invisible bg invisible ico

Aneka Makanan Penurun Kolestrol Tinggi yang Sangat Berkhasiat

Aneka Makanan Penurun Kolestrol Tinggi yang Sangat BerkhasiatBagi setiap orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darah, mengetahui makanan penurun kolestrol adalah hal yang tepat. Kolesterol sendiri merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh hati dan juga didapatkan dari makanan konsumsi. Jumlah kadar kolesterol yang melebihi batas akan memicu munculnya berbagai jenis penyakit yang tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan. Beberapa contoh penyakit yang kerap dikaitkan dengan kadar kolesterol tinggi adalah penyakit jantung dan stroke.

Apa Saja Jenis Makanan Penurun Kolestrol yang Terbukti Efektif?

Sebagai jenis penyakit yang juga disebabkan karena asupan lemak jenuh dari makanan, maka menjaga jenis makanan yang dikonsumsi dapat menjadi langkah tepat untuk menurunkan kadar kolesterol bahkan mencegahnya sejak dini. Pada kesempatan kali ini, makanan penurun kolestrol akan dikategorikan dalam dua jenis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Sayur-Sayuran untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Sayuran memang dikenal sebagai bahan makanan yang mengandung nutrisi tinggi di dalamnya. Untuk mengatasi masalah kolesterol, Anda pun dapat menggunakan beberapa jenis sayuran seperti:

  • Bayam

Siapa yang tak kenal akan sayuran dengan kandungan zat besi tinggi ini? Selain mengandung zat besi, ternyata juga terdapat zat lutein pada bayam yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu saja, terdapat banyak senyawa lain pada bayam yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh serta menjaga kesehatan jantung dengan cara melindungi organ jantung dari lemak yang dibawa bersama darah.

Untuk mendapatkan khasiatnya tersebut, cukup konsumsi bayam secara rutin setidaknya setiap 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Anda dapat memasak bayam untuk dijadikan sup bayam atau bahkan membuatnya sebagai jus bayam.

  • Buncis

Sayuran penurun kolesterol yang kedua adalah buncis. Jenis sayuran ini terkenal memiliki kadar lemak rendah serta menjadi sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh penderita penyakit diabetes. Tak hanya itu saja, jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh juga dapat ditekan.

  • Kedelai

Kedelai dapat dikategorikan menjadi jenis kacang-kacangan yang tak hanya kaya serat, namun juga memiliki banyak kandungan bermanfaat lain untuk tubuh. Biasanya kacang-kacangan juga menjadi bahan utama yang dikonsumsi dalam menjalankan program diet.

Untuk menurunkan kolesterol, kandungan dari kacang kedelai yang bermanfaat adalah isoflavin sebagai senyawa alami untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, secara perlahan jumlah kolesterol dapat ditekan hingga kembali ke batas normal. Adapun beberapa jenis olahan makanan dari kacang kedelai yang dapat dikonsumsi adalah tempe, tahu, dan susu kedelai.

  • Beras Merah

Pada beras merah, terdapat kandungan selium, vitamin B, fitonutrien, karbohidrat, magnesium, dan masih banyak lagi lainnya. Beras merah yang dikonsumsi secara rutin sebagai pengganti beras putih akan sangat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kandungan serat dalam beras merah juga dapat membantu menurunkan jumlah gula darah. (baca juga: obat kolesterol tradisional yang ampuh menurunkan kadar kolesterol)

  • Gandum

Makanan penurun kolestrol yang selanjutnya adalah gandum sebagai sereal bergizi yang juga mampu mengatur kadar gula darah. Selain berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, gandum juga berfungsi untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga banyak digunakan oleh orang-orang yang menjalankan program diet.

  • Biji Bunga Matahari

Anda pasti sudah familiar dengan kwaci, kan? Meskipun sering dianggap sepele, namun camilan yang berasal dari biji bunga matahari ini memiliki khasiat luar biasa, terutama untuk menurunkan kolesterol. Hal ini karena terdapat kandungan sterol dalam kwaci yang bertugas melawan lemak kadar lemak jahat dalam darah.

Buah-Buahan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Selain berbagai jenis sayuran di atas, buah-buahan juga berperan penting sebagai makanan penurun kolestrol. Hal ini karena terdapat banyak sekali kandungan vitamin dalam buah-buahan yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol dengan konsumsi buah-buahan, Anda harus memilih buah yang mengandung vitamin C serta beta karoten. Adapun jenis buah yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah sebagai berikut:

  • Alpukat

Alpukat merupakan jenis buah yang menjadi sumber lemak tak jenuh. Fungsinya adalah utuk meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Dalam buah alpukat juga terdapat kandungan beta-sterol sejenis nabati yang membantu proses penyerapan kolesterol dari makanan konsumsi yang masuk dalam tubuh.

Untuk konsumsi alpukat, akan lebih nikmat apabila dijadikan jus. Namun perlu diingat, jangan terlalu banyak menambahkan gula ke dalamnya. Anda dapat menambahkan madu atau susu cair agar menguatkan rasa manis pada buah alpukat.

  • Anggur

Makanan penurun kolestrol berikutnya adalah anggur. Buah yang satu ini memiliki kandungan senyawa flavonoid, serat, serta zat catechin. Kandungan tersebut memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh seperti mencegah terjadinya penggumpalan darah, menangkal kerusakan tubuh akibat radikal bebas, dan menurunkan kadar kolesterol tinggi. (baca juga: cobalah obat kolesterol dan asam urat yang efektif berikut ini)

  • Tomat

Tomat masuk dalam kategori buah-buahan yang memiliki kandungan likopen dengan khasiat mengurangi kadar LDL dalam darah. Dalam konsumsi tomat, Anda dapat menjadikannya sebagai jus atau langsung dimakan mentah-mentah. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada tomat juga dapat mencukupi asupan vitamin harian tubuh sehingga tubuh menjadi lebih fit.

  • Mangga

Seperti yang dijelaskan di atas, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, dibutuhkan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, salah satunya adalah mangga. Buah yang satu ini juga memiliki kandungan serat prebiotik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Jambu Merah

Jambu merah juga menjadi salah satu makanan penurun kolestrol jahat dalam tubuh. Hal ini karena terdapat kandungan vitamin C, vitamin E, selenium, karotenoid, dan flavonoid yang cukup tinggi pada jambu merah. Menurut penelitian, konsumsi jambu merah secara rutin selama 2 bulan dapat menurunkan kolesterol jahat hingga 52%. Selain untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, jambu merah pun berkhasiat merangsang tubuh dalam produksi sel darah merah.

  • Jeruk Nipis

Selain jambu merah, jeruk nipis juga memiliki kandungan senyawa flavonoid dengan khasiat menghambat berkembangnya kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan begitu, risiko penderita kolesterol mengalami penyakit jantung juga dapat dicegah.

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang sangat cocok dijadikan makanan penurun kolestrol. Selain mudah ditemukan, buah-buahan juga memiliki aneka jenis kandungan vitamin yang pasti bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Kolesterol

Setelah mengetahui makanan penurun kolestrol, maka Anda juga harus paham tentang makanan apa saja yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Secara garis besar, makanan yang dimaksud adalah segala jenis makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi. Adapun beberapa jenis makanan tersebut adalah daging kambing, sea food, makanan bersantan, keju, mentega, dan kuning telur.

Tips dan Saran Pengobatan untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Bagi Anda yang mengalami penyakit kolesterol tinggi, maka selalu perhatikan asupan dan pola makan harian Anda. Tak hanya itu saja, hindari segala jenis makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Untuk meredakan efek dari kolesterol yang Anda miliki, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung gizi, vitamin, dan nutrisi. (baca juga: konsumsilah buah untuk menurunkan kolesterol anda)

Selain itu, sebisa mungkin luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan. Hal ini karena olahraga secara rutin akan membantu memperlancar aliran darah, membakar lemak, memperkuat sistem imun tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya. Demikian sedikit ulasan tentang makanan penurun kolestrol. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *