami kekurangan zat besi, Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen zat besi yang banyak dijual di apotik.

  1. Gangguan penyerapan zat besi

Ada beberapa kasus yang terjadi bahwa walaupun seseorang telah mengkonsumsi suplemen maupun makanan yang mengandung zat besi, namun kadar Hb nya juga masih rendah. Dalam kasus seperti ini maka ada kemungkinan bahwa penyebab Hb rendah yaitu karena adanya gangguan penyerapan zat besi. Gangguan penyerapan zat besi oleh tubuh dapat terjadi karena zat-zat tertentu yang justru bersifat mengikat zat besi sehingga tubuh mengalami kesulitan untuk menyerap zat besi tersebut.

Zat-zat yang dapat menghalangi penyerapan zat besi tersebut antara lain yaitu polifenol, asam fitrat, dan asam oksalat. Zat polifenol terdapat dalam bumbu bawang merah, cabai, paprika, teh, dan kopi. Asam fitrat terkandung dalam gandum utuh dan aneka kacang-kacangan, sedangkan asam oksalat terkandung dalam wortel, ubi, kopi, cokelat, dan teh hitam.

Sehingga disarankan apabila Anda mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung zat besi jangan bersamaan dengan makanan tersebut di atas. Jika ingin memakannya, berilah jeda waktu minimal satu jam.

  1. Berkurangnya produksi eritrosit

Berkurangnya produksi eritrosit merupakan salah satu penyebab Hb rendah yang biasanya disebabkan karena adanya gangguan/kelainan pada sunsum tulang belakang. Sunsum tulang belakang merupakan tempat produksi sel darah merah/eritrosit, sehingga jika mengalami gangguan maka produksi Hb pun juga akan menurun.

Gangguan tersebut biasanya terjadi karena adanya kelainan genetik yang di mana sunsum tulang belakang susah memproduksi eritrosit (aplastic anemia) atau karena proses penghancuran sel darah merah yang terlalu cepat tanpa diimbangi kemampuan sunsum tulang belakang untuk menghasilkan sel darah merah pengganti (hemolytic anemia).

  1. Perdarahan

Hb rendah juga dapat disebabkan akibat perdarahan. Berkurangnya volume darah dari dalam tubuh manusia sacara otomatis akan menurunkan zat hemoglobin. Perdarahan dapat terjadi karena berbagai sebab, antara lain yaitu karena kecelakaan, wanita melahirkan, wanita yang sedang mengalami menstruasi, tindakan operasi, mimisan, batuk darah, muntah darah, BAB atau BAK berdarah, maupun pecahnya pembuluh darah di jaringan tubuh.

  1. Kelainan antibodi

Kelainan antibodi juga dapat menjadi penyebab Hb rendah. Dalam keadaan yang normal, antibodi seharusnya melindungi sel darah merah. Tetapi karena adanya kelainan autoimun, maka antibodi ini justru menghancurkan sel darah merah di dalam tubuh, sehingga kadar Hb seseorang menjadi rendah.

  1. Kekurangan nutrisi tertentu

Seseorang yang menderita Hb rendah juga dapat disebabkan karena kekurangan nutrisi tertentu. Selain zat besi yang telah diterangkan di atas, ada beberapa nutrisi penting sebagai pembentuk sel darah merah. Nutrisi tersebut yaitu Vitamin B12, Asam folat, dan vitamin C. Jika seseorang kekurangan salah satu nutrisi tersebut maka dapat memicu terjadinya penyakit anemia.

Vitamin B12 banyak terdapat pada berbagai jenis ikan, kerang, keju, telur, dan daging-dangingan. Asam folat banyak terdapat pada bayam, kubis, brokoli, asparagus, seledri, selada, jagung, pisang, tomat, alpukat, dan pepaya. Sedangkan vitamin C banyak terkandung di dalam buah jambu biji, jeruk, stroberi, buah kiwi, tomat, nanas, dan anggur.

  1. Menderita suatu penyakit

Penyebab Hb rendah yang berikutnya yaitu karena menderita suatu penyakit. Ada berbagai penyakit yang dapat mengganggu pembentukan sel darah merah baik secara langsung maupun tidak langsung. Penyakit tersebut antara lain yaitu leukemia (kanker darah), gagal ginjal, talasemia, ulkus peptikum, polip di saluran pencernaan, dan berbagai jenis penyakit infeksi/menular seperti HIV/Aids, Demam Berdarah Dengue (DBD), hepatitis, dan infeksi cacing tambang.

  1. Pengaruh obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu ternyata juga dapat menjadi penyebab Hb rendah. Obat tersebut antara lain yaitu obat maag (antasid), ibuprofen, aspirin, dan berbagai obat kanker (kemoterapi). Obat-obatan tersebut biasanya dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan penyerapan zat besi sehingga kadar hemoglobin turun. Selain obat-obatan, zat alkohol juga dapat menyebabkan Hb rendah dikarenakan dapat meracuni sunsum tulang belakang yang merupakan tempat uutuk memproduksi sel darah merah.

  1. Kelainan bentuk sel darah merah

Kelainan bentuk sel darah merah juga merupakan salah satu penyebab Hb rendah. Kelainan yang sering terjadi yaitu bentuk darah merah seperti sabit (sickle cell anemia). Kelainan ini menyebabkan sel darah merah mati secara prematur sehingga menyebabkan berkurangnya sel darah merah secara kronis.

Untuk mengatasi hemoglobin rendah, hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan memperbanyak asupan zat besi, vitamin B12, asam folat, dan vitamin C. Selain itu, lakukan pola hidup sehat seperti olahraga secara teratur, hindari minuman beralkohol, istirahat yang cukup, menghindari aktifitas yang terlalu berat, banyak minum air putih, dan hindari stres. Jika Anda mengalami Hb rendah atau gejala anemia yang berlangsung lama, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mengetahui penyebabnya dan mendapatkan solusi pengobatan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *