invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Pengobatan Asam Urat yang Diberikan Dokter

Berbagai Pengobatan Asam Urat yang Diberikan DokterPrinsip pengobatan asam urat yang diberikan oleh dokter jika anda terbukti memiliki penyakit ini sebenarnya terdiri dari 2 hal, yakni meredakan gejala yang timbul saat fase akut dan juga mempertahankan kadar asam urat dalam tubuh agar gejala tersebut tidak terulang kembali. Penyakit asam urat dikenal dengan istilah gout arthritis dalam ilmu kedokteran, penyebab timbulnya penyakit ini adalah terbentuknya kristal asam urat di dalam jaringan yang akan menimbulkan sensasi nyeri.

Terbentuknya kristal yang secara mikroskopis berbentuk jarum ini dapat dicetuskan oleh 2 hal, baik produksinya yang berlebihan maupun pengeluarannya dari tubuh melalui ginjal yang tidak optimal. Kadar asam urat dalam darah yang normal baik bagi seorang pria maupun wanita rata-rata adalah di bawah 7 mg/dL dan dalam posisi ini jarang sekali ditemukan pembentukan kristal asam urat. Untuk itulah di dalam artikel ini kita akan mengenal berbagai pengobatan asam urat yang diberikan oleh dokter baik dalam bentuk anjuran maupun dalam bentuk obat-obatan.

Berbagai Anjuran Pengobatan Asam Urat oleh Dokter

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dasar permasalahan dari penyakit asam urat adalah produksinya yang berlebih maupun pengeluarannya yang tidak optimal. Secara normal tubuh kita memproduksi asam urat sebagai produk akhir dari pemecahan inti sel manusia, sehingga jika asupan makanan yang kita makan mengandung terlalu banyak purin (bahan pembentuk asam urat di dalam tubuh) maka gejala nyeri sendi akan sangat mudah tercetus.

1. Pengobatan untuk meredakan gejala akut penyakit asam urat

Pengobatan asam urat yang pertama akan kita bahas adalah bagaimana caranya untuk meredakan gejala akut penyakit asam urat. Pada saat mengalami fase akut penyakit asam urat penderitanya akan merasakan nyeri hebat, biasanya pada ujung-ujung alat gerak (ibu jari kaki merupakan lokasi khas dari penyakit asam urat) serta disertai dengan tanda peradangan lain seperti perubahan warna menjadi lebih merah, bengkak dan terasa hangat pada daerah tersebut.

Pengobatan asam urat guna mengurangi gejala tidak menyenangkan seperti di atas biasanya dilakukan dokter dengan memberikan anda pengurang rasa sakit yang berasal dari golongan OAINS (Obat Anti Inflamasi Non-Steroid) seperti Natrium diclofenac dan Indometasin. Pengobatan dengan sejumlah obat dari golongan OAINS ini biasanya akan memberikan efek gangguan pencernaan seperti maag, sehingga penggunaannya tetap harus berdasarkan resep dari dokter dan bila perlu dokter juga akan meresepkan obat maag.

Selain dengan menggunakan OAINS, sebagai penderita asam urat anda mungkin akan diresepkan obat bernama colchicine. Obat ini merupakan pilihan pengobatan asam urat yang sering diresepkan oleh dokter bagi mereka yang keluhannya tetap tidak berkurang dengan menggunakan pereda nyeri OAINS. Mekanisme obat colchicine ini adalah untuk mencegah berkumpulnya sel-sel pertahanan tubuh penyebab radang yang disebut neutrofil, ke daerah tempat terdapatnya kristal asam urat tersebut sehingga secara tidak langsung mengurangi gejala asam urat yang timbul.

2. Pengobatan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah

Selanjutnya merupakan pengobatan asam urat yang ditujukan agar penderita asam urat berlebih tidak mengalami fase akut yang menyakitkan. Fase akut dari penyakit gout arthritis atau penyakit asam urat ini hanya akan terjadi jika seseorang mengalami kelebihan asam urat di dalam tubuhnya dan tidak dikeluarkan dengan baik, untuk itulah dokter akan meresepkan jenis obat yang akan menekan produksi asam urat di dalam tubuh. Selain menggunakan obat-obatan penekan produksi asam urat dokter juga menggunakan golongan obat yang dikenal dengan istilah urikosurik yakni golongan obat yang mekanisme kerjanya akan meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh melalui ginjal.

Salah satu contoh obat yang sangat sering digunakan untuk menekan produksi asam urat di dalam tubuh adalah allopurinol. Allopurinol adalah sebuah obat yang memiliki mekanisme kerja menghambat sebuah enzim yang penting dalam pembentukan asam urat yang dikenal dengan nama Xantin oksidase, dengan menghambat kerja enzim ini maka pembentukan asam urat pun berkurang. Selain allopurinol, pengobatan asam urat juga bisa menggunakan obat bernama Probenesid yang tidak lain adalah golongan obat urikosurik untuk meningkatkan pengeluaran asam urat melalui ginjal penderitanya. Pengunaan Probenesid pada penderita asam urat harus dilakukan jika dokter sudah memastikan terlebih dahulu bahwa ginjal dan saluran kencing anda berada dalam keadaan normal.

Itulah mengapa sangat penting bagi seorang penderita asam urat untuk mengetahui dasar penyebab asam urat di dalam tubuhnya tinggi, baik itu disebabkan oleh pembentukannya yang berlebih, pengeluarannya yang belum optimal atau bahkan asupannya yang berlebih. Semua hal ini akan ditentukan oleh dokter yang memeriksa anda melalui sejumlah pemeriksaan dan akan sangat membantu dokter untuk menentukan terapi yang tepat bagi penyakit asam urat yang anda derita.

3. Pengobatan asam urat melalui perubahan gaya hidup

Anjuran pengobatan asam urat yang terakhir namun tidak kalah penting adalah perubahan gaya hidup bagi penderita penyakit asam urat ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab seseorang mengalami gejala asam urat adalah pembentukan asam urat karena kadarnya yang terlalu tinggi di dalam tubuh. Untuk itulah penderita asam urat harus mengatur menu makanan mereka sehingga asupan purin dari luar tidak begitu banyak dan menimbulkan penumpukan asam urat. Hindari mengkonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi seperti jengkol, daging jeroan (hati, ginjal, otak, jantung) serta makanan laut seperti kerang, kepiting dan udang.

Tidak hanya memperhatikan makanan, penderita penyakit asam urat harus menghindari konsumsi alkohol karena dengan mengkonsumsi alkohol anda akan meningkatkan risiko terkena serangan akut dari penyakit ini. Alkohol dan minuman-minuman sejenisnya diketahui mengandung kadar purin yang cukup tinggi untuk menimbulkan pembentukan kristal asam urat di dalam jaringan. Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak sehingga dapat melancarkan pengeluaran asam urat yang berlebih dari dalam tubuh.

Selain itu konsumsi vitamin C juga diduga merupakan salah satu pengobatan asam urat yang dapat dicoba oleh penderitanya. Hal ini disebabkan vitamin C dapat bekerja seperti agen urikosurik yang meningkatkan pengeluaran asam urat melalui ginjal. Anda bisa mengkonsumsi vitamin C sebanyak 500 mg/hari, akan tetapi sebelum melakukannya anda tetap harus mendiskusikan hal ini dengan dokter yang memeriksa anda.

Demikianlah sejumlah penjelasan kami mengenai berbagai pengobatan asam urat yang sering kali diberikan oleh dokter. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pengobatan asam urat harus didasarkan pada penyebabnya, sehingga penting bagi anda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab penyakit ini dan juga terapi yang tepat. Selain itu dengan mengubah pola hidup yang sehat maka risiko terkena penyakit asam urat juga akan berkurang. Akhir kata, semoga artikel ini berguna untuk menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *