invisible bg invisible ico

Beras dan Segudang Manfaat Rahasianya bagi Kesehatan Wajah

Beras dan Segudang Manfaat Rahasianya bagi Kesehatan WajahBeras tidak hanya dapat diolah menjadi nasi dan digunakan sebagai makanan pokok bagi manusia. Terdapat banyak manfaat lain dari beras, terutama bagi wajah. Berikut akan disajikan berbagai informasi mengenai manfaat beras bagi wajah.

Beras memiliki nama latin Oryza Sativa dipercaya telah tumbuh sejak 5000 tahun lalu. Beras menjadi salah satu bahan makanan pokok terutama bagi penduduk Asia Timur, Selatan dan Asia Tenggara. Berbagai jenis produk diciptakan pula dari beras, seperti tepung beras, sirup beras, masker beras dan bahkan susu dari beras.

Ketahui Apa Saja Manfaat Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Terdapat berbagai jenis dan varian beras yang dijual dan dapat kita temukan di swalayan maupun toko sekitar tempat tinggal kita. Selain beras putih yang menjadi bahan makanan pokok orang Indonesia, terdapat jenis beras yang berwarna coklat. Beras coklat kaya akan serat dan banyak mengandung antioksidan. Jenis lain adalah beras merah, yang juga termasuk salah satu varian beras yang lebih kaya akan serat. Beras merah mengandung anthocyanin, yakni sebuah zat membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan berat badan dan menurunkan resiko kanker.

Selain beras putih, beras cokelat dan beras merah terdapat jenis beras lain yang memiliki warna hitam. Beras ini diyakini pula memiliki kandungan gizi yang lebih kaya manfaat dibandingkan beras yang lain. Sangat bermanfaat pula untuk kesehatan hati, ginjal dan lambung. Ketika dicuci atau dimasak, beras ini akan berubah warna menjadi agak keunguan.

Manfaat beras untuk kulit wajah amatlah banyak. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, beras harus ditumbuk atau dijadikan bubuk/tepung sehingga dapat dengan mudah untuk dioles dan dibalurkan pada wajah dengan merata. Anda dapat menggunakan varian beras apapun, namun untuk beras hitam tentu saja manfaat pada wajah akan lebih baik. Berikut beberapa manfaat beras bagi wajah yang perlu Anda ketahui:

  • Regenerasi Kulit Wajah dan Menunda Penuaan Dini

Telah disebutkan di atas bahwa pada beras terdapat banyak sekali kandungan serat dan antioksidan. Antioksidan adalah zat kimia yang dapat melindungi sel tubuh manusia dengan cara menetralisir berbagai faktor luar atau faktor lingkungan seperti sinar UV matahari, polusi dan asap kendaraan bermotor maupun asap rokok serta angin baik angina yang panas maupun angin dingin.

Selain itu zat antioksidan juga melindungi kerusakan sel tubuh manusia dari berbagai faktor dalam seperti stress dan emosi maupun gangguan dari metabolisme tubuh. Pada umumnya, zat kimia yang tergabung sebagai zat antioksidan terdiri dari vitamin A, C, E, dan beta-karoten,

Cara kerja dari zat antioksidan adalah dengan memperlambat atau mencegah efek radikal bebas yang merusak oksigen dalam sel tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan rusaknya sel yang menyebabkan kulit tampak menua, terdapat garis halus pada wajah, dan flek kehitaman. Menggunakan masker beras yang kaya akan antioksidan dipercaya dapat meregenerasi kulit serta mencegah penuaan dini pada kulit.

  • Mengencangkan dan Menghaluskan Kulit

Antioksidan pada beras selain dapat meregenerasi kulit wajah dan mencegah penuaan dini, juga bermanfaat mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. Beras yang sudah ditumbuk dan dihaluskan kemudian dioleskan ke wajah secara merata dapat membantu mengencangkan kembali kulit wajah. Kehalusan kulit wajah juga akan didapatkan dengan menggunakan masker wajah yang terbuat dari bahan beras ini.

Flek hitam pada wajah sebagian besar wanita adalah disebabkan oleh sebuah proses yang bernama hiperpigmentasi. Proses ini adalah proses terjadinya produksi berlebihan dari melanin terhadap zat warna pada kulit. Dapat disebabkan oleh hormon, paparan sinar matahari langsung dan lama maupun akibat dari proses penuaan. Menggunakan masker berbahan dasar beras memiliki efek mencerahkan kembali kulit wajah yang menghitam akibat berbagai penyebab di atas.

  • Mengecilkan Pori Pori pada Kulit Wajah

Pori-pori wajah yang membesar dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain faktor keturunan atau genetis, tidak rajin membersihkan wajah dan bekas jerawat yang dipencet secara paksa dapat menyebabkan terjadinya pori-pori yang besar pada wajah. Dengan rajin menggunakan masker beras yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang mampu meregenerasi kulit dan mampu mengecilkan pori pori yang membesar pada wajah.

Beberapa Resep Masker Beras yang Dapat Anda Buat Sendiri di Rumah

Ambil segenggam beras lalu blender atau gunakan food grinder untuk menghaluskan butiran beras menjadi tepung. Tambahkan sedikit air mineral, atau Anda dapat menggunakan air mawar sebagai campuran. Kemudian aduk rata pada beras yang telah ditumbuk. Oleskan merata masker beras pada wajah diamkan selama 30 menit kemudian bilas dan cuci bersih wajah Anda.

Selain resep original dari masker beras yang telah tersebut sebelumnya, manfaat dari masker beras akan semakin maksimal jika Anda menambahkan beberapa bahan alami berikut. Adapun beberapa bahan alami tersebut antara lain:

  • Lemon

Tambahkan air perasan lemon atau jeruk ke dalam masker beras sebelum dioleskan secara merata pada wajah Anda. Lemon dan jeruk merupakan buah yang kaya kandungan vitamin C. Dengan menambahkan perasan lemon atau jeruk ke dalam masker beras, maka fungsi regenerasi sel akan semakin maksimal dan Anda akan mendapatkan muka yang bersinar, cerah dan bebas dari flek hitam.

  • Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan mampu mengikat lemak berlebih pada wajah. Dengan mencampur masker beras dengan sesendok madu, kemudian balurkna merata pad akulit wajah Anda. Maka akan dapat mencegah terjadinya jerawat, minyak pada wajah jadi lebih terkontrol dan tentu saja terhindar dari penuaan dini seperti kerutan dan garis pada wajah.

  • Cuka Apel

Cuka apel memiliki pH 5.5, dan pH ini amatlah bagus untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Mencampur masker beras, cuka apel dan air mineral dengan komposisi yang benar akan membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari cuka apel. Gunakan perbandingan 1 sendok cuka apel :1 sendok air mineral untuk mendapatkan komposisi yang tepat dari masker beras. Kulit Anda tidak akan terlalu kering maupun terlalu lembab ketika menggunakan cuka apel dengan komposisi yang tepat.

  • Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang kaya akan vitamin C dan vitamin E. Tomat juga mudah ditemukan, tidak perlu menunggu musim tomat untuk mendapatkan buah tomat yang segar dan sehat. Tumbuk buah tomat hingga halus, atau parut daging buahnya sebelum dicampurkan pada masker beras. Oleskan secara merata pada wajah hingga leher, hindari area mata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dan keringkan wajah dengan handuk kering.

Selain dengan menumbuk langsung biji beras menjadi tepung halus, Anda dapat pula menggunakan air cucian beras untuk mencuci wajah. Air cucian beras dipercaya mengandung banyak mineral dan nutrisi. Jangan lupa membilas wajah hingga bersih setelah menggunakan air cucian beras untuk membasuh wajah.

Demikian berbagai manfaat masker beras dan resep masker beras yang dapat Anda coba untuk buat sendiri di rumah. Masker beras cocok untuk berbagai jenis kulit wajah Anda. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, Anda dapat mencampur masker beras dengan berbagai bahan alami dan tentu saja pilihlah bahan terbaik dan organik sebagai campuran masker beras Anda. Semoga bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *