invisible hit counter invisible bg invisible ico

Aneka Manfaat Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Aneka Manfaat Beras Merah untuk Diet dan KesehatanBanyak orang yang belum mengetahui khasiat beras merah untuk diet yang ternyata juga sangat baik bagi kesehatan. Walaupun belum banyak diketahui, sejumlah orang sudah mencoba menggunakan beras merah ini sebagai salah satu menu dalam makanan mereka sehari-hari. Tidak hanya itu saja loh, beras merah ternyata juga memiliki berbagai kandungan yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anda. Tidak hanya melindungi sistem pencernaan kita, beras merah ini juga sudah banyak digunakan sebagai makanan antioksidan tinggi, makanan penurun kolesterol  dan juga sebagai makanan anti kanker. Di dalam artikel ini kita akan membahas berbagai manfaat beras merah yang baik, tidak hanya untuk menurunkan berat badan melainkan juga untuk kesehatan tubuh kita seluruhnya. Selamat membaca!

Inilah Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Beras Merah untuk Diet dan Kesehatan

Seperti yang sudah dibahas di atas, begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari konsumsi beras merah ini. Bukan hanya sebagai pilihan utama untuk program diet, ia juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan masih banyak lagi keuntungan penggunaan beras merah ini jika dibandingkan dengan beras putih. Untuk itu mari kita simak selain beras merah digunakan untuk diet, apa saja keuntungan lain yang bisa diberikan bagi kesehatan kita.

  • Karbohidrat kompleks

Manfaat beras merah untuk diet bagi kebanyakan orang disebabkan oleh karbohidrat kompleks di dalamnya. Ya, beras merah merupakan salah satu sumber karbohidrat sama halnya dengan berbagai jenis beras pada umumnya seperti beras putih. Perbedaannya adalah jenis karbohidrat yang dikandungnya. Beras merah bersama gandum atau oatmeal sama-sama memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang sangat dibutuhkan bagi setiap orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Sedikit membahas mengenai jenis karbohidrat, sumber karbohidrat yang kita konsumsi setiap hari dibagi menjadi 2 jenis yakni karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana setelah dikonsumsi akan sangat cepat diserap di dalam sistem pencernaan, sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat namun karena tidak bertahan lama anda akan merasa lapar lagi. Contoh karbohidrat sederhana adalah makanan yang mengandung pemanis seperti gula pasir, gula merah, berbagai jenis sirup, biskuit, susu dan cokelat.

Berbeda dengan karbohidrat sederhana, makanan dengan karbohidrat kompleks yang tinggi akan lebih lama dicerna di dalam sistem pencernaan kita. Karena lamanya proses pencernaan ini menyebabkan peningkatan kadar gula di dalam darah terjadi secara berangsur-angsur dan akan bertahan dalam waktu lama sehingga anda akan terus merasa kenyang. Hal inilah yang digunakan sebagai alasan utama mengapa beras merah digunakan untuk diet selama ini.

Lalu bagaimana cara memasak beras merah untuk diet? Sangat mudah! Anda cukup memasak beras merah sama seperti saat anda memasak beras putih untuk menjadi nasi setiap hari. Anda bisa memasaknya secara manual dengan cara dikukus ataupun menggunakan bantuan pemasak nasi otomatis seperti magic jar dan lain-lain. Anda bisa mengganti penggunaan nasi putih dengan nasi merah ini setiap hari, agar dapat menikmati begitu banyak keuntungan yang masih akan kita bahas di bawah ini.

  • Kandungan serat

Kandungan beras merah untuk diet yang akan kita bahas berikutnya adalah kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat di dalam beras merah sangat tinggi loh karena bisa mencapai 3.5 gram hanya dalam 1 cangkirnya saja. Kandungan serat yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan banyak program diet dewasa ini menganjurkan penggunaan beras merah dibandingkan dengan beras putih biasa.

Serat yang tinggi dalam suatu makanan memang sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan kita. Hal ini disebabkan dengan mengkonsumsi makanan kaya serat anda dapat melancarkan proses penyerapan makanan yang dikerjakan oleh usus dan melancarkan Buang Air Besar (BAB) setiap harinya. Bisa anda bayangkan bukan, selain membuat nafsu makan anda menurun karena kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya beras merah juga membuat anda sering BAB karena kandungan serat yang tinggi di dalamnya. Sangat bagus bukan jika dijadikan menu untuk program diet anda.

  • Menurunkan kolesterol

Siapa yang menyangka bahwa beras merah selain bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan, ia juga dapat bermanfaat penting bagi kesehatan? Yaitu mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa kandungan minyak di dalam beras merah memiliki peran penting dalam menurunkan kadar kolesterol terutama menurunkan LDL.

Peran penting ini juga dikatakan ditingkatkan oleh kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh beras merah. Konsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi membutuhkan asam empedu guna proses pencernaannya, dalam hal inilah kolesterol merupakan salah satu pembentuk asam empedu tersebut. Penurunan kolesterol LDL dalam darah sendiri terjadi karena penggunaan kolesterol sebagai bahan pembuat asam empedu.

  • Mengurangi risiko terkena kanker

Tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi beras merah sebagai menu makanan anda setiap harinya dapat menurunkan risiko terkena kanker? Ternyata selain beras merah digunakan untuk diet ia memang mampu mengurangi risiko kanker. Kandungan pertama yang berperan dalam menurunkan risiko kanker adalah manganese, yang diduga kuat mampu melawan radikal bebas yang memegang peran penting sebagai penyebab kanker.

Sejumlah penilitian lain menyatakan bahwa beras merah dan juga produk-produknya memiliki kandungan senyawa phenolic yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih. Senyawa phenolic ini sendiri memiliki efek menekan progresifitas suatu proses keganasan. Beras merah sendiri diduga berperan besar dalam menurunkan angka risiko kanker kolon (usus besar), kanker prostat dan juga kanker payudara.

Selain itu, dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer yang melakukan pengamatan kepada pola hidup, program diet dan juga sampel darah pada lebih dari 500.000 partisipan dari negara-negara di Eropa menemukan tingginya kadar selenium di dalam darah sangat erat hubungannya dengan risiko kanker yang rendah. Beras merah diketahui memiliki kandungan selenium yang tinggi dibandingkan dengan beras putih. Dengan mengkonsumsi 1 cangkir beras merah kita telah memenuhi 35% dari rekomendasi asupan selenium per harinya.

  • Baik bagi penderita Diabetes Mellitus

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan karbohidrat yang dimiliki oleh beras merah merupakan karbohidrat kompleks. Keuntungan yang diberikan guna menjaga terjadinya lonjakan gula darah merupakan alasan utama bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi beras merah.

  • Sebagai anti inflamasi

Manfaat beras merah selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi karena kandungan anti oksidannya  yang sangat tinggi.

Setelah membahas berbagai manfaat beras merah di atas, anda tentu tidak ragu lagi untuk memilih jenis beras yang satu ini sebagai salah satu menu diet anda karena selain mendapat berat badan yang ideal, anda juga akan semakin sehat dan terlindung dari berbagai penyakit. Akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *