invisible bg invisible ico

Berbagai Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat dengan Mudah

Berbagai Cara Meredakan Hidung TersumbatTentu sangat melelahkan ketika Anda mengalami hidung tersumbat akibat pilek, flu, alergi maupun sinusitis. Sakit kepala dapat menyertai terjadinya hidung tersumbat akibat oksigen yang kurang mengalir menuju otak. Selain itu bernafas melalui mulut juga akan melelahkan, membuat kering area mulut dan tenggorokan Anda.

Berikut akan dibahas mengenai berbagai cara meredakan hidung yang tersumbat akibat pilek, flu alergi maupun sinusitis yang dapat Anda coba. Selamat Membaca!

Obat-obatan untuk Meredakan Hidung yang Tersumbat

Hidung tersumbat terjadi ketika terdapat pembengkakan jaringan dan pembuluh darah akibat adanya cairan yang berlebih pada area hidung. Kondisi ini biasanya dapat disertai dengan adanya ingus atau cairan hidung yang mengental akibat adanya infeksi atau radang dalam saluran pernafasan.

Alergi dan sinusitis juga dapat menjadi penyebab hidung tersumbat. Pada orang yang megalami alergi, pembuluh darah di hidung dan saluran pernafasan akan berdilatasi atau membengkak. Sehingga oksigen yang masuk ke dalam paru paru dapat berkurang.

Sedangkan sinusitis adalah menumpuknya cairan ingus di dalam rongga sinus pada area wajah dan tidak dapat dikeluarkan secara normal. Hal ini menyebabkan pembuluh darah pada area hidung bengkak, dan akan terdapat rasa sumbatan pada area hidung.

Untuk mengatasi berbagai kondisi di atas, beberapa jenis obat obatan dapat digunakan. Sebagai contoh adalah obat hirup atau semprot yang digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Obat obatan hirup atau obat semprot yang mengandung antihistamin dapat mengecilkan pembuluh darah yang berdilatasi. Sehingga membuka jalan nafas dan meredakan hidung yang tersumbat.

Selain obat obatan antihistamin, terdapat juga jenis obat lain yang dapat digunakan untuk meredakan hidung tersumbat dengan cara diminum. Yakni obat yang mengandung dekongestan baik berbentuk obat sirup, tablet maupun kapsul. Seperti halnya antihistamin, dekongestan bekerja dengan mempersempit pembuluh darah yang membengkak dan melebar pada saluran pernafasan. Sehingga sumbatan hidung akan terbuka.

Penggunaan obat obatan ini tentu saja harus sesuai dengan resep dan dosis yang dianjurkan dokter. Terlebih apabila setelah penggunaan obat obatan yang tersebut di atas Anda mengalami demam, atau ingus berubah menjadi hijau.

Berbagai komplikasi akibat penggunaan yang salah dan berlebihan antara lain dapat terjadi iritasi hidung, mual, sakit kepala, gemetar dan perasaan gelisah, sulit buang air kecil pada pria, kemerahan akibat alergi obat hingga jantung berdebar dan sulit tidur.

Segera konsultasikan dengan dokter apabila Anda mengalama tanda dan gejala komplikasi yang telah tersebut di atas pada masa awal penggunaan obat obatan. Maupun ketika Anda sudah menggunakan jenis obat obatan tersebut menahun.

Tips Lain yang Dapat Anda Coba untuk Meredakan Hidung yang Tersumbat

Selain obat-obatan kimia, terdapat pula berbagai cara alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Kunci utama dalam mengatasi hidung yang tersumbat adalah menjaga kelembapan saluran pernafasan. Berikut tips dan penjelasannya:

  1. Minum Banyak Air

Tips pertama mengatasi hidung tersumbat adalah dengan meminum banyak air. Lebih baik lagi apabila air yang diminum adalah air hangat yang kemudian dicampur dengan bahan bahan herbal seperti jahe atau madu.

Asupan air yang cukup membantu menjaga kelembapan saluran pernafasan. Mengencerkan ingus yang mengalami pengentalan dan penyebab hidung yang tersumbat. Kondisi yang hangat ditambah dengan jahe ataupun madu dapat membantu menghangatkan badan dari dalam.

Ramuan jahe dan madu selain mampu menghangatkan badan, juga dipercaya banyak mengandung antioxidan yang mampu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan dalam tubuh manusia. Flu, pilek maupun sinusitis dapat segera sembuh dengan konsumsi ramuan ini.

Cukup siapkan 1 rimpang jahe, 3 sendok makan madu dan 500 ml air. Rebus air bersamaan dengan jahe hingga mendidih. Setelah mendidih, saring air rebusan jahe tersebut ke dalam gelas yang lebih kecil dan tambahkan 3 sendok makan madu dengan diaduk merata.

Rutin meminum ramuan ini tiap pagi dapat mencegah datang flu dan pilek. Bahkan berefek diet dan melangsingkan. Apabila saat ini Anda mengalami flu dan pilek, konsumsi 3 kali di pagi, siang dan malam maka gejala hidung tersumbat dan pilek akan enggan hinggap lagi di tubuh Anda.

  1. Membuang Ingus dengan Cara yang Benar

Ingus yang menumpuk dalam hidung ketika Anda flu atau pilek dapat menjadi penyebab hidung yang tersumbat. Ingus yang tidak dikelaurkan dengan benar justru dapat menumpuk dan menyumbat sinus. Yakni rongga udara yang berada di area wajah samping kanan – kiri dan atas dari tulang hidung.

Ingus yang tidak dapat dikeluarkan dan terjebak pada rongga sinus, dapat menjadi tempat berkembangnya kuman. Sehingga mengakibatkan sinusitis, dan gejala pilek seperti hidung tersumbat serta sakit kepala yang kronis. Infeksi sinus dapat menyebar dan menular pada area tubuh lain terdekat yakni telinga. Penyakit lain seperti vertigo dapat terjadi akibat infeksi telinga bagian dalam.

Membuang ingus dengan benar tidaklah sulit untuk dilaksanakan. Caranya adalah dengan menutup salah satu lubang hidung untuk mengeluarkan ingus di lubang hidung yang lain secara bergantian. Dengan cara ini tekanan yang diberikan pada salah satu lubang hidung akan optimal, dan ingus dapat dikeluarkan dengan bersih dan tuntas.

Gunakan tissue kering untuk mengeluarkan dan membersihkan sisa ingus dalam hidung. Buang tissue kering tersebut di tempat sampah yang tertutup sehingga penyakit tidak akan menular kepada orang lain.

  1. Menghirup Uap Hangat

Uap hangat juga merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Uap hangat bekerja dengan melembabkan mukosa atau permukaan kulit dalam hidung. Sehingga pembuluh darah akan menyempit dan bengkak akan berkurang.

Cara membuat uap hangat inipun cukup mudah. Yakni dengan merebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, matikan api dan tunggu sebentar hingga uap yang keluar bukan uap panas yang justru akan melepuhkan kulit wajah Anda. Pindahkan air panas ke dalam mangkuk.

Bila Anda menginginkan efek yang lebih cepat, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam mangkuk air. Letakkan handuk di atas kepala Anda menutupi mangkuk air panas tersebut. Hirup dalam dalam uap hangat yang keluar dari air selama 10 menit. Laksanakan cara ini sekali sehari untuk hasil yang optimal.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menghirup uap hangat dengan melaksanakan mandi dengan air hangat. Mandi air hangat akan merilekskan tubuh. Melemaskan otot yang menegang dan akan membantu Anda mendapatkan tidur dengan tenang dan berkualitas.

  1. Menggunakan Bantal Tambahan Ketika Tidur

Apabila Anda sering mengalami hidung yang tersumbat terlebih di malam hari ketika berbaring hendak tidur. Gunakanlah bantal tambahan untuk menyangga kepala dan punggung Anda lebih tinggi dari area badan bagian bawah.

Hal ini selain akan membantu paru paru mengembang lebih luas dan bebas, juga dapat meredakan sesak nafas akibat hidung yang tersumbat. Posisi ini disebut juga posisi semi fowler, yakni ketika ketika kepala dan punggung lebih tinggi dari alas tidur membentuk sudut 45 – 60 derajat.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi hidung yang tersumbat melalui obat-obatan dan cara alami. Prinsip utama dalam mengatasi hidung yang tersumbat adalah dengan menjaga kelembapan dari permukaan kulit dalam hidung. Sehingga ingus akan mengering, pembuluh darah yang bengkak dapat menyempit dan udara dapat masuk ke dalam rongga hidung dengan leluasa. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *