invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih Jangan Disepelekan

Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih Jangan DisepelekanJangan pernah menganggap remeh fungsi air putih bagi tubuh, sebab akibat kurang minum air putih dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh Anda. Sebagaimana kita ketahui, bahwa tubuh kita sebagian besar diisi oleh air, yaitu sekitar 60 % bagian dari tubuh orang dewasa dan 80 % bagian dari tubuh anak-anak. Jadi dapat dibayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan maka fungsi berbagai organ tubuh pun akan terganggu. Bahkan dari berbagai hasil penelitian didapatkan hasil bahwa manusia tidak dapat bertahan hidup tanpa minum air selama lebih dari tiga hari. Jadi betapa hebatnya peranan air dalam kehidupan manusia.

Air putih dianggap merupakan air yang paling menyehatkan karena masih murni tanpa campuran apapun, tidak pekat, sehingga benar-benar menjalankan fungsinya sebagai cairan alami yang sesuai dengan cairan di dalam tubuh. Air putih yang Anda konsumsi sehari-hari mempunyai fungsi penting antara lain yaitu menghilangkan rasa haus/dahaga, mengatur suhu tubuh, membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, membantu ginjal dan hati untuk melarutkan sisa hasil metabolisme, sebagai zat pelarut di dalam tubuh, dan sebagai penyedia elektrolit bagi tubuh. Selain itu manfaat minum air putih juga dapat melancarkan sistem pencernaan, menyegarkan kulit, memperlancar proses metabolisme tubuh, dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Beberapa Gangguan Tubuh Akibat Kurang Minum Air Putih

Tubuh kita setidaknya membutuhkan asupan air putih sekitar 1,5 sampai 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas (ukuran gelas 200 ml). Oleh karena itu agar tubuh Anda selalu sehat dan fungsi organ-organ tubuh dapat berjalan optimal maka selalu cukupi kebutuhan air putih setiap harinya. Dan jika tubuh Anda kekurangan asupan air putih maka dapat mengakibatkan berbagai gangguan dalam tubuh baik yang berlangsung ringan sampai yang berat. Berikut ini adalah beberapa akibat kurang minum air putih yang harus Anda waspadai:

1. Tubuh mudah lelah

Akibat kurang minum air putih dapat menyebabkan seseorang mudah lelah. Jadi jika tubuh Anda kekurangan air putih badan terasa lemah, letih, lesu, kurang bersemangat, dan mudah sekali capek walaupun tidak melakukan aktifitas yang berat. Hal ini terjadi karena air berfungsi membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh. Jika tubuh kekurangan air maka otomatis badan pun akan terasa mudah lelah

Selain itu jika kekurangan air maka proses metabolisme tubuh juga ikut terganggu. Hal ini tentunya sel-sel maupun jaringan tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Kekurangan cairan juga dapat menghambat pembentukan sel darah merah sehingga seseorang mudah menderita anemia. Jika menderita anemia, maka orang tersebut akan merasa mudah capek, muka tampak pucat, jantung berdebar-debar, sering pusing kepala, bahkan dapat menyebabkan pingsan.

2. Terjadi dehidrasi

Suatu kondisi yang sangat berbahaya akibat kurang minum air putih yaitu terjadinya dehidrasi. Sebab jika dehidrasi ini berlangsung parah maka dapat menyebabkan syok dan bahkan berakhir dengan kematian. Dehidrasi ini biasanya dipicu akibat keluarnya cairan dari dalam tubuh dalam jumlah banyak tanpa diimbangi dengan asupan air putih yang cukup. Keluarnya cairan yang berlebihan ini dapat disebabkan karena keluar keringat akibat melakukan aktifitas fisik yang berat, muntah, diare, atau akibat terjadi perdarahan.

Oleh karena itu jika Anda banyak mengeluarkan cairan dari dalam tubuh, maka segera ganti cairan tersebut dengan banyak minum air putih. Jika tidak dapat mengkonsumsi air putih karena hilangnya nafsu makan/minum atau disebabkan oleh menurunnya kesadaran maka segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat agar segera dilakukan tindakan rehidrasi oleh petugas medis.

3. Gangguan pada sistem pencernaan

Akibat kurang minum air putih juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Dalam proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita, sangat membutuhkan bantuan air, baik dalam proses mencerna maupun penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan sehari-hari. Jika kurang minum air putih maka Anda akan mudah sekali mengalami sembelit/konstipasi, dan memicu berbagai penyakit pencernaan, seperti ulkus peptikum, ambeien, bahkan dalam jangka waktu yang panjang dapat memudahkan terjadinya kanker usus.

Selain itu, kurangnya asupan air putih juga dapat mengakibatkan lambung dan usus mengalami penurunan lapisan yang melindungi pada bagian luarnya serta elastisitasnya menjadi berkurang. Hal ini dapat menyebabkan sistem pencernaan mudah terserang asam lambung dan juga perlukaan pada usus.

4. Gangguan fungsi ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang berperan sebagai filtrasi cairan, di mana zat yang berguna akan diserap oleh tubuh melalui peredaran darah dan zat yang tidak berguna dan bersifat racun akan dibuang keluar tubuh melalui urine. Proses filtrasi di dalam ginjal sangat membutuhkan air agar bekerja dengan baik. Jika mengalami kekurangan cairan maka ginjal akan bekerja lebih keras dan kotoran atau zat-zat beracun tidak dapat dikeluarkan secara sempurna keluar tubuh.

Hal tersebut tentunya sangat membahayakan tubuh kita. Jika ginjal dipaksa untuk bekerja ekstra keras secara terus-menerus maka ginjal akan cepat rusak/aus. Penumpukan zat racun berbahaya dalam tubuh kita akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang dapat mengancam nyawa seseorang.

Jika proses filtrasi dalam ginjal terganggu maka seseorang rentan mengalami penyakit batu ginjal, infeksi bakteri di dalam ginjal, bahkan dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar risiko seseorang mengalami gagal ginjal baik akut maupun kronis. Selain pada ginjal, jika kekurangan asupan air putih juga dapat memicu infeksi pada saluran kecing. Kondisi ini biasanya ditandai dengan nyeri ketika buang air kecil, air kencing keruh dan bahkan bercampur darah, sakit pinggang, dan mengalami demam.

5. Gangguan pada fungsi syaraf

Akibat kurang minum air putih yang berikutnya yaitu dapat menyebabkan gangguan fungsi syaraf. Hal ini dapat terjadi karena jika seseorang kekurangan cairan maka distribusi oksigen ke otak menjadi terhambat. Otak merupakan pusat koordinasi manusia dimana merupakan pusat syaraf yang mengendalikan fungsi sensorik maupun motorik tubuh manusia.

Gangguan fungsi syaraf yang terjadi akibat kekurangan air putih antara lain ditandai dengan menurunnya konsentrasi, mudah bingung, sering lupa, mudah mengantuk, memicu halusinasi, dan dapat mengakibatkan penurunan kesadaran.

6. Mudah terserang radang sendi

Apabila Anda kurang minum air putih juga dapat menyebabkan gangguan/radang pada sendi. Hal ini disebabkan karena air merupakan penyusun tulang rawan dan sebagai pelumas di dalam sendi. Oleh karena itu jika kekurangan asupan cairan maka dapat memicu gangguan pada sendi, seperti reumatik dan osteoarthritis.

7. Gangguan pada kulit

Akibat kurang minum air putih juga dapat menyebabkan gangguan pada kulit, dimana kulit kehilangan kesegaran dan elastisitasnya. Sehingga kulit akan nampak kusam, kasar, dan mudah rusak. Hal ini terjadi karena fungsi enzim yang menjaga kesehatan kulit tidak dapat bekerja dengan baik. Jika Anda menginginkan kulit selalu segar, halus, dan cantik maka minumlah air putih yang cukup setiap hari.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan betapa besarnya manfaat air putih bagi tubuh kita. Dengan minum air putih yang cukup berarti Anda telah menjaga jaringan dan organ tubuh Anda agar senantiasa berfungsi secar optimal. Dengan minum air putih juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain mengkonsumsi air putih, agar tubuh Anda selalu sehat maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang terutama memperbanyak konsumsi buah serta sayur-sayuran, dan mengurangi makanan berlemak yang dapat menyebabkan timbunan kolesterol jahat di dalam tubuh. Lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, dan hindari stres. Jika mengalami gangguan fungsi tubuh yang berkaitan dengan kekurangan cairan, maka konsultasikan kepada dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *