invisible hit counter invisible bg invisible ico

Apa Saja Buah untuk Penderita Diabetes? Berikut Pilihannya

Apa Saja Buah untuk Penderita Diabetes? Berikut PilihannyaPengidap kencing manis sebaiknya mengetahui pilihan buah untuk penderita diabetes. Salah satu jenis terapi yang harus dijalani oleh semua penderita diabetes adalah mengubah gaya hidup, mulai dari beraktivitas fisik sampai mengatur pola makan Anda. Menderita penyakit diabetes mellitus atau kencing manis membuat Anda harus lebih memilih jenis makanan yang dapat Anda konsumsi. Salah satu strategi dalam perubahan pola makan penderita diabetes adalah harus makan sering dengan porsi yang kecil. Maka tidak heran bila ada snack time di jadwal makan para penderita diabetes. Nah, biasanya buah akan ditaruh di jadwal snack time tersebut. Namun buah apa sajakan yang baik untuk penderita diabetes?

Daftar Buah untuk Penderita Diabetes

Menjadikan buah sebagai makanan untuk penderita diabetes merupakan pilihan yang bijak. Pasalnya, buah mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin, mineral da antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Banyak sekali jenis buah yang beredar di pasaran, dan tentunya tidak semua buah memiliki manfaat yang optimal bagi penderita diabetes. Di bawah ini kami pilihkan beberapa buah untuk penderita diabetes yang mampu memberikan manfaat maksimal pada tubuh Anda:

  • Blewah

Buah yang sering dipakai sebagai pengisi es campur ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama bagi para penderita diabetes. Ahli gizi ternama dari pusat penelitian diabetes di Texas mengatakan bahwa blewah merupakan buah dengan kandungan nutrisi yang super lengkap. Blewah mengandung banyak beta karoten dan Vitamin C. Selain itu, buah untuk penderita diabetes ini rendah kalori, menjadikannya sangat cocok untuk penderita diabetes. Ditambah lagi kalium yang dikandung blewah dapat menurunkan tekanan darah. Hanya saja hindari konsumsi blewah dalam sajian yang mengandung banyak gula.
Informasi nutrisi: 15 gram blewah mengandung 60 kalori

  • Strawberry

Satu gelas buah strawberry mengandung Vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam 1 hari. Strawberry juga mengandung kalium yang dapat membantu fungsi jantung dan menurunkan tekanan darah, serat yang membantu Anda merasa lebih kenyang dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Penelitian terbaru mengatakan orang yang makan roti tawar dengan strawberry mempunyai kadar insulin yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang hanya makan roti tawar saja.
Informasi nutrisi: 15 gram starberry mengandung 60 kalori

  • Jeruk

Buah jeruk, terutama jeruk tanpa biji merupakan buah untuk penderita diabetes yang baik. Jeruk mengandung Vitamin C dan asam folat yang terbukti dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Jadikan jeruk sebagai makanan selingan Anda untuk menahan rasa lapar dan dapatkan manfaatnya.
Informasi nutrisi: 2 butir mengandung 70 kalori

  • Tomat

Entah Anda mengkategorikan tomat sebagai buah atau sayuran, yang jelas tomat merupakan makanan untuk penderita diabetes yang wajib dikonsumsi. Alasannya adalah warna merah menyala dari buah tomat. Warna merah buah tomat berasal dari likopene, suatu senyawa antioksidan yang baik bagi tubuh. Likopene dapat membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan menurunkan risiko penyakit jantung, mengingat 2 kondisi tersebut adalah kondisi medis yang erat kaitannya dengan diabetes.
Informasi nutrisi: 1 gelas tomat mengandung 30 kalori

  • Alpukat

Meski terkenal mengandung banyak lemak, ternyata alpukat adalah buah untuk penderita diabetes dengan banyak manfaat. Pertama, meski memiliki kandungan lemak, alpukat mengandung gula yang sangat sedikit. Ini berarti mengonsumsi alpukat tidak akan menaikkan kadar gula darah secara drastis. Kedua, kandungan lemak yang terdapat di alpukat merupakan lemak tidak jenuh yang dapat menurunkan LDL, menaikkan kolesterol baik dan dapat berperan sebagai antioksidan. Tentu saja hindari konsumsi buah ini dalam bentuk jus atau es campur yang dicampur dengan gula atau susu.
Informasi nutrisi: 1/2 buah alpukat mengandung 140 kalori (sebagian besar terdiri dari lemak tidak jenuh)

Bersambung ke halaman berikutnya.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *