invisible bg invisible ico

Angkak untuk Menaikkan Trombosit dan Berbagai Manfaat Lainnya

Angkak untuk Menaikkan Trombosit dan Berbagai Manfaat LainnyaDalam dunia kesehatan, fungsi angkak untuk menaikkan trombosit memang telah diakui. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menggunakan angkak sebagai salah satu obat alami dalam mengatasi demam berdarah yang menyerang seseorang. Angkak merupakan jenis beras merah asal Tiongkok, yang dikembangkan melalui proses fermentasi. Meskipun dikenal sebagai beras merah, namun pada awalnya angkak adalah beras putih. Melalui proses fermentasi itulah kemudian warna putihnya menjadi merah.

Angkak untuk Menaikkan Trombosit dan Khasiat Lain yang Dimilikinya

Sebagai salah satu bahan yang sangat berguna untuk menaikkan trombosit, sebenarnya ada fungsi lain yang dapat diperoleh dengan angkak dalam proses kesehatan. Khasiat apa saja yang dapat diperoleh? Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyembuhkan Demam Berdarah

Khasiat utama angkak untuk menaikkan trombosit sangat berguna dalam membantu proses penyembuhan penderita demam berdarah. Demam berdarah merupakan kondisi di mana para penderitanya kekurangan trombosit secara drastis. Produksi trombosit yang menurun ini akan menyebabkan munculnya rasa demam yang dapat berakibat fatal hingga kematian.

Angkak sendiri memiliki kandungan alami yang dapat membantu meningkatkan trombosit di dalam tubuh. Tak heran bahan alami yang satu ini kerap disandingkan sebagai jambu merah yang memiliki khasiat serupa. Adapun cara pengolahan angkak untuk menaikkan trombosit adalah sebagai berikut.

Pertama, ambil segenggam angkak dan rendam dalam satu gelas (200 ml) air matang. Kedua, diamkan rendaman tersebut selama beberapa jam sampai air matang berubah warna menjadi merah. Ketiga, minum air rendaman angkak. Untuk cara yang satu ini, Anda dapat mengonsumsi angkak sebanyak 2 kali sehari. (baca juga: Inilah fase-fase demam berdarah)

  • Bahan Perwarna Alami

Manfaat lain dari angkak untuk menaikkan trombosit adalah sebagai bahan perwarna alami. Dengan warna merah pekat yang dimilikinya, angkak dapat digunakan untuk berbagai makanan. Untuk menu masakan khas Tiongkok sendiri, biasanya mereka menggunakan angkak sebagai pewarna menu babi panggan merah.

Tak hanya itu saja, angkak juga dapat digunakan dalam memberikan warna merah pada kue, camilan, dan aneka makanan yang lainnya. Bahan alami yang tak berbahaya pada angkak tidak akan memberikan pengaruh buruk pada rasa ataupun kandungan dalam makanan tersebut.

  • Menjadi Bahan Masakan

Pemanfaatan lain yang diberikan oleh angkak adalah sebagai bahan masakan. Apakah Anda pernah mendengar tentang sup ayam angkak? Sup ini menggunakan angkak untuk menambah cita rasa dan memberikan warna merah pada ayam olahan. Menu yang satu ini sudah banyak ditemui di berbagai tempat makan khas Tiongkok.

Bagi Anda yang menderita demam berdarah pun dapat mengonsumsi sup ayam angkak demi membantu menghasilkan trombosit dalam tubuh. Menu dari angkak untuk menaikkan trombosit ini pun terkenal kaya akan protein dan serat.

  • Menurunkan Penyakit Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah jenis penyakit yang akan membawa banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan Anda. Hal ini karena hipertensi dapat mengakibatkan munculnya penyakit mematikan lainnya seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Hal ini karena angkak mengandung berbagai bahan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, maka segala bentuk gejala ataupun dampak dari hipertensi dapat dikurangi. Adapun cara untuk konsumsi angkak sebagai penurun risiko hipertensi adalah dengan meminum air rendaman angkak atau dengan mengonsumsinya sebagai pengganti nasi. Dengan konsumsi angkak yang teratur, maka risiko hipertensi pun dapat dikurangi. (baca juga: ciri-ciri darah rendah dan darah tinggi yang harus diwaspadai)

  • Menjaga Kadar Kolesterol

Khasiat lain angkak untuk menaikkan trombosit adalah sebagai bahan makanan yang dapat menjaga kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini karena angkak dapat menghambat proses pembentukan enzim HMG-CoA Reductase sehingga tubuh dapat bekerja aktif dalam menghilangkan kolesterol jahat.

Dengan kadar kolesterol jahat yang terjaga di dalam tubuh, maka segala bentuk penyakit yang diakibatkan oleh banyaknya kolesterol dapat diatasi dengan baik. Beberapa contoh penyakit yang disebabkan karena kolesterol adalah diabetes, asam urat, hingga serangan jantung.

  • Membantu Proses Pencernaan Makanan

Khasiat lain yang diberikan oleh angkak adalah untuk membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh. Biasanya, ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan, maka gejala-gejala yang akan muncul adalah sulit buang air besar, perut sering merasakan sakit, bentuk feses menjadi lebih encer, dan frekuensi buang air yang tidak normal atau tidak teratur.

Ketika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka Anda dapat mulai mengonsumsi angkat, baik dengan meminum air rendamannya atau bahkan menjadikan angkak sebagai bahan konsumsi harian dengan merebusnya. Apabila setelah mengonsumsi angkak ternyata tidak ada hasil yang didapatkan, maka sebaiknya Anda pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adapun khasiat lain yang dimiliki oleh angkak untuk menaikkan trombosit adalah sebagai bahan alami produksi imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas tubuh, maka Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

  • Memperkuat Fungsi Limpa

Ada banyak sekali organ penting yang berada di dalam tubuh manusia, salah satunya adalah limpa. Fungsi limpa adalah membantu tubuh dalam menguraikan sel darah merah yang telah rusak. Tak hanya itu saja, limpa juga berfungsi dalam menyaring berbagai bentuk senyawa asing yang masuk dalam tubuh.

Dengan kuatnya fungsi limpa, maka tubuh pun akan lebih terhindar dari masalah penimbunan sisa-sisa sel darah merah yang telah rusak. Sebagai informasi, sel darah merah yang telah rusak akan diperbaiki oleh angkak sehingga risiko mengalami rusaknya darah merah dapat diatasi serta berbagai senyawa asing yang masuk ke dalam tubuh pun dapat dicegah.

Cara Pembuatan Angkak untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Setelah mengetahui tentang fungsi angkak untuk menaikkan trombosit dan mengatasi berbagai permasalahan lain yang dihadapi oleh tubuh, kini saatnya Anda mengetahui tentang bagaimana proses dan cara pembuatan angkak. Dengan begitu, maka Anda dapat lebih yakin bahwa jenis makanan yang satu ini sangat aman dikonsumsi dan dapat memberikan khasiat terbaik untuk tubuh.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa angkak merupakan jenis makanan hasil fermentasi. Adapun zat yang digunakan untuk fermentasi angkak adalah monascus purpureus. Pada umumnya, angkak dibuat dari bahan seperti beras, tahu, tapioka, hingga dedak.

Monascus purpureus sendiri dapat menghasilkan metabolit sekunder berupa pigmen. Untuk angkak, pigmen yang dihasilkan oleh zat tersebut mengandung warna yang sangat stabil, yakni merah pekat. Selain itu, apabila warna tersebut dicampurkan pada makanan atau air, maka tak akan menghasilkan zat berbahaya seperti racun. Dengan kata lain, angkak sangat aman dikonsumsi dan dapat disandingkan dengan jenis makanan apapun.

Angkak sebagai Jenis Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Trombosit

Melihat dari berbagai khasiat angkak di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jenis makanan yang satu ini selain aman dikonsumsi oleh tubuh, juga sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan produksi trombosit. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi angkak serta jambu merah demi mengatasi mengobati penyakit demam berdarah. Demikian sedikit ulasan tentang angkak untuk menaikkan trombosit. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *