invisible hit counter invisible bg invisible ico

Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Mudah dan Aman

Beberapa Cara Mengobati Sakit Tenggorokan yang Mudah dan AmanCara mengobati sakit tenggorokan merupakan hal yang selalu menjadi pertanyaan masyarakat luas. Bagaimana tidak, sakit tenggorokan merupakan kondisi yang mengganggu dan sangat tidak nyaman yang sering mampir di kehidupan keseharian kita. Cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat tentu akan sangat membantu mengurangi gejala yang dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas ini.

Sakit tenggorokan dapat menjadi salah satu gejala awal dari flu biasa atau bisa juga menjadi tanda awal dari penyakit yang lebih serius. Namun, tidak peduli penyebabnya, ketika tenggorokan terasa sakit, hal pertama yang terlintas ialah ingin tenggorokan terasa lebih baik dengan cepat. Salah seorang dokter penyakit dalam di Amerika mengatakan bahwa cara mengobati sakit tenggorokan yang paling ampuh dapat dilakukan sendiri di rumah dengan cara membeli obat apotek atau dengan cara alami.

Hal yang Dapat Anda Lakukan Sebagai Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

  • Obat Anti Inflamasi atau Penahan Nyeri

Salah satu cara mengobati sakit tenggorokan yang paling efektif ialah dengan memanfaatkan obat penahan nyeri atau obat anti inflamasi. Obat penahan nyeri banyak dijual bebas di apotek yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Contoh obat penahan nyeri adalah obat yang mengandung asam mefenamat, ibuprofen, aspirin dan naproxen. Obat penahan nyeri ini bekerja dengan cara menekan proses inflamasi yang pada akhirnya akan menekan sensasi nyeri di tenggorokan Anda. Obat ini juga akan mengurangi bengkak pada saluran pernafasan dan dapat membantu menurunkan suhu tubuh bila gejala Anda disertai dengan demam.

  • Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan aiir garam yang hangat dapat menjadi cara mengobati sakit tenggorokan secara alami. Caranya mudah, siapkan 1/4 atau 1/2 sendok teh garam, lalu larutkan dengan segelas air hangat yang matang. Aduk hingga garam larut dengan sempurna. Lalu berkumurlah hingga air garam tersebut menyentuh tenggorokan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan bengkak pada tenggorokan, mengencerkan mukus dan membantu mengusir bakteri dan zat yang iritatif. Bila rasa air garam terlalu asin, Anda dapat menambahkan sedikit madu.

  • Jangan Kurang Minum Air Putih

Menjaga tubuh agar tidak dehidrasi, atau kekurangan cairan, merupakan hal yang sangat penting, terlebih lagi bila Anda sedang sakit. Maka, minum air yang cukup merupakan cara mengobati sakit tenggorokan yang penting. Cara mudah untuk mengetahui apakah cairan di tubuh Anda masih dalam kadar yang cukup ialah dengan melihat air seni Anda. Urin yang berwarna kuning muda sampai bening menandakan bahwa Anda telah minum air yang cukup. Minum air juga akan menjaga agar mukus atau dahak dalam keadaan encer dan tidak terlalu kental sehingga leboh mudah dikeluarkan. Air putih yang cukup juga dapat membantu tubuh melawan infeksi. Bila bosa dengan air putih, Anda boleh mencoba minum air sup atau jus yang sudah diencerkan.

  • Teh

Bosan minum air putih? Bila ya, minum air teh merupakan alternatif cara mengobati sakit tenggorokan dengan cepat. Meminum secangkir teh hangat dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Teh hitam, hijau maupun putih semuanya dapat membantu meredakan rasa sakit di tenggorokan sekaligus membantu sistem pertahanan tubuh untuk melawan infeksi. Menambahkan satu sendok teh madu ke dalam secangkir teh 250 ml dapat meredakan rasa sakit lebih cepat, membantu melawan infeksi dan tentu saja menambah rasa manis pada teh Anda.

Artikel bersambung ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *