invisible hit counter invisible bg invisible ico

Berbagai Obat Gatal Alergi pada Kulit yang Terbukti Efektif

Penyakit gatal akibat berbagai alergi bukanlah penyakit yang jarang ditemui di masyarakat, sehingga obat gatal alergi pun menjadi informasi yang sering dicari oleh banyak orang. Penyakit yang disebabkan oleh alergi seseorang terhadap berbagai macam pencetus ini juga beragam loh! Ada penderita alergi yang memiliki gejala gatal-gatal kulit setiap terkena pencetus alerginya, sebagian lain penderita alergi bisa saja mengalami gejala bersin-bersin, flu hingga terkena asma. Pencetus alergi pada seseorang dikenal dengan istilah alergen, alergen ini pun bermacam-macam dan tidak selalu sama untuk semua orang.

Sama halnya dengan alergen dan gejala yang tidak selalu sama pada penderita alergi, obat gatal alergi pun tidak selalu sama untuk semua orang karena pemberiannya didasari pada berat ringannya keluhan dan seberapa berpengaruhnya keluhan tersebut pada kehidupan penderitanya. Untuk itu di dalam artikel ini kita akan membahas beberapa obat gatal alergi yang sering diresepkan dokter baik berupa obat luar, obat minum bahkan tanpa obat.

Daftar Obat Gatal Alergi yang Sering Diresepkan Dokter

Kita tentu mengenal berbagai jenis alergi yang dialami oleh orang-orang disekitar kita atau bahkan dialami oleh diri kita sendiri.  Alergi di dalam dunia medis merupakan suatu reaksi dari tubuh sebagian orang terhadap alergen yang masuk ke dalam tubuhnya yang dikenal dengan istilah reaksi hipersensitivitas (terutama hipersensitivitas tipe I). Pemberian seluruh obat gatal alergi di bawah ini didasari oleh reaksi hipersensitivitas tersebut, untuk itu mari kita simak apa saja obat-obatan yang dimaksud.

  • Krim kortikosteroid

Obat gatal alergi pertama yang akan kita bahas adalah krim kortikosteroid, obat ini merupakan salah satu jenis obat yang pemberiannya harus atas seijin dokter. Hal ini karena perbedaan kekuatan krim kortikosteroid yang diberikan harus berdasarkan penilaian dokter terhadap masalah kulit anda. Efek kortikosteroid pada penyakit gatal alergi ini adalah sebagai anti radang sehingga gatal dan bentol-bentol kemerahan pada kulit anda bisa berkurang.

Untuk kasus gatal alergi dimana luka pada kulit anda tampak basah, dokter biasanya akan memberikan larutan khusus untuk kompres terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar lesi yang basah tersebut menjadi lebih bersih dan kering sehingga saat diberikan krim kortikosteroid, krim tersebut dapat meresap dengan baik.

Krim kortikosteroid ini diberikan sebanyak 2 kali sehari setiap sehabis mandi pada kasus gatal alergi atau setelah dikompres. Penting bagi kita semua untuk memeriksakan diri kepada dokter jika memiliki keluhan gatal di kulit, karena gatal pada kulit tidak hanya disebabkan oleh masalah alergi semata. Pada beberapa kasus seperti pada infeksi jamur misalnya, krim kortikosteroid ini justru dapat membuat keluhan anda makin parah dan berbahaya.

  • Obat anti gatal

Obat anti gatal atau dikenal dengan obat anti histamin merupakan salah satu obat gatal alergi yang diberikan oleh dokter. Obat anti histamin ini diberikan dengan cara diminum satu kali sehari. Mekanisme kerja obat anti histamin ini adalah dengan membatasi efek dari suatu substansi kimia bernama histamin di dalam tubuh yang merupakan hasil dari rangkaian reaksi hipersensitivitas pada kasus alergi. Histamin sendiri dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang pada kulit dapat menimbulkan kulit anda terlihat merah. Selain itu histamin merupakan suatu zat kimia yang berperan terhadap pada rasa gatal di tubuh manusia.

Untuk itulah sebagian besar kasus alergi apapun manifestasi  penyakit yang ditimbulkan akan selalu diresepkan obat jenis ini. Sama halnya dengan pemberian krim kortikosteroid sebelumnya, pemberian anti histamin yang diminum ini juga dianjurkan atas penilaian dokter. Hal ini disebabkan karena beberapa obat dalam golongan anti histamin dapat menyebabkan rasa kantuk, sehingga pemberiannya harus disesuaikan dengan aktivitas penderitanya.

  • Obat minum kortikosteroid

Obat gatal alergi selanjutnya adalah obat minum kortikosteroid yang diberikan pada kasus-kasus yang sangat berat dan mengganggu penderitanya. Berbeda dengan pemberian krim kortikosteroid sebelumnya, pemberian obat minum kortikosteroid harus ekstra hati-hati dan benar-benar atas pertimbangan dokter terhadap derajat keparahan alergi anda. Hal ini mengingat obat minum kortikosteroid ini memiliki sejumlah efek samping yang bisa timbul jika anda menggunakannya dalam waktu yang lama.

  • Obat antibiotik

Obat gatal alergi berikutnya yang mungkin diberikan pada penderita alergi kulit adalah antibiotik. Jenis obat yang satu ini merupakan pilihan obat yang hanya akan diberikan pada penderita dengan alergi kulit yang parah sehingga menimbulkan infeksi oleh bakteri. Sama halnya dengan obat-obatan lain sebelumnya, pemberian antibiotik ini juga harus diberikan dengan resep dokter atas penilaiannya terhadap luka atau lesi di kulit anda.

Konsumsi antibiotik ini juga membutuhkan kepatuhan anda karena harus dihabiskan. Untuk itu anda harus ingat bahwa tidak semua kasus gatal alergi akan diberikan antibitotik, jadi jangan ragu untuk memeriksakan diri anda sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu yaa pembaca sekalian.

Lalu, Adakah Obat Gatal Alergi Alami di Sekitar Kita?

Jawabannya adalah ada, bahkan terapi berikut ini tanpa menggunakan obat loh! Terapi ini dikenal dengan istilah terapi preventif atau terapi pencegahan sehingga anda tidak terpapar alergen di sekitar anda. Untuk melakukan hal ini anda perlu mengenal apa saja alergen khusus pencetus reaksi alergi di dalam tubuh.

Syukurnya ada tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui hal itu, tes yang paling baik dilakukan adalah skin prick test. Tes ini dilakukan dengan memberi paparan sejumlah alergen pada kulit anda yang sudah dilukai sedikit (hal ini dilakukan untuk membiarkan alergen dapat benar-benar menyentuh jaringan kulit) dan kemudian menunggu reaksi yang timbul setelah beberapa saat. Tes ini dapat membantu anda mengenal jenis alergen spesifik yang menyebabkan alergi dalam tubuh dan dengan demikian dapat menghindarinya.

Selain itu, beberapa terapi tanpa obat yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena sebagian besar penderita gatal alergi memiliki kulit yang kering, sehingga perlu menjaga kelembapan kulit mereka. Pilihlah sabun yang menggunakan pelembap (moisturizer) di dalamnya dan hindari menggunakan sabun dengan bahan antiseptik karena cenderung membuat kulit penderita gatal alergi makin kering.

Selain itu menjaga kebersihan dengan mandi bersih minimal 2 kali sehari juga dapat mengurangi keluhan gatal-gatal saat alergi kambuh. Bila perlu gunakan pakaian berbahan tipis dan bisa menyerap keringat serta pastikan udara di tempat tinggal anda memiliki ventilasi yang baik.

Demikianlah artikel mengenai sejumlah obat gatal alergi yang biasa diberikan oleh dokter dan beberapa terapi tanpa obat yang bisa anda lakukan di rumah. Selama anda dapat mengindari pencetus alergi maka gejala kulit dan gatal-gatal juga akan semakin jarang timbul. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama dalam menambah wawasan mengenai obat gatal  alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *