invisible bg invisible ico

Bayi Tidak BAB 3 Hari? Berikut Cara Mengatasinya

6 Faktor Bayi Tidak BAB 3 Hari dan Cara MengatasinyaSetiap orang tua pasti akan khawatir ketika bayi tidak BAB 3 hari. Hal ini karena biasanya untuk seorang bayi, setidaknya mereka akan buang air besar setiap hari atau maksimal 2 kali sehari. Tentu saja ini juga tergantung dengan asupan makanan yang dikonsumsi oleh buah hati Anda tersebut.

Untuk bayi yang masih mengonsumsi ASI eksklusif, pada umumnya akan buang air besar sebanyak 3 – 5 hari sekali. Namun ketika bayi Anda sudah mulai dapat mengonsumsi makanan seperti sayur atau bubur bayi, maka Anda harus waspada ketika ia tidak BAB selama 3 hari. Lantas apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi bayi tidak BAB 3 hari? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda simak ulasan berikut ini.

Mengapa Bayi Tidak BAB 3 Hari? Apa Penyebabnya?

Apabila bayi tidak BAB dalam jangka waktu 3 – 5 hari, maka kemungkinan besar ia terserang sembelit atau konstipasi. Pada umumnya, kondisi ini akan dialami oleh bayi ketika bentuk feses mereka lebih keras dari biasanya. Oleh karena itulah, meskipun bayi berusaha mengeluarkan feses sambil mengejan, feses tersebut tak kunjung keluar. Bahkan biasanya hal ini akan menyebabkan bayi menangis keras karena mengalami rasa sakit saat hendak mengeluarkan feses tersebut.

Faktor yang Menyebabkan Bayi Mengalami Sembelit

Sembelit memang merupakan salah satu masalah yang wajar dan mungkin akan dialami oleh setiap bayi. Untuk itu, sebagai orang tua, apabila bayi tidak BAB 3 hari, tak perlu khawatir. Yang diperlukan adalah bagaimana langkah untuk mencegah bayi mengalami sembelit dengan melihat beberapa faktor berikut ini:

  • Pemberian Susu Bayi

Untuk bayi yang mendapatkan asupan ASI yang cukup, maka dapat dipastikan bahwa mereka akan lebih mudah terhindar dari sembelit. Setidaknya jangka waktu menyusui bayi secara normal adalah hingga mereka berumur 2 tahun.

Pada ASI, terdapat banyak sekali bakteri baik yang dapat membantu mengurai berbagai protein yang sulit dicerna oleh tubuh. Di samping itu, ASI juga memiliki kandungan hormon motilin yang berfungsi meningkatkan pergerakan pada usus bayi sehingga proses pencernaan mereka pun akan lancar. Dengan begitu, maka feses yang dihasilkan akan lebih lembut sehingga bayi tidak akan kesulitan selama BAB.

Untuk bayi yang sudah mulai mengonsumsi makanan keras seperti buah-buahan atau bubur, kemungkinan besar mereka akan mengalami sembelit ketika asupan ASI harian tidak mencukupi. Selain makanan berat, susu formula yang diberikan pun juga dapat membuat proses pembuangan feses pada bayi juga terhambat karena protein yang dibutuhkan tidak selengkap ASI.

Meskipun sudah banyak susu formula yang dikhususkan untuk bayi, namun kandungan fosfor dan kalsium pada susu formula dinilai terlalu tinggi untuk ukuran bayi. Hal ini akan menyebabkan air pada feses ikut terserap di dinding usus yang nantinya akan menyebabkan bentuk feses menjadi lebih keras.

  • Sistem Pencernaan Bayi yang Masih Belum Sempurna

Faktor lain yang membuat bayi tidak BAB 3 hari adalah karena sistem pencernaan yang dimilikinya masih belum sempurna. Biasanya hal ini akan dialami oleh bayi usia 4 bulan yang mulai diberikan makanan selain ASI. Hal inilah yang akan membuat konsistensi feses menjadi lebih keras karena sistem pencernaan yang dimilikinya masih belum sempurna.

Biasanya bayi usia 4 bulan yang telah diberikan makanan padat pendamping ASI, maka konsistensi serta warna fesesnya akan berubah tergantung dari makanan apa yang ia konsumsi. Saat bayi mulai makan makanan padat, maka frekuensi buang air besar akan lebih jarang. Adapun umur yang tepat ketika ingin memberikan makan pada bayi adalah ketika mereka telah berusia 6 bulan. Dengan kata lain, sebelum bayi berusia 6 bulan, jangan berikan makanan apapun selain ASI.

  • Dehidrasi atau Kekurangan Cairan

Untuk bayi yang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tentu tak akan mengalami susah BAB. Sebagian besar bayi yang susah buang air besar juga disebabkan karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Meskipun seorang bayi diberikan susu formula sekalipun, kemungkinan mereka akan mengalami susah buang air besar pun masih tetap ada. Hal ini karena seperti yang telah dijelaskan di atas, kandungan ASI dan susu formula sangat berbeda.

  • Luka pada Saluran Pembuangan Feses

Faktor lain yang menyebabkan bayi tidak BAB 3 hari adalah terdapat luka pada saluran pembuangan feses. Hal ini akan membuat buah hati Anda mengalami rasa sakit berlebih ketika hendak buang air besar karena terjadi gesekan feses yang keras pada saluran pembuangan. Untuk kondisi yang sudah parah, maka akan keluar bercak darah pada saluran pembuangan. Ketika hal ini terjadi, maka sebaiknya Anda bawa buah hati Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  • Hirschprung

Hirschprung adalah kondisi di mana terdapat kelainan organik pada syaraf usus besar bagian bawah. Pada kondisi normal, saluran pencernaan dapat melakukan gerakan peristaltik atau gerakan usus. Ketika bayi mengalami hirschprung, maka syaraf pada usus besar tak dapat melakukan gerakan peristaltik sehingga saluran pembuangan pun menjadi lebih sempit.

Hal ini nantinya akan menyebabkan terjadinya tumpukan kotoran yang menyumbat di bagian usus bawah. Apabila dibiarkan lebih lama, maka bayi akan mengalami risiko peradangan usus karena tumbuhnya bakteri di dalam ususnya.

Pada bayi yang mengalami kelainan ini, maka satu-satunya cara adalah dengan melakukan operasi untuk mengeluarkan semua feses yang tertimbun di bagian usus paling bawah. Sebenarnya hal ini dapat dideteksi sejak dini, yakni ketika dalam jangka waktu 2 hari setelah bayi lahir, ia tidak dapat mengeluarkan buang air besar.

  • Mengidap Penyakit Tertentu

Meskipun kemungkinan besar bayi tidak BAB 3 hari adalah karena sembelit, namun ada kemungkinan juga bahwa buah hati Anda tersebut mengidap penyakit tertentu. Ini adalah hal yang jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan bahwa bayi kekurangan tiroid, alergi terhadap makanan tertentu, atau terjadi gangguan metabolisme dalam tubuh mereka.

Cara Mengatasi Bayi Susah Buang Air Besar

Kini Anda sudah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan bayi tidak BAB 3 hari. Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Apabila Anda terpaksa memberikan susu formula untuk bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun, maka harus diperhatikan takaran yang diberikan. Mengapa? Hal ini agar konsistensi feses tidak terlalu keras. Untuk itu, lihat juga takaran tepat yang harus diberikan dari label yang terdapat pada susu formula tersebut.
  • Selain itu, mintalah rekomendasi dokter tentang susu formula yang tepat diberikan pada bayi menurut usia mereka. Apabila Anda telah mendapatkan susu formula yang cocok untuk bayi, maka jangan terlalu sering mengganti merk susu formula tersebut agar tidak terjadi gangguan pencernaan baik itu sembelit atau mencret.
  • Oleskan minyak bayi pada sekitar lubang pembuangan anus. Hal ini untuk mencegah terjadinya lecet pada bagian saluran pembuangan bayi. Selain itu, minyak bayi juga dapat membantu lancarnya proses pencernaan bayi.
  • Ketika bayi tidak BAB 3 hari, Anda juga dapat memijat perut bayi dengan halus secara melingkar mulai dari bagian pusar hingga luar perut bayi. Untuk hasil yang maksimal, maka gunakan pula krim atau minyak bayi.
  • Baringkan bayi dengan posisi terlentang dan gerakkan kaki bayi seperti halnya ia mengayuh sepeda. Langkah yang satu ini tepat dilakukan untuk melancarkan otot perut dan usus bayi agar dapat dengan mudah membantu proses pencernaan.
  • Usahakan mencukupi asupan makanan sehat sebagai makanan pendamping ASI pada bayi. Anda dapat memberikan buah-buahan serta sayur-sayuran seperti pepaya, bayam, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sari buah apel untuk mengatasi sembelit pada bayi.

Setidaknya itulah beberapa informasi tentang faktor yang memengaruhi bayi sembelit serta cara menanganinya. Dengan mengikuti tips tersebut, maka masalah bayi tidak BAB 3 hari pun dapat teratasi dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *