invisible hit counter invisible bg invisible ico

Bagaimana Cara Menyembuhkan Flu dan Langkah Pencegahannya

Bagaimana Cara Menyembuhkan Flu dan Langkah PencegahannyaCara menyembuhkan flu sebenarnya bukan perkara yang sulit, karena flu hanya merupakan penyakit ringan saja. Penyakit yang satu ini sangat sering dialami oleh masyarakat, terutama ketika musim hujan mulai tiba. Ada banyak sekali penyebab flu, namun penyebab utama dari penyakit ini adalah virus influenza. Saat flu, aktivitas sehari-hari biasanya akan sangat terganggu. Beristirahat tak nyaman, beraktivitas pun tak nyaman rasanya. Pada umumnya seorang penderita flu akan merasa nyeri di tenggorokkan, otot-otot terasa nyeri, sakit kepala, mudah lelah, dan biasanya disertai batuk-batuk. Nah, untuk mengatasi penyakit ini biasanya masyarakat sudah terbiasa menggunakan obat flu. Padahal sebenarnya ada cara menyembuhkan flu tanpa obat alias secara alami yang mudah dilakukan dan hampir tanpa efek samping. Dan pada artikel kali ini kami akan menyampaikan beberapa tips menyembuhkan flu secara alami dan bagaimana langkah-langkah pencegahannya.

Cara Menyembuhkan Flu dengan Metode Alami

Cara mengobati penyakit flu yang paling umum dan praktis menurut masyarakat adalah dengan cara minum obat flu yang biasanya dibeli di apotek atau di warung. Terkadang ada juga yang beranggapan penyakit ringan ini bisa sembuh dengan cara tidur atau beristirahat yang cukup saja. Namun demikian mengonsumsi obat-obatan kimia terlalu sering tentu akan memberikan efek samping. Oleh karena itu metode yang alami menjadi jalan alternatif bagi Anda yang ingin lebih aman mengatasi sakit flu Anda. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan sakit flu.

  1. Banyak Minum Air Putih

Ketika mengalami flu, biasanya tenggorokkan akan terasa kering dan terkadang sakit. Oleh karena itu sebagai cara menyembuhkan flu, Anda harus lebih banyak minum air putih. Usahakan saat sakit flu Anda minum air putih lebih banyak dari biasanya. Selain bisa menjaga kondisi tubuh Anda, ternyata fungsi air putih ketika Anda sedang flu adalah untuk membunuh kuman yang ada di tenggorokan dan menjaga kondisi tenggorokan Anda supaya tetap bersih.

  1. Minum Air Hangat

Selain itu Anda juga bisa mengonsumsi air putih hangat atau minuman lain namun yang hangat. Misal Anda bisa mengonsumsi teh hangat, kopi, jahe, dan sebagainya. Nah, penjelasannya cukup sederhana, karena ketika mengalami flu Anda pasti akan sering membuang cairan dari tubuh Anda terutama dari ingus, ludah ataupun keringat. Mengonsumsi air hangat bisa mengganti cairan tubuh yang hilang, melegakan tenggorokan, mengurangi hidung yang mampet, sekaligus membuat tubuh Anda tetap terhidrasi. Apalagi uap panas yang berasal dari air yang Anda minum juga bisa membantu Anda mengencerkan lendir yang mungkin sulit dikeluarkan.

  1. Istirahat yang Cukup

Cara menyembuhkan flu lainnya adalah dengan mengistirahatkan tubuh Anda secara total. Biasanya orang yang sedang flu akan semakin sulit sembuh apabila terlalu memaksakan dirin ya untuk beraktivitas. Pasalnya ketika tubuh terserang virus influenza, maka kondisi sistem kekebalan tubuh akan melemah. Oleh karena Anda disarankan untuk menghentikan sementara semua aktivitas Anda dan fokus berisitrahat supaya kondisi tubuh Anda kembali fit lagi. Itu dia mengapa cara menyembuhkan flu tanpa obat dengan istirahat total ini cukup efektif.

  1. Banyak Makan Buah dan Sayuran

Saat Anda sedang terkena flu, usahakan Anda tetap berusaha untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda yang melemah. Caranya adalah dengan memenuhi asupan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Konsumsilah lebih banyak buah dan sayuran saat Anda flu, karena dua jenis makanan tersebut menjadi dua sumber makanan yang mengandung vitamin dan nutrisi tinggi. Dengan demikian sistem kekebalan tubuh Anda akan diperbaiki sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit lagi.

  1. Mengonsumsi Cabai

Percayakah Anda bahwa ternyata mengonsumsi cabai adalah salah satu cara menyembuhkan flu yang cukup efektif? Hal ini dikarenakan cabai mengandung sebuah senyawa kimia bernama capsaicin yang sudah terbukti cukup efektif untuk membersihkan rongga hidung. Itu dia alasan mengapa cabai menjadi salah satu cara menyembuhkan flu tanpa obat yang cukup manjur. Jadi ketika Anda sedang flu, cobalah selalu menyampurkan cabai atau taburan lada pada masakan yang Anda buat. Akan tetapi usahakan jangan terlalu banyak makan cabai, supaya tidak menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

  1. Berkumur

Cara menyembuhkan flu yang lain tanpa menggunakan obat adalah dengan berkumur atau membersihkan mulut. Mengingat penyakit flu adalah penyakit yang diakibatkan oleh virus atau bakteri jahat yang masuk ke tenggorokan melalui mulut. Oleh karena itu apabila Anda membersihkan mulut dengan berkumur, Anda bisa mencegah virus atau bakteri-bakteri tersebut untuk masuk ke tenggorokan. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan campuran antara air hangat, garam, cuka apel, dan kunyit jahe.

Langkah-Langkah Pencegahan Penyakit Flu

Setelah memahami bagaimana cara menyembuhkan flu tanpa obat, kami juga akan memberikan sedikit informasi tentang hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan supaya Anda tidak terkena flu. Lebih baik mencegah daripada mengobati, betul sekali, bukan? Nah, cara pencegahan penyakit flu yang paling efektif adalah dengan vaksinasi. Akan tetapi masih ada banyak cara yang terbilang lebih sederhana dan lebih murah tentunya.

Bagi Anda yang tidak mau sering terkena flu, pastikan Anda selalu memerhatikan kebersihan tubuh Anda terutama tangan. Tangan menjadi salah satu perantara masuknya virus atau bakteri berbahaya ke dalam mulut yang selanjutnya akan berlanjut ke tenggorokan. Maka dari itu Anda harus selalu memastikan tangan Anda bersih dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun. Lakukan hal tersebut terutama saat Anda akan makan atau ketika Anda ingin menyentuh wajah Anda. Pasalnya selain melalui mulut, virus influenza juga bisa masuk melalui mata dan hidung. Selain itu pastikan Anda tidak menggunakan tangan secara langsung untuk menutupi mulut Anda saat batuk atau bersin.

Nah, selain dengan cara menjaga kebersihan tangan, Anda juga harus bisa menjaga sistem kekebalan tubuh Anda supaya tidak turun. Caranya adalah dengan menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat. Lakukanlah olahraga secara rutin terutama seperti olahraga berjalan, berlari, berenang, atau olahraga aerobik. Jenis olahraga tersebut akan membantu Anda meningkatkan daya tahan tubuh Anda secara alami. Namun bukan berarti cara ini juga bisa menjadi cara menyembuhkan flu yang alami, ya. Justru saat Anda sakit Anda harus beristirahat untuk menjaga tubuh Anda supaya tidak semakin buruk kondisinya.

Itu tadi adalah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara menyembuhkan flu tanpa obat dan juga bagaimana langkah-langkah pencegahannya. Pasalnya meskipun merupakan jenis penyakit yang ringan, namun tak bisa dipungkiri saat sakit flu aktivitas sehari-hari tentu akan sangat terganggu. Jadi jalan keluarnya adalah mari melakukan pola hidup yang sehat supaya sistem kekebalan tubuh tidak mudah lemah. Sekian artikel kali ini, semoga semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *