invisible bg invisible ico

8 Macam Mainan Edukasi Anak 2 Tahun untuk Merangsang Kreativitas

8 Macam Mainan Edukasi Anak 2 Tahun untuk Merangsang KreativitasKetika anak memasuki usia 2 tahun, sebagai orang tua, memberikan mainan edukasi anak 2 tahun adalah salah satu cara memberikan pendidikan yang tepat bagi anak-anak. Hal ini karena usia 2 tahun adalah usia di mana seorang anak mulai aktif dalam bermain. Bahkan kerap kali benda-benda yang ada di sekitarnya pun dijadikan mainan.

Lewat aktifitas bermain, maka anak-anak dapat mengembangkan kemampuan kognitif dan motoriknya. Untuk anak usia 2 tahun sendiri, ini adalah usia di mana seorang anak mencapai usia emas sehingga Anda harus mendukung mereka dengan memberikan mainan yang tepat agar perkembangan otaknya pun semakin baik. Kemudian, seperti apa saja contoh mainan edukasi anak 2 tahun? Dari pada Anda penasaran, simak ulasan berikut ini.

Contoh Mainan Edukasi Anak 2 Tahun yang Dapat Diberikan

Seperti yang kita tahu bahwa mainan anak-anak memiliki jenis yang sangat banyak. Hanya saja untuk anak 2 tahun, Anda harus memilih jenis mainan yang benar-benar dapat meningkatkan kreatifitasnya dalam bermain. Dengan begitu, meskipun mereka terus-terusan bermain, namun otak tetap bekerja secara maksimal. Inilah contoh mainan edukasi anak 2 tahun tersebut.

  • Mainan Blok

Mungkin sebagian besar dari orang tua sudah mengetahui salah satu jenis permainan yang satu ini. Ya, mainan blok adalah jenis permainan di mana anak diharuskan menyusun blok-blok tersebut hingga memiliki bentuk tertentu, baik itu rumah-rumahan, huruf, angka dan lain sebagainya. Bahan dasar yang biasanya digunakan adalah kayu dengan diberikan warna agar lebih menarik anak-anak untuk memainkannya.

Sebagai salah satu mainan edukasi anak 2 tahun, jenis mainan blok pun akan Anda temui di sekolah-sekolah PAUD maupun TK. Dengan mainan ini, maka anak Anda akan belajar tangkas dalam menghadapi sebuah permasalahan. Selain itu, otak anak juga akan terpacu lebih kreatif dan dapat menempatkan posisi balok di lokasi yang tepat. Jadi jangan ragu untuk memberikan mainan edukasi ini pada buah hati Anda.

  • Mainan Puzzle

Jenis mainan edukasi anak 2 tahun selanjutnya adalah puzzle. Selain mainan blok, puzzle juga menjadi salah satu mainan yang cukup populer untuk anak-anak. Inti dari permainan ini adalah bagaimana cara anak menyusun bagian-bagian kecil dari sebuah gambar hingga membentuk gambar yang utuh.

Permainan ini akan melatih kecerdasan buah hati dalam memecahkan sebuah teka-teki atau memecahkan masalah tertentu. Memberikan mainan puzzle sejak dini akan menjadikan anak Anda lebih cerdas sejak dini. Sebagai salah satu jenis mainan yang menyenangkan, tak heran apabila puzzle juga digemari oleh anak-anak yang sudah berusia 5 tahun sekalipun.

Sebagai saran, pada anak 2 tahun, berikan gambar puzzle sesuai dengan jenis kelamin serta karakter kartun atau benda apapun yang sering dilihatnya. Hal ini juga akan membantu anak menyusun puzzle dengan lebih cepat. Selain itu, dengan gambar yang disukainya terpampang di puzzle, minat anak untuk memainkan mainan edukasi anak 2 tahun ini pun akan semakin besar.

  • Mainan Ronce

Sebagian besar dari Anda mungkin masih belum begitu familiar dengan jenis mainan yang satu ini. Ronce adalah jenis permainan di mana anak harus menyusun dan memasukkan manik-manik berwarna ke dalam benang. Apabila dibandingkan dengan dua jenis mainan edukasi sebelumnya, tingkat kesulitan ronce memang terbilang lebih tinggi.

Meski demikian, ronce menjadi mainan edukasi anak 2 tahun yang sangat efektif dalam memberikan rangsangan motorik halus pada anak. Selain itu, koordinasi tangan dan mata anak juga akan lebih terlatih. Apabila Anda memberikan jenis mainan ini, ajarkan anak menata manik-manik warna tertentu lebih dahulu. Misalnya warna merah, kemudian biru, dan seterusnya.

Satu hal yang perlu diingat bahwa untuk menjamin keamanan anak, Anda harus tetap memerhatikan anak selama memainkan ronce. Ukuran manik-manik yang relatif kecil bisa saja dimakan oleh buah hati Anda.

  • Kotak Angka

Kotak angka merupakan jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang juga dapat Anda berikan pada buah hati. Ini adalah jenis permainan yang akan mengenalkan tentang angka-angka pada anak sejak usia dini. Cara yang diterapkan pun tidak terlalu rumit sehingga mudah dicerna oleh anak usia 2 tahun.

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah dengan melepas semua kotak-kotak angka dari tempatnya. Setelah itu, biarkan anak menyusunnya kembali dengan menyesuaikan warna serta gambar angka yang terdapat pada kotak angka tersebut.

Untuk manfaatnya, kotak anak dapat mengembangkan kemampuan untuk klasifikasi terhadap bentuk dan warna angka. Ini adalah pengetahuan dasar yang dibutuhkan oleh anak-anak sebelum mengetahui bagaimana cara mengucapkan angka tertentu.

  • Maze Buah dan Sayur

Jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang selanjutnya adalah maze buah dan sayur. Jenis permainan ini berupa papan 2 muka bolak balik yang dapat membantu buah hati memiliki kemampuan baik saat menulis. Pada salah satu permukaanya, terdapat gambar buah buahan dan sayur yang dapat digunakan anak untuk belajar klasifikasi. Sedangkan pada bagian muka yang lainnya, terdapat papan untuk berhitung.

  • Mainan Mobil-Mobilan

Selain berbagai mainan di atas, Anda juga dapat memberikan mobil-mobilan untuk anak Anda yang masih berusia 2 tahun. Mobil-mobilan dapat membantu proses gerak motorik pada anak serta dapat mengembangkan keseimbangan mereka. Mainan mobil-mobilan yang dimaksud di sini adalah mobil-mobilan yang dapat dinaiki oleh anak Anda. Selain mobil-mobilan, Anda juga dapat memberikan mereka sepeda roda tiga.

  • Mainan Susun

Mainan susun merupakan mainan yang berupa tumpukan cincin yang biasanya ditempatkan pada sebuah tongkat. Mainan yang satu ini mengharuskan anak untuk menyusun secara tepat cincin-cincin pada tongkat tersebut. Jenis mainan yang satu ini akan memberikan rangsangan terhadap motorik anak serta koordinasi antara mata dan tangan mereka.

  • Mainan Aktivitas Harian

Maksud dari mainan aktivitas harian adalah segala jenis permainan yang biasanya dilakukan oleh orang dewasa pada umumnya. Adapun contoh dari jenis mainan ini adalah segala perlengkapan masak, dokter-dokteran, dan lain sebagainya. Dengan memberikan jenis permainan ini, maka anak akan lebih terlatih untuk berinteraksi, kreatif, dan berimajinasi.

Hal ini karena pada anak usia 2 tahun, mereka sudah mulai menirukan berbagai hal yang dilihat di sekitarnya. Misalnya untuk anak perempuan yang sering melihat ibunya memasak, maka juga akan menggunakan beberapa barang di sekitarnya untuk melakukan aktivitas serupa.

Itulah beberapa jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat Anda berikan untuk mengembangkan dan merangsang kreatifitas anak. Satu hal yang harus Anda ingat adalah perhatikan bahan yang digunakan pada mainan tersebut. Usahakan bahan mainan tidak berbahaya untuk anak-anak misalnya mainan yang menggunakan pewarna seperti cat, spray, dan lain sebagainya.

Selain itu, selama membiarkan anak-anak untuk bermain, Anda juga harus mengawasi mereka dan mengajarkan tentang bagaimana cara memainkan berbagai jenis permainan tersebut. Demikian sedikit ulasan tentang jenis mainan edukasi anak 2 tahun yang dapat Anda berikan. Semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *