invisible hit counter invisible bg invisible ico

Apa Saja Penyebab Gusi Berdarah? Inilah Selengkapnya

Apa Saja Penyebab Gusi Berdarah? Inilah SelengkapnyaAda cukup banyak macam penyebab gusi berdarah. Gusi berdarah bukanlah masalah atau kondisi medis yang aneh. Kita semua hampir pernah mengalami kondisi ini. Seringkali, gusi berdarah tidak diikuti oleh perasaan sakit atau nyeri sehingga kebanyakan dari kita mengabaikannya. Namun bagi mereka yang sering mengalami episode gusi berdarah atau diikuti oleh rasa nyeri, pastilah penasaran mengenai penyebab gusi berdarah.

Gusi merupakan suatu jaringan yang melapisi gigi bagian dalam serta turut melindungi tulang rahang manusia. Tanpa gusi, tulang dan gigi dapat terkena dengan makanan dan minuman yang pastinya akan menimbulkan nyeri. Inilah mengapa peran gusi sangat penting bagi kehidupan manusia. Maka, kita haruslah lebih memperhatikan kondisi gusi kita dengan membaca tulisan mengenai penyebab gusi berdarah ini.

Beberapa Macam Penyebab Gusi Berdarah yang Sering Terjadi

Menurut ilmu kedokteran, penyebab gusi berdarah dapat dibagi menjadi dua macam secara garis besar, yaitu kelainan pada gusi dan mulut serta kelainan pada sistem darah tubuh kita. Dua macam penyebab ini cukup menjadi penyebab gusi berdarah. Mari kita lihat satu persatu apa sajakah penyebab gusi berdarah yang paling sering menjangkiti manusia.

  1. Kebersihan Gigi dan Mulut yang Buruk

Kebersihan gigi serta mulut yang buruk adalah penyebab gusi sering berdarah. Mengapa? Bila seseorang jarang membersihkan gigi dengan menyikat gigi, penumpukan plak dalam gigi akan semakin bertambah. Plak merupakan sisa makanan yang sangat disukai oleh kuman dalam mulut. Plak yang terdapat di perbatasan antara gusi dan gigi inilah yang sering menyebabkan gusi berdarah. Kuman akan berkumpul di plak tersebut, berkembang biak dan melepaskan racun sehingga membuat gusi dalam keadaan radang.

Radang pada gusi ini disebut sebagai penyakit gingivitis. Penyakit gingivitis ini dapat memberikan rasa sakit, namun sering juga tidak menyebabkan rasa sakit. Gejala lain gingivitis selain gusi berdarah adalah gusi terlihat membengkak dan berwarna lebih kemerahan. Menjaga kebersihan mulut yang baik adalah kunci mencegah penyakit ini. Seseorang harus menyikat giginya minimal 1 hari sekali agar aman dari penyakit ini.

  1. Periodontitis

Istilah periodontitis berarti radang atau penyakit pada jaringan di sekeliling gigi. Maka, gingivitis atau radang pada gusi termasuk dalam periodontitis. Gingivitis yang dibiarkan lama tanpa mendapatkan penanganan yang tepat akan menyebabkan penyakit periodontitis yang lebih parah. Bila sudah parah, biasanya gusi akan terasa nyeri dan lebih bengkak. Lama kelamaan gusi dapat terkikis sedemikian rupa dan komplikasi terparahnya adalah penderita dapat mengalami kehilangan gigi. Cara mencegah penyakit ini ialah dengan sering membersihkan gigi serta melakukan kunjungan ke dokter gigi sebanyak 6 bulan 1 kali.

  1. Cara Menggosok Gigi yang Salah

Selain penyakit pada gusi, penyebab gusi berdarah lainnya adalah kesalahn cara dalam menyikat gigi. Banyak sekali orang yang melakukan sikat gigi dengan cara mengayunkan sikat ke arah depan dan belakang. Cara ini, apalagi bila diikuti oleh kekuatan yang cukup besar, akan rentan membuat gusi berdarah. Bila melakukan sikat gigi dalam cara yang salah dalam jangka panjang, dapat terjadi pengikisan atau penipisan gusi.

Cara menyikat gigi yang benar ialah menggosok gigi dengan sikat dalam arah berputar. Gunakan kekuatan yang sedang dan jangan terlalu keras atau kasar. Pilih juga sikat gigi yang ujungnya tumpul dan tidak kasar. Ganti pula sikat gigi Anda secara berkala bila sikat pada sikat gigi sudah buruk dan kasar.

  1. Sariawan

Keadaan yang menyakitkan ini juga sering menimbulkan perdarahan pada gusi. Sariawan yang nyeri, terasa terbakar dan mengganggu ini akan menyebabkan gusi berdarah terutama bila terletak di gusi. Para ahli masih meneliti mengenai penyebab sariawan. Kesepakatan yang didapat saat ini ialah sariawan berkaitan dengan keadaan penyakit sistem imunitas tubuh serta adanya infeksi virus pada jaringan mulut.

  1. Gigi yang Tidak Rata

Mempunyai gigi yang tidak rata bukan saja merusak segi kosmestis Anda, namun juga dapat menjadi penyebab gusi berdarah. Terutama adalah bila gigi atas dan bawah tidak bertemu saat menggigit makanan. Gigi yang tidak rata dapat melukai dan menghantam gusi sehingga membuat gusi menjadi berdarah. Konsultasikan keadaan ini pada dokter gigi Anda agar dilakukan penanganan selanjutnya.

  1. Rokok

Ternyata, rokok bukan saja buruk untuk saluran pernapasan dan paru-paru, namun juga merupakan penyebab gusi sering berdarah. Substansi dalam rokok dapat melemahkan sistem imunitas gusi dan merangsang gusi dalam keadaan radang. Keadaan radang inilah yang menyebabkan gusi rentan berdarah. Bukanlah suatu keadaan yang mengherankan bila para perokok mempunyai gusi yang lebih sensitif dan sering pula mengalami nyeri pada gusinya.

  1. Hormon pada Perempuan

Penyebab gusi berdarah ini hanya menimpa kaum perempuan. Ya, perubahan hormon dalam tubuh perempuan dapat mengubah sistem pembuluh darah dalam gusi sehingga membuatnya rentan berdarah. Keadaan ini akan muncul ketika perempuan menginjak usia pubertas. Gusi akan mudah berdarah pada tiga kondisi: menstruasi, kehamilan dan menopause. Pada menstruasi, gusi akan sering berdarah justru beberapa hari sebelum datangnya haid dan akan menghilang saat hari pertama haid. Pada kondisi kehamilan, gusi akan mulai sering berdarah saat menginjak bulan ke 2 atau ke 3 dan akan terus berlanjut hingga menginjak bulan ke 8. Jangan heran bila saat hamil gusi juga sering terasa nyeri. Dan pada saat menopause, kondisi gusi akan lebih kering sehingga rentan mengalami perdarahan.

  1. Keaadan Kurangnya Trombosit

Trombosit merupakan salah satu komponen dalam darah yang bertanggungjawab untuk pembekuan darah. Bila kadar trombosit dalam darah mengalami penurunan, gusi akan menjadi rentan berdarah. Kondisi-kondisi kurangnya trombosit dari yang paling lazim sampai jarang adalah sakit demam berdarah, sirosis pada liver, beberapa macam anemia dan kelainan darah, leukemia dan kekurangan Vitamin B12.

  1. Obat-obatan

Beberapa obat-obatan tertentu akan menyebabkan Anda rentan mengalami gusi berdarah. Salah satu contoh obat tersebut ialah aspirin. Agar tidak penasaran, lebih baik Anda selalu bertanya kepada dokter Anda mengenai obat-obatan yang ia resepkan kepada Anda, apakah memiliki efek samping membuat gusi rentan berdarah atau tidak.

Gusi berdarah merupakan kondisi kesehatan yang umum dan ternyata memiliki sukup banyak penyebab. Dari uraian berbagai macam penyebab gusi berdarah, tentunya kini Anda dapat menarik kesimpulan dan mempunyai pengetahuan untuk mencegah terjadinya keadaan ini pada gusi Anda. Yang terpenting adalah selalu mempunyai perilaku kesehatan gigi dan mulut yang baik dan sadari juga setiap menyikat gigi apakah gusi Anda berdarah atau tidak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kehidupan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *