invisible bg invisible ico

7 Tips dan Cara Mempercepat Haid Selesai secara Alami

7 Tips dan Cara Mempercepat Haid Selesai secara AlamiCara mempercepat haid selesai pasti menjadi topik yang dicari-cari saat datang bulan tak kunjung berhenti. Dikatakan tak kunjung berhenti apabila ia telah melewati masa periode haid. Sebagai informasi, masing-masing wanita memiliki periode haid selama 15 hari. Apabila haidnya lebih dari 15, maka hari ke-16 dan seterusnya itu sudah tidak bisa dimasukkan dalam kategori haid, melainkan masuk pada istikhadoh.

Perbedaan antara haid dengan istikhadoh penting untuk diketahui terutama bila Anda beragama Islam. Sebab, wanita yang haid tidak boleh melaksanakan ibadah, seperti sholat, membaca al-qur’an, dan haji. Hal ini karena haid disebut sebagai proses keluarnya darah kotor dari tubuh wanita. Berbeda dengan istikhadoh, di mana darah yang keluar dianggap darah bersih, sehingga tubuh bisa dikategorikan suci dan wanita wajib melaksanakan sholat dan sudah boleh melakukan ibadah.

Wanita yang mengalami haid berkepanjangan sebaiknya segera melakukan tindakan penyembuhan. Sebab, jika hanya dibiarkan bisa saja ini akan menjadi pintu awal datangnya penyakit lain yang lebih serius. Untuk itu, simak cara mempercepat haid selesai di bawah ini dan segeralah menerapkannya.

Cara Mempercepat Haid Selesai Tanpa Harus Mendatangi Dokter

Wanita yang mengalami haid dengan periode yang lama pasti akan lemas karena darah yang keluar dari tubuhnya sudah masuk ke kategori berlebihan. Bila sampai kekurangan darah, penderitanya bisa pingsan hingga membutuhkan donor darah dari orang lain. Karena itu, lakukan tips-tips berikut supaya haidnya cepat mampet.

  • Relaksasi

Buatlah otot otot di badanmu rileks dengan rutin melakukan peregangan ringan setiap pagi hari. Lakukanlah relaksasi ketika bangun tidur saat sebelum mandi. Misalnya Anda tinggal di rumah dengan satu kamar mandi, gunakan waktu saat antre kamar mandi untuk senam-senam kecil. Ketika otot rileks, maka tubuh tidak akan merasa tegang dan capek. Hal ini akan membuatmu terhindar dari nyeri akibat haid.

  • Istirahat

Ketika sedang banyak pikiran, otot di tubuh biasanya juga ikut menegang. Hal ini lah yang menjadikan tubuh terasa sakit semua meskipun Anda tidak melakukan pekerjaan berat apa-apa. Ternyata, hal ini juga berpengaruh pada periode keluarnya haid. Supaya haid tidak berlangsung terlalu lama, cara mempercepat haid selesai yang bisa Anda usahakan adalah dengan mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Anda bisa tidur sehari penuh atau liburan untuk menyegarkan pikiranmu.

  • Minum Vitamin C

Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk, anggur, dan lemon. Beberapa sayuran juga ada yang mengandung vitamin C seperti cabai. Anda juga bisa membeli vitamin C dalam bentuk pil di apotik jika ingin lebih simpel. Nah, vitamin C ini dapat membantu mempercepat luruhnya dinding rahim akibat tidak terbuahi oleh sperma. Bila mengonsumsinya dengan dosis yang tepat, kadar progesteron di tubuh akan berkurang sehingga haid akan cepat selesai.

  • Konsumsi Cuka

Cuka juga memiliki cita rasa yang asam. Makanan yang mengandung kadar cuka yang tinggi adalah apel malang, yakni apel dengan ukuran kecil dan warna hijau kemerahan. Apel ini memiliki rasa yang paling asam dibandingkan apel lainnya. Anda bisa memakannya langsung tanpa mengupas kulitnya atau bisa juga mengambil sari cuka apelnya saja. Cuka pada apel dipercaya dapat menghambat keluarnya darah berlebih dari rahim.

  • Berendam Air Hangat

Air hangat dipercaya dapat membantu merelaksasikan tubuh dan pikiran. Berendamlah di air hangat sambil melakukan pijatan-pijatan ringan pada bagian tubuh yang mengalami kram akibat haid seperti di paha, pinggul, dan punggung bagian bawah. Air hangat yang berinteraksi langsung dengan kulit tubuh dapat memberikan efek yang menenangkan pada pikiran. Hal ini pulalah yang menjadi cara mempercepat haid selesai karena darah akan segera mampet saat tidak stress.

Cara-cara di atas adalah rekomendasi paling jitu bila ingin menghentikan haid yang tak kunjung selesai secara alami tanpa mengunjungi dokter. Namun, bila sudah menerapkan cara tersebut selama tiga hari dan haidmu tetap keluar, maka jangan takut untuk periksa. Berikut adalah cara menghentikan haid yang umum disarankan dokter untuk menangani masalah itu.

Cara Menghentikan Keluarnya Darah Haid secara Medis

Perlu diketahui, haid yang tak kunjung mampet bisa merupakan pendarahan akibat terjadi gangguan pada organ dalammu. Jika tidak segera ditangani orang yang mampu di bidang medis, nyawa bahkan bisa menjadi taruhannya. Karenanya, sebaiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter supaya bisa mencari solusi yang paling tepat untuk mempercepat haid. Beberapa solusi cara mempercepat haid selesai yang kerap menjadi saran adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan Kontrasepsi

Kontrasepsi adalah alat yang bisa digunakan untuk mengontrol angka kelahiran di dunia. Di Indonesia sendiri penggunaan kontrasepsi ini sudah lazim digunakan, terutama oleh ibu-ibu yang telah memiliki dua anak dan tidak menginginkan anak lebih banyak lagi. Kontrasepsi ini terbagi menjadi beberapa macam, yakni menggunakan pil kontrasepsi dan bisa jua menggunakan alat yang harus ditanamkan pada organ pembuahan wanita. Dengan menggunakan kontrasepsi, maka Anda tetap akan haid, namun periodenya lebih singkat.

  1. Minum Obat

Obat yang dapat menjadi cara mempercepat haid selesai adalah yang memiliki kemampuan untuk menginduksi pembekuan darah di rahim. Obat ini umum diberikan pada jamaah haji wanita supaya mereka tidak mengalami haid saat melaksanakan ibadah haji. Sebab, untuk bisa beribadah haji, tubuh harus selalu dalam kondisi yang suci. Obat ini termasuk jenis obat yang keras sehingga harus mendapatkan resep dokter. Mengkonsumsi obat ini secara berlebihan bisa menimbulkan penyakit kanker.

  1. Operasi

Cara satu ini akan disarankan dokter apabila penyebab haidmu tak kunjung selesai adalah karena penyakit yang serius. Dalam hal ini, biasanya organ dalammu sudah rusak sehingga bila tidak diangkat justru akan menimbulkan infeksi rahim atau memberikan komplikasi pada organ lain yang masih sehat. Nah, pada kasus yang mengharuskan operasi pengangkatan rahim, haid tidak akan pernah dialami lagi seumur hidup dan pembuahan juga tidak mungkin berhasil. Artinya, wanita dengan rahim yang telah diangkat tidak akan bisa memiliki anak dari rahimnya sendiri.

Demikian artikel yang membahas mengenai cara supaya haid cepat selesai yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk mencontohnya. Sebagai tambahan, banyak-banyaklah minum air putih setiap sehari minimal 1.5 liter. Air putih adalah minuman netral yang mampu menjadi detoks ringan untuk tubuh. Jika Anda rutin minum air putih hangat setiap sebelum mengkonsumsi apapun, maka racun-racun di tubuhmu akan dikeluarkan semua saat buang air di pagi hari.

Tambahkan juga dengan olahraga dan menjaga pola hidup sehat. Jika jadwal sehari-harimu padat, berjalan kaki adalah olahraga ringan yang bisa Anda pilih. Paling tidak pilihlah satu hari di antara satu minggu untuk mengendarai sepeda ketika menuju kantor atau tempatmu beraktivitas sehari-hari. Jika badanmu bugar maka haidmu juga akan lancar. Artinya, cara mempercepat haid selesai yang telah Anda terapkan sudah berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *