invisible bg invisible ico

Berbagai Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Berbagai Buah yang Baik untuk Ibu HamilSelain mengonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengonsumsi berbagai macam buah yg baik untuk ibu hamil. Pasalnya seorang ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungannya. Kebutuhan nutrisinya pun tentu lebih banyak ketimbang wanit yang sedang tidak hamil, karena pastinya selama masa kehamilan kondisi sang ibu pun akan sangat terpengaruh kondisi janin yang berada di dalam kandungan. Maka dari itu biasanya seorang ibu hamil disarankan untuk memakan berbagai jenis makanan sehat dan juga yang memiliki khasiat untuk ibu hamil. Beberapa jenis makanan tersebut seperti oats, kacang-kacangan, daging, ikan, sayuran, dan berbagai macam buah-buahan untuk memenuhi asupan nutrisi dan juga vitamin. Namun demikian, meskipun ada cukup banyak jenis buah yang disarankan untuk ibu hamil ternyata ada juga loh beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Nah, beberapa jenis buah-buahan yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut akan kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

5 Jenis Buah yg Baik untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil pasti akan bayak mengalami perubahan fisik dan psikologis yang akan berdampak terganggunya dan berubahnya beberapa fungsi tubuh. Hal ini tentu mengakibatkan keseharian ibu akan cukup terganggu, apalagi jika asupan nutrisi, gizi dan vitaminnya tidak tercukupi. Maka dari itu, buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik sebagai pengganti makanan camilan bagi ibu hamil, karena buah-buahan jauh lebih sehat dan memiliki banyak kandungan yang memang dibutuhkan oleh ibu dan juga untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Dan sebelum membahas tentang beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil.

  1. Kurma

Buah yang identik dengan negara Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi ibu hamil. Beberapa kandungan gizi di dalam buah kurma ini diantaranya adalah kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium. Beberapa mineral seperti zat besi adalah salah satu yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Pasalnya zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia. Selain itu rasa kram yang sering dialami ibu hamil juga bisa teratasi dengan kalium yang ada pada buah kurma. Dan selain bisa menjadi makanan yg baik untuk ibu hamil trimester pertama, kurma juga disarankan bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir karena vitamin B dalam buah kurma bisa membantu sang ibu memperkuat dinding rahimnya.

  1. Alpukat

Buah selanjutnya adalah alpukat, salah satu buah yang rasanya lezat dan berasal dari negara Meksiko. Dan ternyata selain rasanya yang lezat dan juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, gizi yang terkandung dalam alpukat ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam folat, kalium dan vitamin B kompleks, di mana zat-zat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk tumbuh kembang janin. Asam folat adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat bagi janin karena bisa membantu perkembangan otak dan tulang elakangnya. Apalagi pada trimester pertama, buah yg baik untuk ibu hamil ini bisa membantu mengatasi rasa mual dan muntah.

Artikel mengenai berbagai macam buah yang baik untuk ibu hamil ini bersambung ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *