invisible bg invisible ico

Bagaimana Mengatur Jadwal Makan Bayi 8 Bulan yang Benar?

Bagaimana Mengatur Jadwal Makan Bayi 8 Bulan yang Benar?Jika saat ini Anda memiliki bayi berusia 8 bulan, maka inilah saat Anda untuk mulai mengatur kembali jadwal dan menu makannya. Usia 8 bulan hingga 10 bulan merupakan usia ideal untuk memperkenalkan makanan bertekstur padat pada buah hati Anda. Pada usia ini pula merupakan masa pesat bagi pertumbuhan nya.

Pertambahan berat badan diharapkan mencapai 8 – 10 kg dengan lingkar kepala berkisar antara 44.5 cm hingga 46 cm. Memiliki jadwal makan yang ideal menjadi salah satu kunci utama untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal. Berikut akan disajikan informasi mengenai pengaturan jadwal makan, pola makan serta tips dalam melaksanakan finger food pada bayi usia 8 bulan.

Pengaturan Jadwal Makan Bayi 8 Bulan

Ketika Anda hendak memulai untuk mengatur jadwal makan bayi Anda, perhatikan beberapa kebutuhan bayi 8 bulan berikut ini:

  1. Makanan padat lunak sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari serta ASI atau susu formula sebanyak 700 ml hingga 1000 ml per hari nya. Pada masa ini Anda juga dapat mulai meningkatkan jumlah dan variasi makanan bayi Anda. Metode pemberian makan finger food atau penggunaan sippy cup untuk melatih koordinasi tangan juga dapat menjadi pilihan dalam pemberian makanan sesuai jadwal.
  2. Bayi 8 bulan membutuhkan 14 jam waktu untuk tidur dalam satu hari nya. Termasuk waktu tidur pagi, siang dan malam.
  3. Pada usia ini pula bayi membutuhkan waktu untuk bermain, dan mengembangkan berbagai kemampuan dalam berinteraksi dengan Anda atau pengasuhnya.

Berikut beberapa jadwal yang dapat Anda pilih sebagai acuan:

Jadwal 1 – Untuk Ibu di rumah dengan pemberian penuh ASI

05.00: Bayi akan mulai senang bangun pagi. Berikan ASI 20 hingga 30 menit hingga bayi Anda merasa kenyang, biarkan ia tertidur kembali atau temani bermain.

07:00: Ketika bayi bangun tidur, Anda dapat memandikannya dan menggantikan bajunya, lalu ajak bermain di luar rumah maupun di dalam rumah dengan kakak atau teman sebaya. Bila bayi lapar Anda dapat memberikan ASI pada saat ini.

08.00: Sarapan, Anda dapat memberikan makanan padat lunak seperti nasi tim saring. Lengkapi menu sehatnya dengan potongan buah-buahan.

8:30:   Waktu untuk bermain

9.00:   Ketika bayi lelah bermain berikan ASI selama 15 menit kemudian biarkan anak Anda mendapatkan waktu tidur paginya selama 1 hingga 2 jam.

11.00: Waktu untuk bermain

12.00: Makan siang (makanan padat lunak: nasi tim saring atau bubur susu). Anda dapat memberikan camilan sehat yang mengenyangkan pada waktu ini.

12.30: Waktu untuk bermain

13.30: Berikan ASI hingga kenyang, biarkan bayi Anda tidur siang selama 2 – 3 jam

15:30: Waktu bangun tidur dan bermain

16.00: Berikan ASI selama 20 menit, jika bosan Anda dapat berikan buah segar yang telah dilembutkan atau camilan sehat. Pada saat ini pula dapat Anda mandikan bayi, gantikan pakaian dan ajak bermain dengan keluarga. Setelah mandi bayi biasanya akan mengantuk, tidurkan bayi Anda selama 30 menit.

17.00: Makan malam (makanan padat lunak: nasi tim saring).

18.00: Waktu untuk bermain hingga mengantuk dan tertidur, dapat pula Anda berikan ASI untuk tidur lebih cepat. Biasanya pada usia ini bayi akan terbangun satu hingga dua kali diantara waktu tidur malamnya.

Jadwal 2 – Untuk Ibu di rumah dengan pemberian susu formula

05.00: Bayi bangun tidur berikan 200 – 250 ml susu formula dengan botol atau sippy cup hingga kenyang, ajak bermain atau biarkan ia tertidur kembali.

08:30: Bangun tidur mandikan bayi, dan ganti baju dengan pakaian bersih. Berikan berikan makan pagi berupa nasi tim saring dengan potongan buah-buahan

09.00: Waktu untuk bermain

10.00: Berikan 100 – 200 ml susu formula dan setelah kenyang, berikan waktu untuk tidur pagi.

12.00: Bangun tidur

12:30: Makan siang, berikan nasi tim saring dengan tambahan finger food berupa sumber protein seperti nugget ikan dan sumber vitamin & mineral seperti sayuran rebus.

13.00: Waktu untuk bermain

14.00: Berikan 100 – 200 ml susu formula dan tidur siang selama 2 – 3 jam.

16.00: Bangun tidur, temani anak Anda untuk bermain. Waktu ini tepat untuk memandikan dan mengganti pakaian dengan pakaian bersih

17.00: Waktu bermain

18.00: Makan malam, selain nasi tim/bubur susu, Anda dapat menambahkan setengah mangkuk potongan buah atau sayuran rebus

18.30: Waktu untuk bermain

19.00: Berikan 200 – 250 ml susu dan tidur malam. Biasanya pada usia ini bayi akan terbangun 1 hingga 2 kali diantara waktu tidur malam nya.

Jadwal 3 – Ibu di rumah dengan pemberian ASI dan Susu Formula

05.00: Bayi mulai senang bangun pagi, pemberian ASI atau susu formula dapat Anda lakukan dan setelah kenyang bayi akan tidur sekitar satu hingga dua jam.

07.00: Bayi bangun tidur, mandikan bayi, mengganti bajunya, lalu memberikan ASI atau susu formula. Setelah itu jemur bayi di bawah sinar matahari pagi yang hangat.

08.15: Sarapan pagi, dapat diberikan makanan padat lunak nasi tim saring atau bubur susu

09.00: Waktu untuk bermain

10.00: Waktu untuk tidur pagi. Anda bisa berikan ASI atau susu formula.

11.00: Pemberian camilan yang mengenyangkan. Dapat berupa potongan buah, puding atau yogurt

12.00: Makan siang, anda dapat memberikan bubur susu

13.00: Setelah perut kenyang maka biasanya bayi akan merasa mengantuk. Waktu tidur siangnya sekitar 2 hingga 3 jam.

15.00: Bangun tidur siang adalah waktu yang tepat untuk memberikan ASI atau susu formula. Jika bayi Anda merasa bosan, Anda bisa berikan potongan buah segar seperti buah mangga, pisang atau apel.

16.00: Ajak bermain sebentar, lalu mandikan bayi dan gantikan baju. Setelah mandi biasanya bayi akan lapar, berikan ASI sesuai yang diinginkan

17.00: Makan malam dapat diberikan pada waktu ini bila bayi menunjukkan tanda lapar

18.00: Waktu bermain dan interaksi. Jika terlihat sudah mulai lelah maka berikan bayi ASI atau susu formula untuk tidur lebih cepat. Bayi akan terbangun 1 – 2 kali selama tidur malam nya.

Pola dan Jenis Makanan Bayi 8 Bulan

Pola dan jenis makanan bayi berusia 8 bulan haruslah menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan menyesuaikan berat badan idealnya. Pada usia ini rahang bayi mulai bergerak untuk mengunyah dan menggunakan lidah untuk menelan makanan. Selain itu bayi juga mulai berlatih koordinasi tangan, mengambil dan memasukkan barang ke dalam mulut, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain.

Finger food adalah makanan lunak yang gampang diambil dan dihabiskan sendiri oleh si anak tanpa bantuan. Dapat berupa potongan buah lunak seperti apel, pisang dan mangga. Sayuran lunak seperti kentang dan brokoli rebus, serta jagung dan kacang polong. Keju yang dipotong kecil –kecil serta sereal yang kaya gizi dapat menjadi pilihan dalam pemberian finger food pada usia ini.

Memperkenalkan makanan padat lunak yang sama selama dua hingga tiga hari sebelum memperkenalkan dengan makanan lain juga penting. Hal ini akan bermanfaat dalam pengenalan tekstur dan rasa makanan, serta mengetahui apabila terdapat reaksi alergi anak terhadap beberapa bahan makanan. Gunakan selalu bahan makanan serta buah dan sayur yang segar. Jangan menyimpan makanan sisa.

Demikian informasi mengenai jadwal pemberian makanan bayi 8 bulan, serta pola dan jenis makanan untuk mendukung tumbuh dan kembang optimalnya. Inti dari jadwal pemberian makanan pada masa ini adalah diberikan secara konsisten 3 kali dalam sehari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *