invisible hit counter invisible bg invisible ico

Beberapa Obat Maag Tradisional yang Dapat Menjadi Pilihan Alternatif

Beberapa Obat Maag Tradisional yang Dapat Menjadi Pilihan AlternatifObat maag tradisional dapat menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang sering menderita sakit pada nyeri ulu hati ini. Penyakit maag merupakan penyakit yang banyak dan hampir pernah diderita oleh seluruh orang di dunia. Celakanya, penyakit maag ini sifatnya sering kambuh-kambuhan. Dan ketika kambuh, nyeri yang dirasakan di ulu hati dapat sangat mengganggu sehingga menghambat produktivitas kita sehari-hari.

Penyakit maag merupakan suatu radang yang terjadi pada dinding rongga lambung. Lambung terletak di perut atas, sehingga gejala penyakit ini ialah nyeri yang seperti menusuk atau mambakar di daerah ulu hati. Penyakit yang sering kambuh ini ternyata dapat diobati dengan obat maag tradisional yang alami. Bagi Anda yang sering mengalami kekambuhan penyakit maag, bolehlah mencoba obat maag herbal yang akan kami bahas di artikel ini.

Obat Maag Tradisional yang Dapat Anda Coba

Penyakit maag dapat diobati dengan obat maag alami. Berikut ini merupakan beberapa pilihan obat maag tradisional yang dapat mengurangi penyakit maag Anda.

  • Daun Salam

Peran daun salam paling terkenal sebagai penyedap masakan seperti memasak makanan balado, pepes, makan ditumis dan pindang. Daun salam juga terkenal dapat menjadi obat kencing manis. Namun ternyata selain itu, daun salam juga dapat menjadi obat maag tradisional yang mengatasi penyakit tersebut. Caranya mudah, ambil 15-20 lembar daun salam, lalu masukkan ke dalam air 500 ml. Didihkan air bersama daun salam hingga mendidih. Boleh ditambahkan gula batu agar memberikan rasa pada ramun. Minum ramuan ini setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang

  • Daun Jambu Biji

Daun jambu biji biasanya dipakai untuk mengobati sakit perut dan sariawan, namun daun jambu biji juga memiliki fungsi yang dapat mengobati penyakit maag. Cara membuat obat maag alami ini mudah, sediakan 8-10 lembar daun jambu biji segar lalu cuci hingga bersih. Masukkan ke dalam 1,5 liter air, lalu didihkan. Setelah mendidih, tiriskan ramuan dan saring daunnya. Cairan rebusan diminum setiap hari sebanyak 3 kali sehari.

  • Temulawak

Tanaman ini memiliki banyak manfaat di bidang obat herbal dan tradisional. temulawak dapat menjadi obat sakit pada sendi, kanker dan menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, sediakan 1 rimpang temulawak lalu cuci bersih. Setelah dicuci, temulawak diiris tipis-tipis lalu dianginkan dulu sebentar. Rebus irisan temulawak dengan 5-7 gelas sampai mendidih. Tiriskan air rebusan, lalu disaring. Air rebusan diminum 1 gelas perhari sampai gejala penyakit maag menghilang.

  • Kunyit

Kunyit mengandung banyak antioksidan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kunyit juga dapat mengatasi penyakit maag. Caranya ialah siapkan 2 batang kunyit yang telah dicuci bersih dan parut. Larutkan parutan kunyit ke air secukupnya, didihkan. Setelah mendidih, tiriskan air rebusan, saring hingga hanya didapatkan airnya saja. Ramuan ini diminum 2 kali sehari yaitu sebelum makan siang dan sebelum tidur.

  • Biji Pala

Sama seperti daun salam, biji pala biasanya digunakan sebagai penyedap masakan oleh masyrakat Indonesia. Ternyata biji pala bukan hanya dapat memperenak rasa makanan namun dapat menjadi obat maag tradisional. Caranya cukup mudah, ambil 1 gram serbubuk biji pala lalu tambahkan dengan 6 gram serbuk buah pisang batu. Dua macam serbuk tersebut diseduh dengan air hangat 100 ml, lalu minum. Dianjurkan untuk diminu selama 30 hari.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *