invisible bg invisible ico

Berbagai Macam Penyakit Kelamin yang Wajib Anda Waspadai

Berbagai Macam Penyakit Kelamin yang Wajib Anda WaspadaiPenyakit kelamin merupakan penyakit yang menyerang di bagian alat kelamin atau daerah di sekitarnya. Penyakit ini pada umumnya menular dan sering diidentikkan dengan Penyakit Menular Seksual (PMS). Memang tidak semua penyakit yang terjadi pada kelamin terjadi akibat penularan dari hubungan seksual, bisa saja diakibatkan karena kurangnya kebersihan atau kelembaban yang terlalu tinggi di area alat kelamin sehingga memicu timbulnya kuman. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa penyakit ini dapat menyebar dengan mudah melalui kontak seksual, oleh karena itu Anda harus selalu menjaga kesehatan organ reproduksi untuk melindungi diri sendiri dan pasangan Anda.

Penyakit kelamin dapat mudah menular karena alat kelamin dan sekitarnya merupakan area yang lembab sehingga memudahkan kuman untuk berkembang biak, baik di selaput kulit, cairan, maupun lendir pada organ reproduksi. Penyakit ini dapat menyerang laki-laki maupun perempuan, terutama pada usia produktif baik yang sudah menikah maupun belum menikah. Pada beberapa kasus memang ada beberapa jenis penyakit kelamin yang lebih mudah menyerang organ kelamin laki-laki dan demikian juga sebaliknya ada beberapa jenis penyakit yang lebih mudah menyerang organ kelamin perempuan.

Apa Saja Jenis Penyakit Kelamin yang Perlu Diwaspadai?

Organ kelamin sangat rentan ditumbuhi kuman penyakit karena daerahnya yang lembab dan sensitif. Penyakit kelamin dapat diderita oleh seseorang karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim atau pada banyak kasus tertular dari pasangannya yang terlebih dulu terinfeksi mikroorganisme penyebab penyakit. Berikut ini adalah berbagai macam penyakit kelamin yang harus Anda waspadai:

1. Gonore

Gonore disebabkan oleh bakteri yang bernama neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini sering disebut sebagai kencing nanah, sebab gejala utamanya adalah kemaluan mengeluarkan cairan seperti nanah yang berwarna putih, kuning, atau hijau. Selain itu juga ditandai dengan gejala rasa sakit atau seperti terbakar ketika kencing, sering buang air kecil, rasa sakit atau dapat terjadi perdarahan ketika berhubungan intim, gatal di sekitar alat kelamin, badan mudah lelah, dan terjadi demam. Gonore dapat terjadi pada pria maupun wanita.

2. Sifilis

Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit raja singa. Sifilis dapat diderita oleh pria ataupun wanita tetapi pada kasus yang ditemukan lebih banyak diderita oleh pria. Gejala dari sifilis antara lain yaitu adanya ruam atau luka pada alat kelamin atau didaerah sekitarnya. Kemudian ruam dapat bertambah lebar dan menyebar (dapat pula ke area sekitar mulut). Gejala ini juga diikuti demam, sakit kepala, nyeri otot dan persendian, serta kerontokan rambut. Jika tidak ditangani maka sifilis dapat menyebabkan dimensia, ketulian, kebutaan, impotensi, kelumpuhan, bahkan kematian.

3. Herpes genitalis

Herpes gemitalis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simpleks. Penyakit ini dapat menyerang pria maupun wanita. Gejala yang ditunjukkan antara lain yaitu adanya luka seperti melepuh yang berwarna kemerahan di sekitar area kemaluan. Selain itu ditandai juga dengan rasa gatal dan sakit saat buang air kecil. Virus ini dapat bersembunyi dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala namun suatu saat dapat muncul atau kambuh kembali.

4. Clamidia

Penyakit ini lebih banyak menyerang para wanita, namun laki-laki juga dapat terkena. Clamidia disebabkan oleh bakteri clamidia trachomatis. Gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu keluarnya cairan seperti keputihan dengan bau yang tidak sedap, rasa sakit atau panas ketika berkemih, rasa gatal di sekitar area kemaluan, dan rasa sakit saat menstruasi. Clamidia juga dapat menyerang daerah mata, teggorokan, dan anus. Penyakit ini dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur pada ibu hamil dan juga dapat menyebabkan kemandulan.

5. Kutil kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh virus yang bernama human papilomavirus (HPV). Penyakit ini ditandai dengan tumbuhnya kutil di area alat kelamin atau sekitar anus. Kutil ini pada umumnya tidak menimbulkan rasa sakit namun akan menimbulkan rasa gatal, kemerahan, dan perdarahan. Bahaya dari kutil kelamin adalah virus HPV penyebab penyakit ini berisiko dapat memicu timbulnya kanker, seperti kanker serviks, kanker alat kelamin, dan kanker anus.

6. Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri trichomonas. Gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu terjadinya iritasi di area organ intim, keluarnya cairan dari kemaluan berwarna keputihan atau kekuningan dan dapat berbuih/berbusa, dan rasa gatal serta sakit saat buang air kecil.

7. Scabies

Scabies atau kudis disebabkan oleh sejenis tungau yang bernama sarcoptes scabei. Penyakit ini mudah sekali menular jika seseorang memakai barang pribadi seperti handuk atau pakaian milik orang yang menderita scabies. Gejala utama dari scabies yaitu rasa gatal yang hebat terutama di malam hari. Scabies selain menyerang alat kelamin juga dapat menyerang bagian tangan, jari-jari, kaki, dan sekujur tubuh.

8. Kandidiasis

Kandidiasis disebabkan oleh infeksi jamur candida. Penyakit ini lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu keluarnya cairan seperti keputihan, rasa gatal dan panas pada alat kelamin, dan dapat terjadi infeksi saluran kemih. Penyakit ini selain menyerang alat kelamin dapat juga menyebar ke area lain seperti mata, mulut, tenggorokan, dan paru-paru.

9. Ulkus Mole

Ulkus mole meerupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri haemophilus ducreyi. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan. Penularan yang utama adalah melalui hubungan seksual, sehingga wanita pun juga dapat tertular akibat perilaku suami yang berganti-ganti pasangan. Gejala yang ditimbulkan antara lain yaitu timbulnya luka borok pada pangkal paha dan rasa sakit di area alat kelamin.

Untuk dapat mencegah timbulnya penyakit kelamin, hal yang dapat dilakukan antara lain dengan selalu menjaga kebersihan organ intim, yaitu dengan cara selalu membersihkan organ intim dengan air bersih ketika selesai berkemih, bagi yang sudah menikah sebaiknya membersihkan organ intim ketika akan berhubungan seksual dan setelahnya. Hal yang sangat penting harus Anda ingat yaitu selalu setia lah pada pasangan Anda, sebab dengan cara ini Anda akan terhindar dari penularan yang mudah sekali terjadi karena perilaku berganti-ganti pasangan. Jika salah satu pasangan menderita penyakit kelamin maka untuk sementara waktu gunakan kondom ketika akan berhubungan seksual untuk mencegah penularan.

Anda juga harus menjaga kebersihan pakaian terutama celana dalam maupun celana luar. Pakailah celana yang selalu bersih dan kering (tidak lembab) agar terhindar dari perkembangbiakan kuman serta pastikan Anda rutin berganti celana setiap hari. Anda sebaiknya juga menghindari penggunaan barang pribadi secara bergantian terutama handuk dan pakaian. Ketika memakai celana sebaiknya jangan terlalu ketat sebab akan menyebabkan daerah sekitar kemaluan mudah berkeringat sehingga memudahkan pertumbuhan kuman. Jika Anda atau pasangan menderita penyakit kelamin maka segera periksakan ke dokter agar segera diobati dengan cepat sehingga tidak bertambah parah dan rantai penularan dapat terputus .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *