invisible bg invisible ico

9 Cara Hidup Sehat yang Dapat Anda Lakukan dengan Mudah

9 Cara Hidup Sehat yang Dapat Anda Lakukan dengan MudahAnda tentunya menginginkan tubuh selalu sehat, oleh karena itu terapkan cara hidup sehat yang akan dibahas dalam artikel berikut ini. Sehat tak harus mahal, tetapi sebaliknya jika sakit pastilah memerlukan biaya yang mahal. Oleh karena itu jaga diri Anda agar selalu sehat agar tidak mudah sakit. Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun banyak orang yang mengabaikan hal ini, mereka baru menyadari akan pentingnya kesehatan setelah terbaring sakit. Padahal sebenarnya banyak hal yang sebetulnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan kita.

Jika kita bandingkan kondisi kesehatan jaman dahulu dengan jaman sekarang justru saat ini orang lebih mudah sakit di usia muda. Lihatlah orang yang berusia lanjut terutama yang tinggal di pedesaan, bahwa mereka kebanyakan masih segar bugar di usia yang telah senja. Pergeseran gaya hidup ke arah modern ternyata banyak membawa dampak bagi kesehatan. Memang di satu sisi peralatan medis dan obat-obatan semakin canggih namun di satu sisi masyarakat banyak yang terjebak dalam pola hidup yang tidak sehat. Jadi tidak mengherankan jika rumah sakit di Indonesia saat ini tidak pernah sepi dari pasien, bahkan jumlahnya seringkali overload.

Cara Hidup Sehat dengan 9 Langkah Sederhana

Untuk dapat hidup sehat sebenarnya mudah dan sederhana, namun tentunya tidak dihasilkan dengan cara yang instan. Hidup yang sehat lahir dari budaya atau kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Jadi pola hidup sehat tidak hanya diterapkan dalam 1 atau 2 hari saja namun harus dibudayakan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan kita. Berikut ini adalah 9 cara hidup sehat yang dapat Anda lakukan dengan mudah:

1. Makan dengan gizi seimbang

Cara hidup sehat yang pertama yaitu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Makanan yang kita makan sehari-hari harus mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Zat nutrisi tersebut antara lain yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air, dan mineral. JadiAnda wajib mengetahui kandungan nutrisi dari berbagai makanan. Pengetahuan tentang kandungan nutrisi dalam makanan dapat Anda pelajari dengan mudah melalui buku maupun internet. Buatlah menu makanan yang bervariasi agar asupan gizi keluarga tercukupi.

Jika seseorang kekurangan gizi, maka akan sangat rentan menderita suatu penyakit dan dapat mengalami gangguan pertumbuhan ataupun perkembangan otak. Namun zat nutrisi yang dikonsumsi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Misalnya konsumsi karbohidrat dan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan kegemukan atau obesitas. Jadi sediakan nutrisi bagi tubuh dalam jumlah yang proporsional. Hindari makan secara berlebihan, makan secukupnya dan berhentilah makan sebelum kenyang.

2. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Mungkin menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah hal yang sepele, namun hal ini merupakan salah satu cara hidup sehat yang sangat ampuh untuk menangkal berbagai serangan penyakit. Jika anggota tubuh dan lingkungan kita kotor, maka mudah sekali memicu berbagai kuman penyakit untuk berkembang biak. Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan diri Anda antara lain dengan mandi secara rutin 2 kali sehari, selalu mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktifitas, menggosok gigi secara rutin, memotong kuku, dan sebagainya.

Sedangkan menjaga kebersihan lingkungan yang dapat Anda lakukan antara lain dengan menyapu dan menata rumah agar selalu bersih, membuang sampah pada tempatnya, buang air besar dan kecil pada tempatnya (toilet), menggunakan air bersih yang sesuai dengan syarat kesehatan untuk keperluan sehari-hari, menjaga kebersihan makanan/minuman dan peralatan makan, mengelola limbah dengan benar, dan sebagainya.

3. Melakukan aktifitas fisik dan olahraga secara rutin

Era modern saat ini mengakibatkan masyarakat sibuk dengan pekerjaannya sehingga seringkali tidak sempat untuk melakukan aktifitas fisik maupun olahraga. Kehidupan yang serba praktis karena adanya berbagai fasilitas, membuat orang menjadi malas untuk berjalan kaki atau sekedar menggerakkan tubuhnya, terlebih lagi meluangkan waktu untuk berolahraga. Padahal anggota tubuh yang jarang digerakkan akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu luangkan waktu Anda untuk melakukan aktifitas fisik atau olahraga agar peredaran darah lancar, otot terlatih, berat badan terjaga, dan badan selalu bugar.

4. Kurangi lemak dan kolesterol

Cara hidup sehat yang penting Anda lakukan yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol. Sebagaimana kita ketahui bahwa kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh yang berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai macam berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes mellitus. Timbunan lemak dapat menyebabkan seseorang mengalami kegemukan atau obesitas. Sedangkan kolesterol jahat dapat mengakibatkan terjadinya plak yang mengakibatkan hambatan atau sumbatan di pembuluh darah.

5. Banyak mengkonsumsi buah, sayur, dan air putih

Supaya Anda selalu sehat maka perbanyaklah mengkonsumsi buah, sayur, dan air putih. Di jaman yang modern saat ini orang cenderung menyukai makanan yang serba instan dan pada umumnya banyak mengandung lemak dan sedikit serat. Sehingga orang lupa untuk mengkonsumsi sayur dan buah. Padahal sayur dan buah kaya akan vitamin, mineral, serat dan anti oksidan yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Sementara itu banyak mengkonsumsi air putih dapat bermanfaat untuk melancarkan metabolismi, mencegah dehidrasi, dan memberikan nutrisi yang optimal sampai ke sel tubuh yang terkecil.

6. Hindari makanan/minuman yang tidak sehat

Cara hidup sehat yang berikutnya yaitu dengan menghindari makanan/minuman yang tidak sehat. Makanan/minuman yang tidak sehat tersebut antara lain yaitu makanan/minuman yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan, penyedap rasa (MSG), mengandung banyak lemak dan gula, dan terlalu tinggi kafein. Selain itu hindarilah makanan/minuman yang tidak dimasak secara sempurna dan tidak memenuhi standar kesehatan (tidak higienis).

7. Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Anda juga harus memperhatikan gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari yang turut menentukan status kesehatan Anda. Sebaiknya hindarilah kebiasaan gaya hidup yang dapat mendatangkan penyakit pada diri Anda, kebiasaan tersebut antara lain yaitu merokok, minum alkohol, terlalu banyak tidur atau bermalas-malasan, dan sering begadang.

8. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan cara hidup sehat yang tidak boleh Anda lupakan. Setelah Anda bergelut dengan rutinitas kegiatan sehari-hari, jangan lupa untuk beristirahat. Anda harus ingat bahwa organ tubuh kita juga butuh istirahat, jangan terus-menerus dipaksa untuk bekerja keras karena akan menyebabkan fungsi tubuh terganggu dan akhirnya memicu terjadinya berbagai penyakit. Pada malam hari, upayakan Anda dapat tidur nyenyak dengan durasi tidur 7-8 jam sehari.

9. Berfikir positif dan jauhi stres

Selain menjaga kesehatan jasmani, Anda juga harus memperhatikan kesehatan jiwani atau rohani. Hal yang dapat Anda lakukan antara lain yaitu dengan selalu berfikir positif dan menciptakan pikiran yang tenang agar terhindar dari stres. Selain itu luangkanlah waktu untuk refreshing atau melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari seperti dengan cara berjalan-jalan, pergi ke tempat hiburan, ataupun berekreasi. Jangan lupa juga untuk memberikan nutrisi pada rohani kita dengan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan atau beribadan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Demikianlah 9 cara hidup sehat yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat maka hidup tentunya akan lebih berkualitas dan selalu menimbulkan semangat dalam diri Anda. Sebaiknya Anda juga memiliki pengetahuan tentang berbagai macam penyakit yang dapat dipelajari dari berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, internet, maupun dari pengalaman langsung orang-orang di sekitar Anda. Hal ini dimaksudkan supaya Anda dapat mendeteksi secara dini gejala dari suatu penyakit sehingga dapat menyadari dan memeriksakan ke fasilitas kesehatan tanpa ada keterlambatan penanganan. Jangan segan untuk selalu mengkonsulktasikan kesehatan Anda kepada dokter atau para praktisi kesehatan untuk mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap seputar kesehatan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *