invisible hit counter invisible bg invisible ico

Beberapa Tips dan Cara Mengobati Gusi Bengkak

Beberapa Tips dan Cara Mengobati Gusi BengkakPengetahuan mengenai kesehatan mulut bukanlah melulu mengenai cara mengatasi dan mencegah gigi bolong, namun kita juga harus tahu mengenai cara mengobati gusi bengkak. Kesehatan gusi merupakan hal yang penting. Gusi bukan hanya memiliki peran yang besar terhadap kesehatan mulut, namun juga terhadap kesehatan seluruh tubuh.

Secara garis besar, gusi yang bengkak dan berdarah merupakan tanda dari penyakit gusi. Namun, ternyata gusi bengkak memiliki macam-macam penyebab yang berbeda-beda. Gusi bengkak paling sering terjadi di gusi antara gigi. Apapun penyebabnya, selalu ada cara mengobati gusi bengkak sehingga rasa nyeri dan bengkaknya berkurang.

Daftar Cara Mengobati Gusi Bengkak yang Dapat Anda Coba

Selain sakit gigi, perasaan sakit pada gusi kerap kali menjadi suatu hal yang tidak menyenangkan. Pasalnya, selain nyeri yang tak tertahankan dan mengganggu aktivitas, gusi yang bengkak pun dapat memperburuk penampilan fisik Anda. Apalagi bila gusi bengkak terjadi ketika Anda tidak sempat ke dokter gigi. Maka, tulisan ini dapat membantu Anda mengetahui cara mengobati gusi bengkak dengan cepat. Berikut adalah daftar cara mengobati gusi bengkak secara alami:

  • Cengkeh

Selain fungsinya sebagai penyedap makanan, ternyata cengkeh dapat menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak yang cukup ampuh. Cengkeh mempunyai efek anti radang sehingga dapat membantu meredakan rasa nyeri dan mengecilkan gusi Anda dengan cepat. Bila Anda menemukan minyak cengkeh di took, Anda dapat langsung mengoleskan minyak tersebut di gusi Anda yang bengkak. Namun, bila sulit mencari minyak cengkeh, Anda dapat memakai cengekeh utuh. Caranya mudah, kunyah cengkeh hingga mengeluarkan minyak yang terasa pahit. Minyak dan cengkeh tersebut janganlah ditelan, melainkan biarkan dalam mulut Anda terutama di daerah gusi Anda yang bengkak. Bila tidak digigit, cengkeh juga dapat ditumbuk atau di blender sampai mengeluarkan minyaknya.

  • Berkumur Air Garam

Cara yang satu ini dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak dengan cepat. Selain sebagai obat kumur saat sakit tenggorokan, ternyata berkumur dengan air garam dapat pula membantu melegakan nyeri dan bengkak pada gusi. Cara membuat larutan kumur ini sangatlah sederhana, cukup menyediakan satu sendok makan garam lalu campurkan dengan segelas air hangat. Setelah bercampur, pakailah untuk berkumur. Perlu diingat bahwa pemakaian air hangat lebih dianjurkan daripada pemakaian air dingin. Berkumur dengan air garam dapat mengatasi bengkak dan nyeri pada gusi dengan sifat sementara, alias tidak permanen.

  • Kompres

Terdapat dua macam kompres yang dapat digunakan untuk membantu melegakan penyakit gusi, yaitu kompres dingin dan kompres hangat. Dua macam kompres ini memiliki fungsi berbeda dimana kompres hangat membantu meredakan nyeri, sedangkan kompres dingin akan membantu mengecilkan gusi yang bengkak. Letakkan kompres di muka Anda (jangan langsung di gusi Anda) untuk menghindari iritasi pada gusi.

  • Jahe

Tanaman jahe memang sudah terkenal memiliki banyak manfaat herbal. Salah satu manfaatnya yang terkenal ialah dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Cara memanfaatkan tanaman ini untuk penyakit gusi cukup mudah, yaitu haluskan atau hancurkan jahe, lalu campur dengan garam. Lalu, oleskan campuran sari jahe dan garam tersebut ke gusi Anda yang bengkak. Jahe mempunyai efek anti radang dan antibakteri yang dapat memperbaiki keadaan gusi bengkak dengan cepat.

  • Jus Lemon

Lemon, yang terkenal mempunyai efek detoksifikasi dan menyembuhkan radang tenggorokan, ternyata juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Sebagai obat gusi bengkak, lemon disarankan dipakai sebagai obat kumur. Caranya mudah, ambil satu buah lemon, lalu peras hingga didapatkan sarinya. Campurkan sari lemon tersebut dengan segelas air hangat. Lalu, pakai larutan tersebut untuk berkumur minimal dua kali sehari. Kandungan asam, astringen, Vitamin C dan antioksidan pada lemon dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman dan menetralkan kondisi pH dalam gusi sehingga membantunya cepat pulih ke keadaan normal.

  • Baking Soda

Bubuk yang digunakan sebagai pengembang kue ini ternyata dapat menjadi salah satu cara mengobati gusi bengkak. Caranya mudah, ambil satu sendok teh baking sodam lalu campurkan dengan air hangat. Pijat gusi Anda yang bengkak dengan larutan ini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan sedikit bubuk baking soda ke pasta gigi Anda ketika menyikat gigi. Baking soda, yang mengandung sodium bikarbonat mempunyai efek dapat menetralkan pH pada mulut, mencegah pembentukan plak dan memutihkan gigi. Jadi, selain mengatasi gusi yang bengkak, baking soda juga dapat menjaga kebersihan mulut dan memutihkan gigi.

  • Getah Lidah Buaya

Jeli atau getah dari lidah buaya terkenal dapat dipakai sebagai obat pertama pertolongan luka bakar. Ternyata, fungsi lidah buaya bukan hanya sebatas di situ namun juga dapat menjadi cara mengobati gusi bengkak. Caranya mudah, ambil getah lidah buaya, lalu oleskan jel tersebut di gusi yang bengkak. Getah dapat pula dipakai sebagai bahan larutan kumur. Saat ini, lidah buaya sudah banyak digunakan sebagai komponen utama dalam pasta gigi dan obat kumur. Hal ini tidak mengherankan karena ternyata lidah buaya dapat membantu mencegah pembetukan plak dan mempunyai efek antibakteri, anti virus dan anti jamur pada mulut.

Cara Mencegah Timbulnya Gusi Bengkak

Pepatah lama mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi Anda yang pernah mengalami gusi bengkak, tentunya Anda akan melakukan cara agar kejadian gusi bengkak tidak terulang kembali. Cara mencegah gusi bengkak juga berguna bagi mereka yang ingin selalu menjaga kesehatan mulutnya. Inilah beberapa cara mencegah gusi bengkak:

  • Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi minimal 2x sehari.
  • Makan makanan seimbang, terutama yang mengandung Vitamin C dan kalsium untuk menurunkan risiko gusi bengkak dan gusi berdarah.
  • Selalu cukup minum air, minimal 2 liter sehari.
  • Berhenti merokok, karena rokok akan mencetuskan radang pada gusi dan mulut.
  • Hindari makanan dengan suhu ekstrim, seperti terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Hindari makanan yang terlalu manis.
  • Hindari stress untuk mengurangi hormon stress yang tidak baik untuk gusi.
  • Kontrol rutin pada dokter gigi minimal 1x dalam 6 bulan.

Mempunyai tubuh dan jiwa yang sehat merupakan kondisi yang harus dicapai banyak orang. Kesehatan mulut merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan tubuh, dan kesehatan gusi pun merupakan hal yang esensial dan tidak dapat diabaikan. Bila gusi Anda bengkak, cobalah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang telah dipaparkan di atas. Namun perlu Anda ketahui, ketika gusi bengkak selama 2 minggu berturut-turut, jangan ragu untuk berkonsultasi mengenai kondisi gusi Anda ke dokter gigi. Serta jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan mempunyai gaya hidup yang baik karena hal tersebut merupakan kunci utama mencegah penyakit gusi bengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *