invisible bg invisible ico

Adakah Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Kita Sendiri?

Adakah Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Kita Sendiri?Menghilangkan karang gigi sendiri merupakan cara yang dipilih bagi orang-orang yang mengalami ketakutan untuk mendatangi dokter gigi. Karang gigi merupakan plak yang mengeras pada gigi. Terjadi akibat sisa makanan yang menempel dan tidak dibersihkan dengan benar dan rutin.

Menggosok gigi dengan benar, menggunakan benang floss dan berkumur dengan larutan fluoride adalah cara terbaik untuk menghindari terjadinya karang gigi. Namun apabila karang gigi telah terbentuk maka cara tersebut biasanya kurang ampuh. Harus dilakukan scaling atau pembersihan oleh dokter gigi untuk menghilangkan plak yang membandel.

Bahan Alami untuk Merontokkan Karang Gigi Sendiri

Tuhan telah menciptakan obat dari bahan alami di sekitar kita. Beberapa bahan tersebut amat baik digunakan terlebih untuk menghilangkan karang gigi yang menjadi penyebab bau mulut serta tampilan gigi yang tidak sedap dipandang. Berikut penjelasannya:

  1. Baking Soda dan Garam

Baking soda merupakan senyawa kimia yang dikenal dengan nama Natrium bikarbonat. Senyawa ini baik digunakan untuk membersihkan plak atau karang gigi yang menempel. Karena dapat bersifat mengikis dan melunakkan karang gigi.

Cukup dengan mengambil 1 sendok makan baking soda lalu tambahkan sedikit garam dan aduk ke dalam sebuah gelas hingga rata. Celupkan sikat gigi yang telah dibasahi pada campuran tersebut. Gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa selama 2 menit, ke seluruh area gigi termasuk bagian belakang gigi yang jarang tergosok. Setelah dirasa cukup berkumurlah hingga bersih.

Melakukan gosok gigi dengan baking soda dan garam terlalu sering dapat mengikis enamel gigi. Menyebabkan gigi akan mudah keropos dan berlubang. Cukup lakukan gosok gigi dengan baking soda dan garam seminggu sekali untuk mendapatkan gigi yang terbebas dari karang gigi, namun tidak mudah keropos dan berlubang.

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan bahan alami yang ternyata memiliki khasiat tidak terduga. Mungkin selama ini kita langsung membuang kulit jeruk dan hanya memakan buahnya. Padahal dalam kulit jeruk terdapat kandungan minyak atsiri yang terbukti dapat merontokkan karang gigi.

Cukup dengan menggosok bagian gigi Anda yang terdapat karang atau plak yang menempel dengan bagian luar kulit jeruk selama sepuluh menit. Kemudian berkumurlah dengan air hangat. Apabila dikerjakan dengan rutin, setiap pagi hari maka karang gigi akan rontok dengan sendirinya.

Meski rasanya agak pahit, namun menggunakan kulit jeruk juga mampu menjaga kesehatan gusi dengan lebih baik. Mencegah gigi berlubang dan mencegah timbulnya sariawan akibat kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik.

  1. Daun Sirih

Daun sirih mengandung berbagai macam kandungan minyak esensial yang bersifat antibakterial dan antiseptik. Terutama dalam hal merontokkan karang gigi secara alami. Daun sirih dapat di rebus dahulu untuk dijadikan obat kumur, maupun dapat Anda kunyah secara langsung.

Untuk merebus daun sirih, gunakan 2 hingga 3 lembar daun sirih yang telah dicuci dengan bersih. Rebus ke dalam 500 ml air (setara 2.5 gelas air). Setelah mendidih, tunggu dingin dan saring air rebusan daun sirih tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur setiap setelah selesai menggosok gigi.

Jika Anda berkeinginan untuk mengunyah secara langsung, pastikan daun yang Anda pilih adalah bagian daun muda, yang berada pada baris kedua atau ketiga ujung tanaman sirih. Bersihkan dari debu dan kotoran sebelum Anda mengunyah secara langsung.

Sangat tidak dianjurkan mencampurkan sirih dengan bahan lain seperti kapur, buah pinang atau daun tembakau. Karena tambahan bahan berbahaya tersebut ketika dikunyah justru menjadikan efek daun sirih yang kurang baik. Bahkan dapat menjadi penyebab terjadinya kanker mulut.

  1. Biji Wijen

Anda dapat menggunakan biji wijen sebagai scrub pada area gigi yang berkarang. Caranya adalah dengan mengambil segenggam biji wijen dan kunyah dalam mulut. Jika perlu gunakan sikat gigi untuk membantu Anda mencapai area gigi yang sulit dijangkau oleh biji wijen.

Gosok dengan lembut dan searah, hingga tampak karang gigi rontok dengan sendirinya. Setelah dirasa cukup, berkumurlah dengan air putih. Laksanakan proses scrub ini minimal sekali dalam seminggu untuk mendapatkan gigi bersih dan bebas karang gigi.

  1. Pasta Super Vitamin

Anda dapat menggunakan pasta gigi super vitamin yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Dengan menggunakan buah buahan yang kaya akan vitamin C seperti strawberry, tomat dan jeruk atau buah buahan lain yang Anda miliki.

Blender menjadi satu hingga berbentuk pasta. Gunakan pasta buah tadi sebagai pasta gigi dengan menggosok lembut terutama pada area gigi sebelah dalam, atau area gigi yang ditumbuhi plak dan karang gigi. Diamkan kurang lebih 5 menit sebelum melakukan bilasan.

Vitamin C yang terkandung dalam pasta buah buahan tersebut selain akan merontokkan plak dan karang gigi, juga akan mampu menjadi antiseptik pada area mulut. Menghindarkan sariawan dan bau mulut akibat bakteri.

  1. Makanan Pedas

Beberapa makanan pedas ternyata memiliki manfaat sebagai pembersih gigi dan mulut. Efek pedas yang timbul akibat konsumsi cabai atau merica dapat merangsang keluarnya saliva atau air ludah pada rongga mulut.

Saliva atau air ludah yang diproduksi oleh kelenjar ludah memiliki fungsi selain membantu dalam proses pencernaan makanan. Juga bertugas sebagai pembersih alami rongga mulut dan gigi. Apabila terjadi penurunan pH dan penurunan jumlah ludah yang akan membuat semakin meningkatkan resiko terjadinya karang gigi.

  1. Cuka

Berkumur dengan cuka mungkin merupakan cara yang kurang nyaman untuk membersihkan karang gigi secara alami. Namun cara ini terbilang ampuh dan tidak berbahaya bagi kesehatan enamel gigi.

Siapkan dua sendok makan cuka, satu sendok makan garam dan sekitar 100 ml air putih matang. Aduk rata dan campur menjadi satu lalu gunakan untuk berkumur sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

Menggunakan cuka akan melunakkan plak dan karang gigi. Karang gigi akan rontok dan lebih mudah untuk dibersihkan hanya dengan menggosok menggunakan sikat gigi yang lembut.

Tips Mencegah Karang Gigi Kembali

Setelah gigi Anda bersih dari plak dan karang gigi tentu Anda tidak menginginkan karang gigi kembali bukan. Membersihkan gigi dengan baik dan benar merupakan cara terbaik mencegah karang gigi kembali. Berikut penjelasan singkat

Kesalahan dalam menggosok gigi menyebabkan tertumpuknya sisa makanan diantara gigi. Pilihlah bulu sikat kecil namun lembut, untuk menghindar terlukanya gusi akibat bulu sikat yang tajam. Selain itu pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride.

Langkah pertama adalah menyikat lidah Anda terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. karena bakteri juga tumbuh pada permukaan lidah yang kotor. Lakukan sikatan pada lidah dengan menggunakan pasta gigi.

Setelah lidah bersih awali menyikat gigi geraham bagian atas dan bawah dengan sudut sikat 45 derajat. Bersihkan pula bagian gigi belakang sebanyak 20 gosokan. Setelah geraham lanjutkan menyikat pada area gigi yang paling sering digunakan untuk mengunyah, yakni di samping pipi kiri dan kanan sebanyak 20 gosokan.

Setelah selesai bilas hingga bersih. Lanjutkan proses pembersihan gigi dengan menggunakan benang floss. Karena sikat gigi tidak dapat mencapai area sempit diantara kedua gigi.

Gunakan cermin untuk melihat kembali apakah seluruh area gigi dan lidah Anda telah bersih. Bila perlu berkumurlah dengan mouthwash setelah menggunakan benang floss. Di dalam cairan mouthwash terdapat kandungan flouride yang berfungsi melindungi enamel gigi dari kerusakan dan terkikis akibat kandungan asam yang kuat.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan karang gigi sendiri beserta sedikit informasi mengenai menggosok gigi dengan baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam gigi sehat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *