invisible hit counter invisible bg invisible ico

Beberapa Manfaat Jeruk Lemon yang Sebaiknya Anda Ketahui

Beberapa Manfaat Jeruk Lemon yang Sebaiknya Anda KetahuiTahukah Anda bahwa manfaat jeruk lemon itu sangat banyak dan sangat menguntungkan? Genus Citrus (keluarga jeruk) dikenal sangat kaya manfaat yang memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya, namun sebenarnya juga memiliki kekhasan manfaat masing-masing. Hal ini dikarenakan tiap jenis jeruk presentase kandungan nutrisinya berbeda-beda. Jeruk lemon mungkin termasuk jenis jeruk yang kurang banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis jeruk lain, hal ini dapat dimaklumi karena harganya yang cukup mahal. Jeruk lemon selama ini lebih banyak digunakan sebagai penambah cita rasa masakan dan untuk mempersegar minuman.

Mengonsumsi jeruk lemon memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan, dapat mencegah berbagai penyakit, dan juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami bagi bermacam penyakit. Bahkan buah ini dapat dimanfaatkan untuk membantu diet menurunkan berat badan. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Apa Saja Manfaat Jeruk Lemon yang Penting untuk Kesehatan?

Menurut USDA, satu buah jeruk lemon mentah yang belum dikupas (sekitar 58 gram) mengandung 17 kalori, 0.6 gram protein, 0.2 gram lemak dan 5.4 gram karbohidrat (termasuk gula dan serat). Buah jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika Anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon saja dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang bervariasi menjadikan jeruk lemon memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, seperti berikut ini:

  • Menurunkan Risiko Terkena Stroke dan Serangan Jantung

Menurut American Heart Association, manfaat jeruk lemon bila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak dan rutin ialah dapat menurunkan risiko seorang perempuan untuk terkena stroke otak. Data penelitian mereka mengatakan bahwa kelompok perempuan yang menkonsumsi lemon ternyata memiliki risiko 19% lebih rendah terkena stroke dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi lemon. Jeruk lemon juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung karena manfaatnya yang dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol.

  • Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebab terjadinya kanker di dalam tubuh adalah karena adanya radikal bebas yang berlebihan dan mengacaukan sistem tubuh. Buah jeruk lemon memiliki banyak antioksidan (vitamin C) yang dapat bekerja menangkal dan menetralisir radikal bebas tersebut sehingga melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia dipengaruhi oleh kadar vitamin C dalam tubuh. Pembentukan kolagen akan semakin baik dan optimal bila vitamin C yang di dalam tubuh dalam jumlah yang memadai. Ini artinya, manfaat jeruk lemon yang tinggi vitamin C akan memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan kulit dan meningkatkan kualitas kulit.

  • Membantu Menstabilkan pH Tubuh

Keseimbangan asam dan basa tubuh merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa pH tubuh yang cenderung asam tidak baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu manfaat jeruk lemon yang lain ialah dapat menetralisir asam berlebih dalam tubuh kita. Uniknya, jeruk lemon yang sifatnya asam akan dirubah menjadi basa ketika sampai di lambung, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk obat alami sakit maag. Sifat jeruk lemon yang unik ini juga bermanfaat untuk memecah batu ginjal.

  • Mencegah Sesak Nafas atau Asma

Manfaat lemon yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita asma. Risiko terjadinya asma dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan kelompok yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi vitamin C dengan teratur.

Manfaat jeruk lemon sangatlah banyak, mengonsumsi buah ini baik secara rutin atau tidak sangatlah baik untuk kesehatan. Apa lagi manfaat buah ini? Artikel berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *