invisible bg invisible ico

Beragam Manfaat Daun Srikaya bagi Kesehatan Tubuh

Beragam Manfaat Daun Srikaya bagi Kesehatan TubuhManfaat daun srikaya untuk kesehatan tubuh memang tak perlu diragukan lagi. Meskipun masih banyak yang belum mengetahui tentang manfaat apa saja yang diberikan oleh daun srikaya, namun banyak penelitian yang mengatakan bahwa kandungan senyawa yang terdapat pada daun srikaya hampir sama dengan daun sirsak. Meskipun daun sirsak memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan daun srikaya.

Srikaya sendiri merupakan tanaman yang hidup di daerah tropis. Di Indonesia, tanaman srikaya dapat tumbuh dengan subur dan mudah ditemui baik di depan maupun di belakang pekarangan rumah. Tanaman srikaya biasanya dapat tumbuh sekitar 3 hingga 5 meter. Adapun bagian yang paling terkenal dari tanaman srikaya adalah buahnya yang memang memiliki rasa khas. Selain itu, ternyata daun srikaya pun memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan. Penasaran dengan manfaat daun srikaya? Simak ulasan berikut.

Inilah Berbagai Manfaat Daun Srikaya untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai tumbuhan alami, tentu saja manfaat daun srikaya adalah sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pengobatan herbal. Seperti yang kita tahu, pengobatan herbal menjadi jenis pengobatan yang banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat. Pasalnya, dengan menggunakan bahan-bahan herbal atau bahan alami, masyarakat tak perlu lagi takut terhadap aneka bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Adapun manfaat dari daun srikaya di antaranya adalah:

  • Mengobati Bisul atau Borok

Salah satu manfaat paling terkenal yang diberikan oleh daun srikaya adalah sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit kulit seperti bisul atau borok. Hal ini karena terdapat kandungan gizi serta nutrisi tinggi pada daun srikaya yang akan membantu menghilangkan kuman serta meredakan infeksi pada permukaan kulit.

Jadi apabila Anda mengalami luka infeksi yang membentuk borok ataupun menderita bisul, dapat menggunakan daun srikaya dengan cara mengoleskannya pada luka tersebut. Perlu diingat, sebelum mengompreskan daun srikaya pada luka, cuci bersih daun tersebut dengan air. Setelah itu, tumbuk atau remas daun hingga berwarna hijau gelap dan mengeluarkan sedikit air. Kemudian tempelkan pada kulit yang luka dan tutup menggunakan kain atau perban. Biarkan selama beberapa jam hingga daun mengering. (baca juga: khasiat terong belanda mulai dari pencernaan hingga kulit sehat)

  • Mengobati Penyakit Kudis

Masih berhubungan dengan penyakit kulit, manfaat daun srikaya yang berikutnya adalah untuk mengobati kudis. Seperti yang kita tahu, kudis merupakan jenis penyakit yang sangat menggelisahkan karena penderitanya akan merasakan gatal yang luar biasa. Selain itu, apabila penyakit kudis yang tak segera di atasi akan memunculkan bekas luka pada bagian kulit. Cara menggunakan daun srikaya untuk mengobati kudis adalah Anda hanya perlu menumbuk beberapa lembar daun srikaya kemudian menempelkannya pada kudis.

  • Mengobati Cacingan

Bagi orang tua yang khawatir terhadap risiko cacingan yang dapat menyerang anak, Anda juga dapat menggunakan daun srikaya sebagai obat alami untuk mengatasi masalah cacingan. Seperti yang kita tahu, anak-anak rentan terserang cacingan karena mereka suka bermain di tanah atau tempat kotor lain. Biasanya kuman atau virus tersebut akan masuk ke dalam tubuh anak tanpa disadari.

Meskipun saat ini sudah banyak obat cacingan yang dapat dibeli di apotik, namun tak ada salahnya memanfaatkan daun srikaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Anda hanya perlu menyiapkan 15 lembar daun srikaya serta 5 gelas air. Setelah itu, rebus daun srikaya dan biarkan hingga mendidih. Setelah tersisa sekitar 3 gelas air saja, dinginkan hingga hangat. Rebusan daun srikaya ini akan membuat risiko terserang cacing pada anak dapat dikurangi.

Apabila anak Anda tidak suka dengan rasa rebusan air daun srikaya, Anda dapat menambahkan madu ataupun sedikit gula ke dalamnya. Agar mendapatkan hasil optimal, minumkan rebusan daun srikaya tersebut selama pagi dan sore hari selama 1 minggu agar cacing dalam tubuh anak dapat disembuhkan.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat daun srikaya yang selanjutnya adalah mengatasi gangguan pencernaan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Contoh dari gangguan pencernaan adalah perut kembung, sembelit, dan diare. Adapun cara memanfaatkan daun srikaya demi mengatasi masalah pencernaan berbeda-beda tergantung penyakit yang diderita.

Misalnya untuk masalah perut kembung, Anda hanya perlu menumpuk sekitar 5 daun pepaya yang dicampur dengan sedikit minyak kelapa. Setelah itu, oleskan pada bagian perut. Sedangkan untuk masalah sembelit dan diare, Anda dapat menggunakan rebusan daun srikaya untuk mengatasinya.

  • Menurunkan Demam dan Mengobati Batuk

Sebagai obat-obatan herbal yang memiliki banyak manfaat, daun srikaya pun dapat membantu menurunkan demam serta menjadi obat alami menyembuhkan batuk. Hal ini karena di dalam daun srikaya terdapat senyawa yang bersifat antipretik. Fungsinya yakni menetralisir segala jenis virus dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi pada daun srikaya juga mampu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh sehingga lebih kuat dalam melawan bakteri serta virus yang ikut masuk ke tubuh melalui makanan atau tempat-tempat kotor.

  • Sebagai Obat Penenang Alami

Meskipun belum dapat diuji secara medis, namun manfaat daun srikaya juga digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi depresi. Hal ini karena biasanya ketika seseorang mengalami pingsan, maka daun srikaya digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya, ambil 2 atau 3 lembar daun srikaya. Setelah itu, remas hingga mengeluarkan sedikit air. Letakkan remasan daun srikaya pada bagian hidung orang yang pingsan tersebut.

  • Mengurangi Risiko Penyakit Asam Urat

Manfaat daun srikaya selanjutnya adalah sebagai obat alami untuk mengurangi risiko asam urat. Hal ini karena terdapat senyawa anti peradangan yang terdapat pada daun srikaya. Senyawa tersebut secara perlahan akan mengatasi munculnya rasa nyeri pada penderita asam urat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat merebus sekitar 15 daun srikaya dengan 1.000 ml air. Setelah air menyusut, minumlah rebusan daun srikaya sebanyak 2 kali sehari. Apabila Anda meminumnya secara rutin, maka secara perlahan risiko munculnya nyeri asam urat maupun dampak lain yang diberikan oleh penyakit tersebut dapat dikurangi. (baca juga: penyebab asam urat berlebih dalam tubuh)

Cara Mengolah Daun Srikaya sebagai Obat Herbal

Seperti yang dijelaskan di atas, cara paling umum dalam mengolah daun srikaya sebagai obat herbal adalah dengan direbus atau ditumbuk. Namun ada cara lain yang dapat Anda lakukan dalam konsumsi dan srikaya sebagai obat herbal demi kesehatan tubuh. Caranya adalah dikeringkan.

Meskipun telah mengalami proses pengeringan, kandungan senyawa dan nutrisi dalam daun srikaya tak banyak berkurang. Hanya saja kadar air di dalamnya berkurang. Setelah itu, ambil sekitar 15 buah daun srikaya yang telah dikeringkan kemudian rebuslah dengan 400 ml air. Cara yang satu ini dapat mengurangi rasa pahit pada daun srikaya. Seperti yang kita tahu, daun srikaya memiliki kandungan getah yang cukup banyak sehingga apabila langsung direbus tanpa dikeringkan terlebih dahulu, rasa pahit akan tetap ada.

Demikian sedikit ulasan tentang manfaat daun srikaya. Sebenarnya selain bagian daun, bagian lain pada srikaya seperti batang kayu, bunga, akar, dan juga buahnya memiliki berbagai khasiat yang sangat efektif mengobati penyakit dalam tubuh. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *