invisible bg invisible ico

Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Mudah dan Aman

Previous 1 2
  • Sup Ayam

Makanan yang satu ini selain enak ternyata dapat mengobati sakit tenggorokan juga. Banyak ahli berpendapat bahwa kandungan garam di dalam air kaldu sup kemungkinan mempunyai efek yang dapat meredakan radang yang terjadi di tenggorokan sehingga membantu meredakan rasa nyeri pada tenggorokan. Selain itu, sakit tenggorokan biasanya akan membuat Anda malas makan. Sehingga sup ayam dapat menjadi teman makan nasi yang mempunyai sifat meredakan sakit tenggorokan dan turut serta menambah nafsu makan Anda di kala sakit.

  • Jus Lemon Tanpa Gula

Air perasan lemon yang hangat mampu meredakan sakit tenggorokan. Lemon diyakini dapat menekan proses radang yang terjadi di tenggorokan. Selain itu, Vitamin C yang banyak terdapat di buah lemon dapat menjadi cara mengobati sakit tenggorokan karena membantu tubuh kita melawan kuman penyakit. Caranya mudah, siapkan 1 atau 2 butir lemon lalu peras hingga mendapatkan air perasan lemon sebanyak 2 sendok makan. Campurkan air perasan tersebut ke dalam segelas air hangat. Aduk dan minum tanpa gula agar manfaat meredakan sakit teggorokan makin terasa.

  • Istirahat

Mungkin Anda berpikir bahwa ini merupakan hal sepele dan tidak kreatif dari cara mengobati sakit tenggorokan. Namun jangan menganggap remeh istirahat yang cukup karena cara ini merupakan cara yang paling efektif untuk membantu tubuh melawan infeksi. Saat tubuh dalam keadaan istirahat dan tidak banyak melakukan aktivitas, maka semua energi dapat dipusatkan untuk melawan kuman penyebab sakit tenggorokan. Jadi jangan ragu untuk menghabiskan waktu seharian di rumah sambil ditemani film atau buku kesukaan Anda agar tubuh Anda dapat beristirahat sepenuhnya. Jangan lupa juga untuk mengatur jam tidur sehingga Anda memiliki jam tidur yang cukup.

  • Telur Orak-Arik atau Putih Telur

Telur merupakan salah satu macam makanan yang mengandung segudang nutrisi penting bagi tubuh. Terutama, telur merupakan sumber protein yang dibutuhkan tubuh saat tubuh dalam kondisi tidak fit. Menambahkan telur dalam menu makan Anda dapat menjadi cara mengobati sakit tenggorokan. Protein dibutuhkan tubuh untuk proses regenerasi sel-sel yang rusak akibat infeksi dan membantu sistem pertahanan tubuh untuk melawan kuman penyakit. Bila ingin makan telur lebih dari 1 butir perhari, pertimbangkan untuk hanya makan putih telurnya saja pada kali kedua Anda makan karena kuning telur mengandung kolesterol yang tinggi.

  • Madu

Selain rasanya yang manis, madu ternyata memiliki efek yang baik bagi tubuh yang sedang terinfeksi. Madu memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan anti jamur yang artinya dapat membantu tubuh mematikan kuman penyakit. Selain efek anti kuman, madu juga dapat melegakan nyeri tenggorokan. Cara biasa yang dipakai untuk mengkonsumsi madu ialah mencapur 1 sendok makan madu ke dalam segelas air hangat lalu diminum.

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami memang ampuh dan cukup manjur, namun periksakan diri Anda ke dokter bila gejala sakit tenggorokan sudah sangat mengganggu. Misalnya menjadi sulit menelan, sulit bernafas, tidak kunjung membaik dalam waktu 1 minggu, sulit membuka mulut, muncul bercak kemerahan pada kulit, disertai demam tinggi, nyeri telinga dan terdapat darah dalam dahak Anda. Bila menemui salah satu dari gejala di atas, periksakan diri Anda karena kemungkinan sakit tenggorokan yang Anda derita suah cukup parah dan tidak mempan ditangani hanya dengan cara alami.

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *