invisible hit counter invisible bg invisible ico

Apa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia? Ini Penjelasannya

Apa Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia? Ini PenjelasannyaManfaat olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Sebagai sebuah kegiatan yang bisa melemaskan otot-otot tubuh, olahraga dinilai sangat penting bagi semua orang. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat negatifnya. Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Intip Apa Saja Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia

Kita ketahui bersama bahwa kegiatan berolahraga ini sangat menyehatkan tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin. Akan tetapi, di zaman modern yang aktivitasnya serba padat ini banyak sekali orang yang enggan untuk berolahraga dengan berbagai alasan. Biasanya mereka beralasan kalau mereka tidak punya waktu, sudah lelah bekerja, tidak biasa berolahraga, dan sebagainya. Padahal sebenarnya 30 menit saja Anda luangkan waktu untuk berolahraga, hal tersebut sudah berkontribusi besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Nah, selain dikatakan bisa menjaga kesehatan tubuh, banyak juga yang mengatakan ahwa olahraga bisa membuat seseorang menjadi lebih cerdas dan mengurangi level stres seseorang. Benarkah demikian? Ternyata benar, selain bermanfaat secara jasmani, ternyata ada juga efek psikologi yang dirasakan oleh orang yang berolahraga. Untuk tahu lebih lengkap mengenai manfaat berolahraga, berikut ini adalah ulasan singkat mengenai manfaat olahraga bagi kesehatan jasmani dan rohani.

  1. Menambah Kebugaran dan Energi Tubuh

Salah satu manfaat olahraga bagi kesehatan manusia yang utama adalah mampu meningkatkan kebugaran dan energi tubuh. Olahraga secara teratur meskipun hanya 30 menit per hari akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh secara berarti. Memiliki kebugaran tubuh yang baik akan membuat kita tidak mudah lelah dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dalam bekerja atau belajar akan mampu berkonsentrasi dalam jangka waktu lama dan tidak akan mudah lelah.

  1. Meningkatkan Imunitas dan Mencegah Sakit

Bagi Anda yang tidak pernah berolahraga, merugilah Anda. Berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi serangan-serangan penyakit, salah satunya karena mampu meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Meningkatnya jumlah oksigen dapat meminimalisir efek radikal bebas yang ada di dalam tubuh karena oksigen merupakan anti-oksidan. Radikal bebas yang mampu merusak susunan protein dalam tubuh terbukti dapat memicu kanker yang sukar diobati dan ada banyak macamnya. Selain itu radikal bebas dapat memicu penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh, yang tentunya dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, hipertensi, dan stroke. Diabetes, osteoporosis atau pelapukan tulang juga dapat diminimalisir dengan olahraga. Penyakit ringan semacam flu dan batuk dapat dicegah karena imunitas tubuh yang meningkat.

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan melakukannya secara rutin dan teratur. Selengkapnya artikel ini berlanjut ke halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *