invisible hit counter invisible bg invisible ico

7 Cara Mempercepat Haid yang Bisa Anda Lakukan dengan Mudah

Sejumlah wanita mungkin akan mencari artikel mengenai bagaimana cara mempercepat haid yang dihadapi setiap bulan. Hal ini tentu bukanlah hal yang membingungkan, sebagian wanita memang perlu mempercepat siklus haid mereka karena beberapa alasan seperti adanya rencana penting (acara kantor atau berlibur) pada waktu yang bertepatan dengan siklus bulanannya. Mempercepat jadwal datang bulan memang bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap wanita, namun beberapa tips sederhana yang akan kami bagikan di dalam artikel ini dipercaya memilki pengaruh terhadap siklus haid seorang wanita.

Cara mempercepat haid dengan menggunakan tips sederhana dan alami tentu lebih dipilih dibandingkan menggunakan obat-obatan, namun perlu anda perhatikan bahwa dalam menjalani cara mempercepat haid baik dengan menggunakan tips alami maupun obat-obatan anda tetap perlu mendiskusikannya dengan dokter sebelum melakukannya. Lalu apa saja cara mempercepat haid yang mudah dan sederhana itu? Mari kita simak pembahasannya berikut ini!

7 Cara Mempercepat Haid Sederhana yang Bisa Dilakukan oleh Wanita

Haid yang dialami oleh wanita yang telah memasuki usia produktif dihasilkan oleh berbagai proses hormonal di dalam tubuh mereka yang diawali dengan ovulasi (sebuah proses pengeluaran sel telur yang sudah matang dari indung telur) dan jika sel telur tersebut tidak dibuahi maka dalam 14 hari terjadilah haid atau menstruasi. Cara mempercepat haid di bawah ini kurang lebih akan mempercepat proses-proses tersebut di dalam tubuh seorang wanita agar siklus haid mereka dipercepat. Selamat membaca!

  1. Berendam dengan air hangat.

Cara mempercepat haid yang mudah dan sederhana pertama yang bisa anda lakukan adalah berendam dengan menggunakan air panas atau air hangat di bath tub. Cara ini juga merupakan cara yang paling populer dalam mempercepat siklus haid, diketahui bahwa dengan berendam dengan air panas maka seorang wanita akan meningkatkan suhu tubuhnya dan berujung pada meningkatnya aliran darah ke rahim anda.

  1. Hot packs.

Hot packs adalah sebuah produk berupa bungkusan yang jika diletakkan di kulit akan meningkatkan suhu tubuh kita dan biasa digunakan pada musim dingin untuk menghangatkan tubuh. Mekanisme kerja hot packs sebagai salah satu cara mempercepat haid sederhana serupa dengan berendam dengan air hangat yang sudah disebutkan sebelumnya.

  1. Vitamin C.

Cara mempercepat haid yang selanjutnya akan dibahas adalah dengan mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang cukup besar. Vitamin C dosis tinggi ini diduga akan menyebabkan dinding rahim anda kekurangan hormon progesteron yang secara normal dibuthkan untuk mempertahankan ketebalan dinding rahim seorang wanita. Dengan berkurangnya kadar hormon progesteron ini maka dinding rahim akan luruh dan keluar sebagai darah haid, namun perlu anda perhatikan untuk mengkonsumsi vitamin C dalam dosis besar anda tetap harus mendiskusikannya dengan dokter.

  1. Olahraga.

Berikutnya adalah olahraga, cara mempercepat haid yang satu ini diketahui dapat mempercepat siklus bulanan seorang wanita karena meningkatkan sirkulasi darah dirahim dan memperpendek waktu saat mengalami haid serta meringankan rasa keram ketika haid. Hanya saja jangan terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga atau aktivitas fisik ini yaaa pembaca sekalian, karena olahraga yang berlebihan justru menyebabkan seorang wanita tidak mengalami menstruasi.

  1. Akupuntur.

Metode akupuntur memang sudah lama berkembang ilmunya di negara kita dan ternyata akupuntur merupakan salah satu cara mempercepat haid tanpa obat-obatan. Sejumlah titik akupuntur diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan fungsi reproduksi seorang wanita, namun dalam beberapa kasus beberapa titik akupuntur juga bisa menghentikan siklus haid seorang wanita loh! Untuk itu anda tetap perlu berhati-hati dan kembali mendiskusikan masalah mempercepat siklus haid ini dengan dokter anda.

  1. Resep mempercepat haid.

Cara mempercepat haid yang berikut ini pasti diminati oleh banyak wanita karena berhubungan dengan masalah makanan. Beberapa jenis makanan ini diduga dapat mempercepat siklus haid seorang wanita, karena sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya makanan ini akan meningkatkan suhu tubuh seseorang. Resep pertama untuk meningkatkan suhu tubuh adalah kombinasi antara 1 sendok teh bubuk gula merah dengan ½ sendok teh bubuk jahe, yang kemudian bisa dicampurkan ke dalam segelas air hangat. Minumlah ramuan ini kira-kira 15 hari sebelum perkiraan hari anda akan mengalami menstruasi.

Selain itu beberapa sayur dan buah yang mengandung karoten (zat warna merah, oranye dan kuning yang terdapat secara alami dalam tumbuhan) juga dipercaya dapat menunda siklus mentruasi anda. Beberapa contoh buah dan sayur ini adalah pepaya, labu kuning, wortel, buah persik dan bayam yang bisa anda coba untuk mempercepat siklus haid. Tidak hanya itu konsumsi daging merah dalam jumlah yang banyak juga diduga dapat meningkatkan suhu tubuh yang berujung pada perubahan siklus haid menjadi lebih cepat.

  1. Hindari stres emosional.

Cara mempercepat haid yang mudah dan sederhana terakhir dalam artikel ini adalah menghindari situasi stres emosional yang kita ketahui mudah dialami oleh kaum hawa. Suasana stres yang dirasakan seorang wanita dapat berpengaruh pada keseimbangan hormonal di dalam tubuh mereka. Gangguan keseimbangan hormon di dalam tubuh wanita inilah yang akan menyebabkan perubahan pada siklus haid, walaupun perubahan yang lebih sering terjadi saat seorang wanita stres adalah melambatnya jadwal haid mereka. Untuk itu jika anda ingin mempercepat siklus haid maka hindari situasi stres sebisa mungkin dan usahakan agar pikiran anda tetap positif dalam menghadapi setiap masalah yang datang.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai 7 cara mempercepat haid mudah dan sederhana yang bisa kami bagikan dalam artikel ini. Selain cara-cara di atas, anda juga bisa mencoba mengkonsumsi jenis teh herbal yang diyakini dapat meningkatkan aliran darah pada area panggul dan organ reproduksi seorang wanita. Teh herbal ini dikenal dengan istilah emmenagogue, akan tetapi anda perlu berhati-hati karena konsumsi jenis minuman ini dapat mengganggu keseimbangan seluruh hormon di dalam tubuh anda. Cara-cara yang sudah kami bagikan memang masih membutuhkan sejumlah pembuktian secara klinis akan efeknya terhadap siklus haid seorang wanita. Beberapa cara mungkin tidak berhasil pada sekelompok wanita dan sebagian cara mempercepat haid lain justru sangat berpengaruh.

Itulah mengapa dalam menerapkan cara mempercepat haid ini anda perlu mendiskusikannya dengan dokter anda. Tidak hanya karena beberapa masalah yang bisa ditimbulkan jika dilakukan berlebihan, seperti saat anda mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar tanpa memperhatikan masalah lambung (bagi yang memiliki riwayat masalah lambung) tetapi juga mengganggu siklus haid bukanlah hal yang baik jika sering dilakukan. Diskusikan alasan anda ingin mempercepat siklus haid kepada dokter untuk menemukan jalan keluar terbaik. Akhir kata semoga artikel ini berguna dalam menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *