invisible bg invisible ico

9 Fungsi Hati pada Manusia yang Penting dan Kompleks

9 Fungsi Hati pada Manusia yang Penting dan KompleksHati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia meskipun sebagian besar orang tak mengetahui secara jelas fungsi hati pada manusia. Hal ini karena hati terletak di bagian dalam rongga perut sebelah kanan dan tepat berada di bagian bawah diafragma.

Sebagai salah satu organ manusia yang cukup vital, tentu saja hati dibutuhkan untuk melakukan membantu sirkulasi dalam tubuh. Bahkan ketika seorang manusia mengalami kerusakan parah pada bagian hati, maka dapat dikatakan bahwa ia tak akan dapat bertahan hidup lebih lama. Mengapa? Pasalnya hingga saat ini belum ada alat atau organ tubuh lain yang dapat menggantikan fungsi dan kedudukan hati dalam sistem tubuh manusia. Meskipun saat ini seiring dengan perkembangan teknologi, sudah ditemukan langkah transplantasi hati untuk membantu orang-orang yang mengalami kerusakan hati. Lantas apa saja fungsi hati pada manusia?

Ketahui Beberapa Fungsi Hati pada Manusia Berikut Ini

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hati adalah organ yang sangat vital. Setidaknya terdapat lebih dari 500 juta sel penting di dalam hati untuk membantu keberlangsungan hidup manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi hati dalam tubuh yang menjadikan hati sebagai organ paling penting. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses Detoksifikasi

Fungsi hati pada manusia yang mungkin sudah Anda ketahui adalah melakukan proses detoksifikasi atau penawar racun yang masuk ke tubuh. Racun yang dimaksud adalah beberapa racun ringan baik berupa bakteri atau virus yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman kita sehari-hari. Jadi tak semerta-merta hati menghilangkan semua racun dalam tubuh, hanya saja racun-racun tersebut diminimalisir dampaknya untuk kesehatan.

Oleh karena itulah, Anda juga harus memilih jenis makanan yang sehat demi mengurangi dampak keracunan dari makanan yang tidak higienis dan mengandung bahan berbahaya. Ketika Anda terlalu sering konsumsi makanan yang tak higienis, maka kerja hati pun akan semakin berat.

  • Menyimpan Kadar Gula dalam Darah

Fungsi hati manusia yang selanjutnya adalah menyimpan kadar gula dalam darah manusia. Kadar gula darah atau yang biasa disebut glikogen merupakan cadangan sumber energi yang berfungsi agar manusia dapat bergerak aktif dan tidak mudah lelah dalam menjalankan aktivitas harian. Kekurangan glikogen akan menyebabkan tubuh cepat lelah, mudah mengantuk, dan lemas.

Sebagai tempat penyimpanan glikogen, organ hati akan melakukan penyaringan terhadap kandungan dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Setelah itu, sebagian pasokan gula darah akan disebarkan dalam tubuh Anda selama menjalankan aktivitas. Adapun kadar gula darah yang masih tersisa akan disimpan sehingga sewaktu-waktu dapat digunakan kembali untuk kegiatan lainnya.

Untuk informasi, kadar gula darah yang dibutuhkan oleh tubuh harus pas, tidak boleh lebih atau bahkan kurang. Kelebihan kadar gula akan membuat tubuh terserang penyakit gula darah. Dengan sistem penyimpanan gula darah, maka hati akan memastikan bahwa asupan kadar gula dalam tubuh benar-benar cukup.

  • Sekresi Birubilin

Fungsi dari birubilin adalah memberikan warna pada feses dan urine yang dikeluarkan melalui saluran pembuangan. Warna yang akan muncul inilah yang dapat dijadikan sebuah patokan apakah tubuh Anda sehat atau sedang mengalami sakit.

Untuk warna feses normal adalah kuning cerah atau kuning gelap. Begitu juga dengan warna urine. Hanya saja ketika warna urine terlalu keruh, maka dapat menjadi indikasi bahwa hati mengalami proses kerja yang lebih berat dari biasanya. Semakin bening warna urine yang keluar, maka banyaknya racun yang ada di dalam tubuh semakin sedikit. Begitu juga sebaliknya.

Hal ini karena dalam proses birubilin, hati akan memecah semua senyawa pada sel darah merah yang sifatnya membahayakan baik mengandung zat racun atau bakteri yang tak boleh masuk ke dalam tubuh. Setelah itu, hasil pemecahan senyawa tersebut akan dikeluarkan lewat feses dan urine.

  • Penyimpanan Mineral dan Vitamin

Seperti halnya dengan fungsi hati pada manusia berupa penyimpanan kadar gula darah, hati juga akan menyimpan semua kelebihan vitamin maupun mineral dalam tubuh. Jadi apabila dalam suatu ketika asupan mineral dan vitamin dalam tubuh tidak mencukupi, maka hati akan melepaskan semua kandungan vitamin dan mineral demi kebutuhan tubuh. Adapun berapa jenis vitamin yang akan disimpan dalam hati adalah vitamin A, D, E, K, dan B12.

  • Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Anda tentu mengetahui bahwa sel darah merah sangat dibutuhkan untuk tubuh setiap hari. Kandungan sel darah merah yang terlalu rendah akan menyebabkan tubuh lemas. Pasalnya dalam sel darah merah terdapat berbagai kandungan bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin, mineral, kadar gula darah, dan lain sebagainya.

Untuk informasi, jumlah sel darah merah dalam tubuh akan hancur dalam hitungan bulan dan harus diperbarui kembali. Di sinilah fungsi hati pada manusia bekerja. Hal ini karena hati akan membantu proses pembentukan sel darah merah baru untuk tubuh.

  • Sistem Antibodi

Apabila dalam ulasan di atas dijelaskan bahwa hati berfungsi sebagai penawar racun, maka fungsi hati pada manusia yang lainnya adalah membentuk antibodi yang berguna sebagai sistem pertahanan tubuh terhadap segala macam bentuk penyakit yang menyerang. Seperti yang kita tahu, tubuh sendiri sudah memiliki antibodi dalam sel darah putih. Namun hal ini belum mencukupi untuk melawan semua zat berbahaya dan penyakit. Untuk itulah, dibutuhkan hati demi melakukan perlindungan tubuh.

Selain berfungsi untuk melakukan mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit yang terdapat dalam sel darah, hati juga akan memberikan zat imun yang sangat kuat dan efektif membunuh semua zat asing berupa racun yang ada dalam tubuh.

  • Menghasilkan Protein Plasma

Protein plasma merupakan jenis protein yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Tanpa adanya protein ini, maka sistem tubuh, mulai dari pencernaan hingga sistem lainnya akan terganggu. Oleh karena itulah, hati akan berfungsi menghasilkan sebuah protein plasma yang didapatkan dari pemecahan senyawa-senyawa penting dari makanan yang dikonsumsi.

  • Menyempurnakan Proses Eritrosit

Proses eritrosit adalah proses di mana terjadi penyempurnaan sel darah merah dalam tubuh. Dalam proses ini, dibutuhkan beberapa zat penting agar sel darah merah dapat berjalan sesuai dengan tugasnya. Salah satu zat penting tersebut adalah hermatin diproduksi oleh hati.

  • Menghasilkan Cairan Empedu

Dari banyak fungsi hati pada manusia di atas, salah satu fungsi yang paling mudah dikenali dari hati adalah menghasilkan cairan empedu. Tak hanya pada manusia saja, organ hati pada semua makhluk hidup pun akan menghasilkan cairan yang satu ini.

Pada tubuh manusia, cairan empedu berfungsi untuk memecah lemak yang terdapat dalam makanan. Hasil dari pemecahan lemak tersebut akan dikonversi menjadi mineral, protein, vitamin, gula darah, dan kandungan penting lain untuk tubuh. Adapun warna empedu pada manusia adalah hijau gelap.

Cara Merawat Hati pada Manusia

Anda telah mengetahui beberapa fungsi hati pada manusia seperti ulasan di atas.  Intinya, hati memiliki peran yang sangat vital terhadap sistem kekebalan, sistem metabolisme tubuh, dan pencernaan pada manusia. Untuk itulah, alangkah baiknya apabila Anda juga mengetahui cara merawat hati agar tetap sehat.

Adapun cara yang dapat dilakukan adalah selalu memerhatikan semua makanan atau minuman yang dikonsumsi. Praktikan gaya hidup sehat dengan konsumsi buah-buahan, sayuran, dan kurangi makanan yang mengandung racun seperti makanan yang terdiri dari bahan kimia, makanan berminyak, dan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak.

Selain itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan hati secara rutin, terutama ketika warna feses dan urine yang keluar ternyata sangat keruh dalam 6 hari terakhir. Hal ini dapat menjadi sebuah tanda bahwa kondisi hati sedang tidak sehat. Demikian sedikit ulasan tentang cara merawat hati dan fungsi hati pada manusia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *